Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

PENJELASAN DETAIL MITOS DAN FAKTA TENTANG BERBISNIS DARI HERMAS PUSPITO
.
.
.Berikut ini beberapa mitos dan fakta saat memulai bisnis.

1. KALAU MAU JADI PENGUSAHA HARUS DARI KELUARGA PENGUSAHA?
2. JUALAN MAKANAN MAKANAN PASTI BISA SUKSES?
3. KALAU MAU GEDE BISNISNYA JANGAN BISNIS SENDIRIAN?
4. BISNIS HARUS PUNYA MODAL DULU?
5. KALAU MAU SUKSES DALAM BISNIS HARUS FULL RESIGN?
6. BUKA BISNIS HARUS PUNYA PENGALAMAN DULU?
7. BUKA BISNIS ITU LANGSUNG INSTAN BISA SUKSES?

Temukan jawabanya antara mitos & fakta saat berbisnis pada postingan ini baca sampai habis yaa

Dari kemarin ingin banget sharing tentang ini, beberapa mitos atau fakta yang sering ditanyakan teman-teman saat akan memulai bisnis. Buat saya pribadi ini wajib untuk diketahui untuk teman-teman yang berencana membuka bisnis dan memang serius akan menjalankan bisnis.
.
Ingat, buka bisnis itu harus dengan niat dan ga cuma ikut-ikutan aja. Kalau ga niat serius mending ga usah buka bisnis, nanti malah nambah problem aja. Tapi kalau memang serius dan benar-benar mau niat ditekuni, saya sangat mendorong teman-teman untuk menjalankan bisnis.
.
Saya pun bisa mendirikan perusahaan sendiri di PT Ednovate Indonesia dengan 28 full time karyawan, 1000 reseller dan beberapa divisi awalnya hampir ga jadi buka bisnis, gara2 saya terjebak dengan mitos-mitos berbisnis, dulu saya berpikir jadi pengusaha itu harus bokap nyokapnya pebisnis juga, atau harus punya modal, harus pengalaman dulu, ternyata ga juga. Nah saya coba rangkum dengan tulisan saya ini.
.
Semoga sharing saya bermanfaat untuk rekan-rekan semua.
Berikut ini beberapa mitos dan fakta saat memulai bisnis.
.
KALAU MAU JADI PENGUSAHA HARUS DARI KELUARGA PENGUSAHA

Ini mitos, simpel saja, saya pengusaha tapi ibu dan bapak saya seorang guru. Memang kalau bapak dan ibu kita seorang pengusaha, kita bisa belajar langsung dari beliau. Namun kalau sampai ada pernyataan kalau mau jadi pengusaha, harus lihat keturunan dulu, harus cek bapak ibunya dulu apakah pengusaha atau bukan, ini hanya mitos. Banyak pengusaha sukses di luar sana yang bapak ibunya bukan dari kalangan pengusaha kok. Jadi tenang saja ya, maju terussss.
.
JUALAN MAKANAN PASTI BISA SUKSES

Banyak yang bilang, mending jualan makanan saja. Pasti sukses buka bisnis makanan, “kan semua orang butuh makan”. Begini, Saya punya banyak teman yang usaha makanan, tapi awalnya susah lho, butuh perjuangan banget, bahkan ada yg tutup outletnya. Ga usah jauh2 deh, saya dulu merintis usaha ayam bakar dan mie ayam, punya 2 cabang dalam 2 bulan, bulan ketiga tutup semua gara-gara saya memang ga serius saat itu, CUMA IKUT-IKUTAN. Saya dulu buka bisnis makanan dengan keyakinan “kan semua orang butuh makan” dan saya sadar sekarang, ini mitos. Kalau kita jualan makanan dan ga punya kelebihan, rasa makananya ga enak, ya sama aja, ga akan bisa berkembang. Buat yang bisnis makanan, harus diseriusi, buat yang enak, bangun jaringan distribusi biar makin suksesss.
.
KALAU MAU GEDE BISNISNYA JANGAN BISNIS SENDIRIAN

