KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Arti atau Definisi tentang Pengertian Bandwidth secara Lengkap




 Apakah anda tahu arti bandwidth? Di sini atau di halaman ini anda bisa mengetahui dan memahami tentang arti dari bandwidth, karena di halaman ini dijelaskan mengenai definisi atau arti bandwidth.

Banyak hal yang dilakukan untuk mencari pengertian bandwidth. Dari membaca buku-buku tentang website sampai menemukan pengertian bandwidth dengan melalui website-website yang ada di internet. Bandwidth adalah Lebar pita atau kapasitas saluran informasi yang ada di internet untuk bisa muncul di internet tersebut. Jika banyak orang yang masih kurang paham dengan pengertian bandwidth , bandwidth merupakan kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik (second). Bandwidth juga dikenal dengan perbedaan atau interval, antara batas teratas dan terbawah dari suatu frekuensi gelombang transmisi dalam suatu kanal komunikasi. Satuan yang digunakan bandwidth adalah Hertz untuk sirkuit analog dan detik dalam satuan digital.

Jalur lebar analog diukur dalam unit Hertz (Hz) atau kitaran second. Jalur lebar digital pula merujuk kepada jumlah atau volume data yang dilewatkan melalui satu saluran komunikasi yang diukur dalam unit bit per second (bps) tanpa melibatkan gangguan. Semakin lebar jalur bandwidth yang ada pada suatu website, maka semakin besar pula data yang dilewatkan melalui perantara itu. Akan tetapi sebagian orang yang belum mengerti tentang pengertian bandwidth, mengatakan bahwa bandwidth itu sama dengan kecepatan. Akan tetapi bandwidth dan kecepatan itu berbeda. Hanya saja ketika orang awam melihat pada suatu website jika sedang memproses untuk membuka halaman baru atau halaman awal pada website (loading) pada website untuk bisa muncul dan dapat dilihat oleh netter juga semakin cepat. Padahal itu hanya pengaruhnya saja.

Bandwidth bisa disebut istilah lebar jalur. Istilah itu sepatutnya tidak dikelirukan dengan istilah jalur (band), seperti pada telepon tanpa kabel misalnya beroperasi pada jalur 900MMHz. Lebar jalur ialah ruang yang digunakan pada jalur tersebut. Dalam komunikasi tanpa kabel, ukuran atau lebar jalur salurannya itu memberi kesan kepada transmisi. Sejumlah data yang mengalir melalui satu saluran sempit mengambil masa yang lebih lama berbanding sejumlah data yang sama apabila mengalir menelusuri satu saluran yang lebih lebar.

Jika ada yang mengatakan bahwa bandwidth dengan kecepatan itu sama, orang itu masih belum benar dalam mengartikan bandwidth. Bandwidth dengan kecepatan itu berbeda. Misalnya Informasi dialirkan melalui berbagai media. Misalnya seseorang memilih kabel sebagai media perantara. Suatu informasi dialirkan melalui kabel tersebut. Karena informasi bisa “dilewatkan atau dialirkan” melalui kabel, seseorang itu bisa berasumsi atau beranggapan bahwa kabel ini sebagai pipa tempat berjalannya informasi yang disalurkan itu, sedangkan kecepatan adalah jarak yang ditempuh dari suatu satuan waktu, biasanya dalam satu detik. Misalnya sebuah server terhubung melalui kabel telepon yang terhubung dengan modem ke Internet Service Provider (ISP) dengan bandwidth 128kbps. Saluran yang besarannya 128kbps akan lebih sedikit menyalurkan data yang akan dilewatkan dibandingkan dengan saluran yang memiliki besaran 248kbps. Semakin lebar bandwidth yang ada pada saluran tersebut data yang dilewatkan akan semakin besar. Saluran tersebut dibagi menjadi dua, Narrowband (jalur sempit) dan Wideband (jalur lebar).

Sumber : onlinebusiness.sitekno.com/
 
Top