Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Definisi tentang Situs atau Website secara Lengkap


Di bawah ini terdapat informasi tentang definisi atau arti atau penjelasan tentang website. Dengan informasi ini semoga para netter bisa menjadi lebih paham dan mengerti tentang website.

Pengertian Website secara harfiah adalah kumpulan halaman informasi yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai dengan berkas gambar, video, animasi atau jenis berkas lainnya. Sebuah situs pada  umumnya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain yang ditempatkan pada sebuah server web (hosting) yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet ataupun ditempatkan pada jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet (URL).

Dengan kata lain Website adalah sebuah cara untuk menampilkan diri di Internet. Dapat diibaratkan Website adalah sebuah tempat di Internet, siapa saja di dunia ini dapat mengunjunginya, kapan saja mereka dapat mengetahui tentang informasi yang disajikan, memberikan pertanyaan, memberikan masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk.

Penemu situs web adalah Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari “Tim” ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja.

Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip.

Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.


Secara umum, situs web digolongkan menjadi 3 jenis yaitu:

Website Statis
Website Statis merupakan web yang memiliki halaman yang tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari situs tersebut.

Website Dinamis
Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan agar pemilik website dapat melakukan perubahan konten (edit, update, delete). Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend (administrator) untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah website company profile perusahaan dan website berita yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.

Website Interaktif
Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak melenceng dari alur pembicaraan.


Sumber : red-creatives.com
 
Top