Yes ini fakta. Saya sering melihat banyak teman-teman saya yang semangat berbisnis di awal tapi bulan ke 5 dst eh balik lagi kerja kantoran, pas ngobrol ternyata mereka menjalankan bisnisnya sendirian. Faktanya adalah kalau mau membangun BISNIS hingga besar, ga bisa seorang diri. Kita harus bangun tim. Bertahap aja, ga usah langsung banyak.  Tapi bangun bisnis dengan semangat membangun tim itu seperti film yang lagi ngetren sekarang. Mending Avenger atau Superman? Kita bukan superman.
.
BISNIS HARUS PUNYA MODAL DULU

Buat saya ini Mitos. Ini buat saya lho. Karena dulu saya memulai bisnis dengan modal nol. Ini beneran. Dan saya pun yakin banyak teman-teman yang sekarang bisnisnya sudah menggurita juga memulai bisnis dengan modal minim. Simpel, kita bisa mulai dengan menjadi reseller dulu kok. Tidak memikirkan produknya, jualan dulu saja. Saya jadi teringat teman2 di #ResellerEdnovate, awalnya mereka bergabung via link ini http://bit.ly/ResellerEdnostore dan mulai berjualan. Awalnya juga ga pake modal. Kuncinya lebih ke niat mau bisnis dan jualan. Banyak jalan kok tanpa terkendala dengan masalah klasik modal.
.
KALAU MAU SUKSES DALAM BISNIS HARUS FULL RESIGN

Ini bisa mitos bisa fakta. Saya dulu memang memegang prinsip kalau mau sukses dalam bisnis harus terjun dan full time jadi pebisnis. Tapi sekarang saya melihat banyak kok yang pekerja kantoran dan punya bisnis sampingan dan bisa sukses juga. Kuncinya adalah bisa bagi waktu. Nah kalo ga bisa waktu ya harus full time. Kalo saya ga bisa waktu soale hehe.
.
BUKA BISNIS HARUS PUNYA PENGALAMAN DULU

Ini mitos. Wong saya dulu ga punya pengalaman apa-apa kok. Langsung aja buka bisnis. Karena menurut saya pengalaman itu didapat kalau memang sudah terjun langsung. Jadi jangan kuatir yang belum punya pengalaman dalam bisnis. Yang penting langsung action, belajar terus praktek terus, nanti pengalaman otomatis akan kita dapatkan. Tapi kalo memang ingin punya pengalaman dulu, bisa dengan mencoba menjadi salah satu tim dari rekan Anda yang sudah menjalankan bisnis. Ini bisa jadi momen belajar.
.
BUKA BISNIS ITU LANGSUNG INSTAN BISA SUKSES

Kalau yang ini super mitos hehe. Ga ada yang instan dalam membangun bisnis. Hati-hati diiming-imingi janji langsung bisa sukses. Wong mie instan aja ga instan, kan harus direbus dulu hehe. Begini, saya yakin yang namanya sukses itu perlu proses. Sama halnya dalam membangun bisnis. Kalau mau sukses ya perlu proses, butuh berjuang, kadang ada cerita gagalnya, perlu banyak belajar. Tapi akan ada satu masa ketika sudah setia menjalani prosesnya kesuksesan menghampiri kita. Ingat kuncinya adalah tekun. Tekun itu adalah bapaknya “tidak menyerah” hehe.
.
.

Sebenarnya masih banyak mitos dan fakta, tapi poin-poin diatas semoga bisa jadi gambaran untuk teman-teman yang ingin serius memulai bisnis. Sewaktu saya akan mempersiapkan program #AkademiJagoJualan, saya kepikiran, hal-hal inilah yang wajib diketahui dulu saat akan memulai bisnis. Ini penting untuk dipahami sebelum melangkah lebih jauh. Semoga sharing diatas bermanfaat untuk rekan-rekan semua.

Maju terus teman-teman!
Jangan takut untuk memulai bisnis. Iya jangan takut :)

-------------------------------
Silakan di share jika bermanfaat
.
.

P.S

Bagi yang ingin mendapatkan postingan rutin tentang TIPS BISNIS setiap hari, silakan follow akun FB personal saya di http://bit.ly/FBHermas
 
Top