Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

3 Strategi Rahasia Sederhana untuk Sukses Bisnis Online di Marketplace


Sebelum memposting artikel ini, saya belajar dari webinar Mas Rico Huang, Aaron Blenda dan Dody Rahman. Sekitar pukul 20.00 WIB acara dimulai dengan disaksikan lebih dari 1.300 orang. Ya iyalah orang, masa tanaman bisa melihat webinar, heheehehe,,, becanda kali,,, wkwkwkwkw,,,, Saya belajar dari webinar itu juga tidak dari awal sehingga materi awal belum bisa mengetahuinya. Akhirnya saya search di internet dan mencatat di notepad tentang webinar semampu saya dan saya posting di sini, Semoga bermanfaa ya,, Amin,,, ada video tambahan juga,, Selamat belajar dan praktek,,

Setiap orang tentunya ingin bisa lebih sukses dan sejahtera daripada hari ini. Semuanya perlu proses, di bawah ini ada informasi tentang solusi untuk memperoleh tambahan penghasilan melalui internet dengan menggunakan marketplace.

Hal yang perlu diperhatikan di marketplace untuk bisa mempercepat kesuksesan bisnis di marketplace ada 3 menurut saya, hehehe,,, nanti jika mungkin ada yang lain masih banyak cara.Bisa juga sampai puluhan macam. Tapi hanya 3 yang cukup penting yang bisa disebut sebagai pondasi khusus untuk sukses di marketplace, apakah itu? informasi ada di bawah ini :

1. Segera bertindak (praktek untuk mencoba berjualan di marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan shopee. Tapi saran saya di bukalapak atau tokopedia saja).

2.Memilih supplier terbaik dan terpercaya

3.Memilih produk yang bisa dinaikkan harganya. Misalnya, jual masker wajah, jam tangan, hijab, batik, kaos, sepatu, jaket, atau produk yang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga Anda sebagai dropshipper lebih mudah memasarkannya secara online melalui marketplace karena pasar sudah ada, target market sudah ada, dan pasti ada yang membeli. Kalau jugal HP harganya pada umumnya 1.000.000 misalnya, mau dinaikkan harga jadi 2juta kan mungkin gak laku. hehehe.... Beda kalau casing HP, casing HP bisa dijual lebih mahal karena harga dan bahannya bervariasi.


Persiapan Awal :

1. Riset Produk yang bisa di mark up sekitar 20% sampai 50%, bahkan kalau bisa harganya bisa dinaikkan 100% bahkan lebih besar, hehehehe,,, pengennya kan dapat untung yang gede,,, xixixixix,,,,,

2. Cari supllier Terpercaya


Solusi untuk mencari supplier dan mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda benar-benar supplier terpercaya dan terbaik di marketplace :
1. Biasanya melayani one day service (sudah ada barang stok sendiri)
2. stock barang update
3. respon cepat
4. lihat transaksinya
5. Bisa memilih yang Gold Merchant  (biasanya serius bisnis melalui marketplace), tapi kadang juga tidak bisa diandalkan.
6. Lihat adanya Promo, Penjualan, Review, Diskusi di toko itu
7. Bisa memilih yang dekat, bisa ditemui. Jika tidak bisa maka Anda bisa meminta BBM, WA, atau kontak yang bisa dihubungi melalui pesan.


Perhatian penting :
1. Membuat lebih banyak toko, lalu di isi produk yang lebih banyak juga, memilih 1 suplier saja (tahap awal) atau memilih supplier lebih sedikit. Karena jika lebih dari 1 supplier biasanya ongkos kirimnya Anda yang menanggungnya.
1 rekening bisa digunakan untuk 5 toko, jika punya 300 toko, maka setelah cair uang dari marketplace maka rekening dihapus
2. upload barang sekitar 50-200 barang atau produk per 1 hari (biasanya menggunakan tools, jika manual mungkin perlu waktu yang agak lama karena perlu menulis copywriting, watermark, upload secara manual). Bisa juga mungkin 50 produk itu 20 jam uploadnya. hehehe,,,, karena semua manual. Jika masih pemula dicoba saja dulu. Anda harus rajin praktek, supaya lebih paham dan mengerti prosesnya.
3. tetap mematuhi kaidah dan aturan dari markeplace


Akun mengalami banned oleh marketplace disebabkan karena :
> Karena sering tidak melayani pesanan.
> Sering menolak pesanan.
> Asal-asal jualan dan kurang serius menanggapi konsumen, atau bisa juga dikatakan kurang cepat merespon.




Ada tambahan informasi : 

Contoh copywriting untuk informasi produk untuk dijadikan dropship mungkin bisa buka http://www.emytos.com


Panduan lengkap dan detail untuk memilih supplier :

https://www.youtube.com/watch?v=gpf-uzn3rhg (memilih supplier).

CEO tokopedia.com di https://www.youtube.com/watch?v=naaJJyRT8wY

https://muhamadsafei.com/ini-dia-cara-mencari-supplier-toko-online-lengkap-di-tokopedia-untuk-dropship/
 
Top