KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

ALASAN MENGAPA ORANG MELAKUKAN INVESTASI

Mulai dari sekolah hingga orang yang telah memiliki keluarga, kata investasi merupakan kata yang tidaklah asing di telinga kita, namun mungkin masih belum banyak yang tahu tentang definisi dari investasi itu sendiri. Investasi sering didefinisikan sebagai menempatkan uang atau modal demi hasil atau bunga dengan cara membeli properti, saham, obligasi dan lain-lain, namun secara umum investasi dapat dipahami sebagai meluangkan/memanfaatkan waktu, uang atau tenaga demi keuntungan/manfaat di masa datang. Jadi pada dasarnya investasi adalah "membeli" sesuatu yang diharapkan bisa "dijual kembali" di masa yang akan datang dengan nilai yang lebih tinggi.

Mungkin hanya sebagian orang yang sadar akan pentingnya investasi. Karena pada umumnya, sebagian besar orang hanya bekerja dan tidak mempersiapkan masa depan dengan investasi, padahal investasi sangat penting untuk persiapan masa depan misalnya untuk pendidikan anak, membeli rumah, membeli mobil, ingin beribadah ke Tanah Suci (bagi orang Islam), persiapan dana pensiun, ataupun kebutuhan masa yang akan datang yang tidak terduga. Jadi Investasi sangat penting untuk persiapan masa depan atau merencanakan masa depan.

Pertanyaan yang juga penting adalah mengapa manusia perlu melakukan investasi. Ada banyak alasan untuk ini, salah satunya yaitu untuk persiapan perencanaan kebutuhan yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan saat ini. Sejalan dengan waktu, nilai mata uang bisa berkurang karena adanya inflasi, yaitu misalnya kenaikan harga barang dan jasa. Inflasi inilah salah satu alasan utama mengapa kita perlu berinvestasi, baik atas dana atau aset yang sudah ada atau yang akan kita miliki bisa dipertahankan dan tentu saja diharapkan meningkat.

Dari uraian diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa ada 4 hal utama alasan melakukan investasi yaitu:
1.Kebutuhan masa depan atau kebutuhan saat ini yang belum dapat terpenuhi jika dihitung dengan pekerjaan pada saat ini.
2.Kebutuhan untuk melindungi nilai aset yang telah dimiliki supaya tetap bernilai tinggi meskipun nilai mata uang menurun.
3.Keinginan untuk menambah nilai aset yang sudah ada sehingga menjadi lebih banyak lagi.
4.Karena pengaruh inflasi.

Resiko Melakukan Investasi
Setiap yang dilakukan manusia pasti memiliki resiko. Resiko adalah bagian dari investasi juga, karena keadaan di masa depan yang juga tidak pasti dan tak dapat diprediksi secara akurat. Hasil investasi yang didapat bisa saja tidak sesuai dengan harapan, bahkan bisa berlawanan dan menghasilkan kerugian, karena seseorang tidak dapat sepenuhnya mengelak dari resiko yang ditimbulkan oleh ketidak pastian. Secara sengaja maupun tidak orang selalu berinvestasi. Belajar, bekerja dan berbisnis bisa dipahami sebagai suatu investasi. Investasi dapat dilihat sebagai suatu proses menentukan pilihan, tidak hanya untuk menambah kekayaan tetapi juga mempertahankan dan melindungi apa yang sudah ada. Dalam arti yang lebih luas, maka belajar juga bisa termasuk investasi untuk menjadi lebih baik daripada sebelumnya.
 
Top