Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Anak Berusia Meraih Net Profit Rp 700 Juta Hanya dalam 2 Minggu dari Internet




Saya punya teman, namanya Rico. Usianya masih 21 tahun dan memilih tidak meneruskan kuliah selepas SMA.

Beberapa minggu lalu saya main ke rumahnya di daerah Pasar Minggu. Sambil ngobrol, dia cerita baru saja melaunch sebuah produk. Dan hanya dalam waktu 2 minggu mendapat net profit Rp 700 juta.

Saya langsung terlontar dari kursi, dan hampir terjatuh saking kagetnya.

Mari kita bedah pelajaran kunci apa yang bisa dipetik. Silakan duduk manis.

MOCK-UP-7-1 reProduk yang ia luncurkan adalah sebuah buku dengan topik yang saya kira lagi disukai banyak muda. Judulnya : Dropship Mastery – bagaimana menghasilkan profit dari usaha dropshipper. Cover ada disamping tulisan ini.

Ia mencetak, menerbitkan dan menjual buku itu secara langsung ke konsumen. Dengan demikian, 90% profit masuk kantungnya.

Saya kira, menerbitkan buku melalui Gramedia memang langkah bodoh, sebab royalti ke penulis hanya 10%. Sisanya dicaplok Gramedia dan penerbitnya.

Jauh lebih menguntungkan menulis dan menerbitkan buku sendiri, lalu dijual secara langsung ke pelanggan. Di era online dan social media, menjual buku secara langsung ke pelanggan memang sangat mudah. Goodbye Gramedia.

Nah Rico menjual buku itu dengan harga Rp 135 ribu. Dipotong biaya cetak dan biaya promosi, keuntungan bersih dia adalah Rp 100.000.

Lalu dia pasarkan sendiri secara langsung buku itu melalui media sosial dan email marketing.

Nah, berapa buku itu laku saat di-launching hanya dalam periode 2 minggu? 7000 eksemplar.

Artinya Rico mendapatkan net profit Rp 700 juta hanya dalam 2 minggu. Ngeri-ngeri sedap.

Omong-omong, berapa tahun ya Anda perlu kerja untuk mendapatkan income segitu? Hitung sendiri yak.

Yang lebih mencengangkan adalah Rico baru berusia 21 tahun, dan belum sempat duduk di bangku kuliah.

Mungkin itulah misteri kehidupan. Ada anak lulusan SMA yang bisa dapat 700 juta hanya dalam 2 minggu. Namun ada juga lulusan S1 dengan gaji pas2an. Dan ada pula lulusan S2 yang masih pengangguran.

Hidup memang penuh dengan drama.

Oke, sekarang mari kita bedah kunci kenapa profit Rp 700 juta bisa direngkuh hanya dalam 2 minggu.

Jawaban yang pertama dan amat sederhana : Rico sudah punya massive audience yang tertarget.

Bahasa awamnya, dia sudah punya kolam yang berisikan followers atau list prospek yang profilnya sesuai dengan produk yang dia jual. Sesuai dengan target marketnya.

Dan pengalaman saya menunjukkan, kolam uang atau list audience yang paling menguntungkan itu adalah database email calon pelanggan Anda.

Setelah itu, kolam list prospek yang menguntungkan adalah anggota Group di Facebook atau juga list di WA, BBM atau Telegram.

Nah Rico sudah punya semuanya. Dia punya sekitar 30 ribu list pelanggan email; 60 ribu anggota Group FB yang dia asuh; dan ribuan lainnya di WA/BBM.

Kolam list prospek inilah KOENTJI untuk jadi milioner. Sesuai dengan pepatah legendaris para blogger kelas dunia : the money is in the email list.

Jadi kunci sukses meraup prodit ratusan juta dari jualan online itu amat sederhana : kumpulkan list prospek (kalau bisa dalam bentuk email) sebanyak-banyaknya. Sesederhana ini.

Yang tidak sederhana : mengumpulkan list email yang tertaget butuh waktu berbulan-bulan, bahkan tahunan. Amat melelahkan dan berdarah-darah. Maka banyak orang yang menyerah ditengah jalan.

Nah, Rico sudah mengumpulkan list itu sejak lama. Ia bahkan rutin memasang iklan di FB demi mendapatkan list prospek. Sebab ia paham, list yang ia dapatkan akan menguntungkan dalam jangka panjang.

Karena itu pesan saya simpel : kalau Anda ingin sukses bisnis online, mulailah sejak sekarang kumpulkan list email prospek Anda. Sebab inilah penentu keberhasilan.

Cara teknis mendapatkan list email yang tertarget bisa Anda pelajari DISINI.

Setelah mampu meraih banyak follower baik dalam email atau group FB, maka Rico membangun interaksi. Dia sering sharing tentang tips sukses bisnis dan dropshipping. Dengan cara itu, dia membangun kedekatan dan kredibilitas dimata calon pelanggannya.

Didepan kolam prospek itulah, ia luncurkan bukunya. Tema dan isi buku ini juga amat cocok dengan profil audience-nya : yakni anak-anak muda yang ingin memulai berjualan secara online tanpa modal besar.

Ibaratnya, ia seperti memancing di kolam yang sudah penuh dengan ikan yang siap membeli produknya. Alhasil dia mampu menjual 7000 eksemplar buku dalam periode 2 minggu.

(Disclosure : kisah Rico ini menginspirasi saya untuk segera mewujudkan rencana yang sudah lama ada di benak saya : Menulis buku bisnis legendaris dan menjualnya secara langsung via blog ini. Ada 30 judul buku yang sudah saya rancang. Mudah-mudahan semua laku seperti bukunya Rico. Amin).

Kalau mau diringkaskan dalam langkah demi langkah, maka “rahasia” dibalik kisah keberhasilan Rico ini adalah seperti berikut :

1. Bangun audience (atau list prospek) yang tertarget
2. Bangun interaksi dan kredibilitas didepan audience
3. Launch dan jual produk yang sesuai dengan kebutuhan audience

Proses menajalani 3 langkah ini ternyata tidak hanya dua minggu. Butuh waktu dan PROSES yang panjang.

Ledakan penjualan selama 2 minggu itu ternyata sudah disiapkan bertahun-tahun dengan gigih dan tanpa kenal lelah.

Rico sendiri bilang sama saya : tiap hari ia selalu bekerja keras untuk menambah list prospeknya. Ia punya target jumlah follower di Group FB-nya bisa nambah hingga 20 ribu per bulan.

Itulah kenapa dia undang saya untuk jadi kontributor rutin di Group FB-nya; agar konten diskusinya makin semarak.

Saya mau karena mungkin win-win. Follower dia dapat asupan gizi yang maknyus dari blogger legendaris. Dan saya-nya juga bisa dapat audience baru yang selama ini mungkin belum pernah baca blog ini.

Sekali lagi, usia Rico baru 21 tahun, masih sangat belia. Dan dia tidak kuliah juga.

KEGIGIHAN dan KREATIVITAS mungkin tidak kenal usia. Mungkin juga tidak kenal bangku kuliah.

Kegigihan dan kreativitas hanya perlu dijalankan. Tiap hari. Tanpa kenal lelah.

Sebab harga kegigihan dan kreativitas amat mahal. Setidaknya dengan dua bekal ini, kelak Anda juga bisa meraup profit Rp 700 juta hanya dalam dua minggu.

Silakan diminum kembali kopi atau teh hangatnya. Mari bermimpi bersama.

Sumber : strategimanajemen.net
 
Top