Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

3 STEP TO TURN AROUND YOUR BUSINESS

Salah satu fase terberat dalam bisnis adalah bangkit dari bangkrut. Uang habis, team bisnis pergi, bahkan keluarga pun bisa menjauh.
Satu-satunya jalan untuk bangkit adalah terus bergerak. Diam berarti mati... Wassalam...

Sebetulnya tidak ada rumus pasti agar orang bisa bangkit dari kebangkrutan. Setiap pengusaha yang saya temui memiliki cara yang berbeda-beda. Begitu pula saat Saya & Mas Mirza mengalami kebangkrutan besar dalam bisnis dan berusaha untuk bangkit dengan membangun kembali bisnis kami.

Alhamdulillah, saat ini bisnis kami terus tumbuh dan berkembang.
Inilah fase TURN AROUND dalam bisnis.

Ternyata pola bangkit dan bangkrut yang kami lalukan hampir sama dengan pola seorang Carlos Ghosn yang berhasil mengubah Nissan dari perusahaan yang merugi 6 Milyar Dollar hingga untung 2,7 Milyar Dollar dalam waktu 3 tahun (1999-2001).

Inilah poin pentingnya...

1. Quality of Leadership

Saya rasa ini yang paling penting sebelum membicarakan strategi dan teknik. Saat kita bangkrut maka pertama kali yang diuji adalah mental.

Bersiaplah mendapatkan sindiran hingga hinaan dari orang-orang sekitar. Dan itulah yang kami alami. Beberapa bisnis kami jalani mulai EO, Peternakan, Kuliner hingga Penerbitan Buku.

“Jangan bisnis EO (Event Organizer), itu gak ada duitnya”
“Mana mungkin bisnis ceker hasilnya milyaran”
“Mau bisnis penerbitan? Darimana modalmu?

Bahkan ketika kami memberikan konsultasi bisnis gratis pun masih ada yang nyinyir,

“Orang bangkrut kok ngasih konsultasi”

Mungkin itulah sifat manusia: SENANG lihat orang SUSAH dan SUSAH lihat orang SENANG.

Namun, apa yang membuat kami terus bergerak meski banyak sindiran?

Kami yakin jika yang dilakukan atas dasar kebaikan, maka hasilnya adalah kebaikan. Kalau kata guru bisnis kami,

“Bantu Orang Lain Dahulu, dibantu Allah Kemudian”

Maka Doa kami waktu itu,

“Ya, Allah, datangkanlah orang-orang yang ikhlas ingin kami bantu”.

Dan ternyata banyak juga orang ikhlas yang datang kepada kami untuk sharing, konsultasi hingga memberikan peluang-peluang bisnis.

Dikondisi inilah Quality of Leadership Anda diuji. Apakah Anda mundur lalu menyerah atau terus bergerak dan bangkit.
Alhmadulillah, Saat ini kami memiliki usaha dibidang penerbitan & toko buku dengan jaringan distribusi ribuan reseller di seluruh Indonesia.

2. Low Cost Operation

Kami sangat ketat dalam mengatur keuangan. Namanya orang bangkrut, uang sedikit jadi harus irit. Hampir 1 tahun lebih kami menjalankan bisnis hanya dengan 2 orang: Saya & Mas Mirza.

Targetan omzet terus naik dan pengeluaran terus di hemat. Inilah yang kami lakukan:

A. Kami menggunakan virtual office atau coworking space sehingga sewanya murah, namun terlihat elegan saat bertemu klien.

B. Saat itu kami juga memiliki 20 tenaga penjualan hebat tanpa perlu bayaran yang fix (freelance marketing). Mengapa mereka mau? Karena kami berikan training tentang penjualan gratis serta komisi jika closing penjualan. Plus kita buat kompetisi antar team. Hasilnya luar biasa. Dalam seminggu 600 buku ludes dan dalam 2 minggu kami berhasil menjual 500 tiket seminar.

C. Untuk operasional sehari-hari kami menggunakan motor, karena memang hanya punya motor, hehe.. Ya, kami tidak pernah ambil cicilan ketika membeli sesuatu. Harus CASH. Kuncinya SABAR. Nabung Profit.

D. Dan masih banyak lagi cara kami untuk bisa berhemat, namun omzet bisnis makin melesat. Coba deh join Melfin bareng Saya & Kagn Rendy Saputra. Join disini: http://melekfinansial.co

3. Differentiated Products

Memilih terjun ke dunia penerbitan buku bukan tanpa saingan, malah banyak saingan. Namun, kami mencoba memberikan hal yang berbeda sehingga bisa memenangkan persaingan dan menjadi market leader di bisnis ini.

√ Saat orang lain masuk toko buku, kami menggunakan strategi ekslusif. Tidak masuk toko buku dan hanya dijual melaui jaringan reseller.

√ Kami menjual buku dengan harga 4-5 kali lipat harga buku pada umumnya, namun tetap laris di pasaran.

√ Buku kami bersifat praktis. Di dalamnya banyak contoh-contoh studi kasus serta tips dan trik yang sudah terbukti dan teruji sehingga mudah diaplikasikan oleh pembaca

√ Buku-buku kami didalamnya banyak ilustrasi sehingga orang senang saat membacanya dan mudah dipahami

Ya, kami selalu menganalisa terlebih dahulu buku-buku yang akan kami terbitkan. Alhamdulillah, sebagian besar buku kami menjadi best seller (terjual lebih dari 3000 eksemplar) sebelum launching. Bahkan 4 buku terakhir kami ludes 15.000 eks di bulan pertama. Alhamdulillah...

Artinya, Anda harus membuat produk yang dibutuhkan oleh market dan mereka sukai. Sehebat apapun ilmu penjualan jika produknya jelek, maka customer akan kecewa dan tidak lagi embeli produk-produk Anda. Buat customer Anda puas dan bahagia ketika membeli produk Anda.

Itulah tiga langkah yang kami lakukan untuk bisa bangkit dari bangkrut. Melakukan Turn Around dalam bisnis. BOOM!!
Sengaja Saya bocorkan pada Anda, agar Anda pun bisa menirunya... Aamiiin....

Bagaimana dengan Anda?

Silakan share, Semoga mencerahkan....

P.S.

Ingin mengoleksi buku2 Saya? Boleh lihat2 dulu disini ya: http://bit.ly/22603cu. Semoga bermanfaat.
 
Top