KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Bisnis Paling Menguntungkan dengan Modal Kecil namun Memberikan Hasil yang sangat luar biasa yaitu Bisnis Menanam Bibit Kayu

Sekarang, jika berbicara tentang bisnis, maka kebanyakan orang berpikir dalam pikirannya adalah pasti memerlukan biaya yang sangat besar. Jika telaah lebih dalam, ada banyak bisnis yang dengan modal minim (modal kecil) mampu memberikan hasil yang sangat luar biasa dan menggiurkan. Bisnis ini padahal sejak zaman dahulu ada namun mungkin saja belum menjadi tren pada waktu itu. Kini yang menjadi tren dan menjadi peluang bisnis atau usaha adalah bisnis kayu. Namun lahan bisnis yang ini belum banyak diketahui masyarakat, tetapi memiliki potensi besar untuk dikembangkan, yaitu bisnis pembibitan tanaman kayu. Bisnis ini bisa dijalankan oleh siapa saja dengan modal yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. Caranya pun cukup mudah, tidak melalui banyak proses yang ribet.

Menjalankan bisnis pembibitan kayu cukup menyediakan modal berupa lahan dan kemampuan merawat bibit. Bisnis ini cukup menarik karena proses pemasarannya sering dilakukan dalam jumlah besar dengan sistem pembayaran tuani. Dalam sekali penjualan, modal awal dan keuntungan bisa langsung diputar untuk melakukan produksi selanjutnya. Sedangkan keuntungannya, bisa mencapai tujuh kali lipat dari modal yang dikeluarkan.

Memulai bisnis pembibitan kayu hanya butuh satu komitmen, yaitu bagaimana Anda memulainya. Ini adalah proses yang paling penting. Maka, Anda perlu memahami seluk-beluknya, memerlukan perencanaan matang, serta harus ada langkah yang konkret. Anda bisa memulainya dengan kecukupan modal yang dimiliki.

Jika memiliki modal kecil, bisa dimulai dengan cara kerja gabungan dengan perusahaan pembibitan yang telah ada. Pemasarannya bisa dilakukan sendiri atau dititipkan di perusahaan yang ditempati. Jika memiliki modal sedang, dapat memulia bisnisnya dengan bermitra atau bekerja sama dengan pebisnis persemaian lainnya. Dengan pola ini, pemasaran bibit dapat dilakukan bersama-sama atau menjualnya kepada perusahaan persemaian yang skalanya lebih besar.

Adapun jika memiliki modal besar, ini akan lebih mudah dalam memulainya. Namun, Anda perlu menjaga manajemen pemasaran dengan baik dan membangun relasi dan mitra bisnis dengan pelaku bisnis kecil yang ada. Hal ini dimaksudkan untuk menekan biaya operasional produksi yang dikeluarkan.

Selanjutnya, dasar teknik pembibitan kayu ialah menentukan sumber indukan yang baik dan memilih bibit yang baik berdasarkan kualitasnya. Di antara jenis pohon yang bisa dipilih untuk pembibitan kayu ialah jati, mahoni, meranti, suren, sengon, dan jabon. Masing-masing pohon memiliki karakteristik dan masa tanam yang mesti diketahui dengan jelas oleh setiap petani.

Dalam menunjang segala kebutuhan ilmu pembibitan ini, AgroMedia menerbitkan buku Untung Besar dari Usaha Pembibitan Kayu. Buku ini menguak mekanisme dan bisnis pembibitan kayu secara umum dan praktis. Semuanya bisa diaplikasikan sesuai kebutuhan dan kecukupan modal yang dimiliki.

Buku yang ditulis oleh Gunawan, S.Hut ini membahas seputar usaha pembibitan kayu, mulai dari peluang usaha pembibitan kayu di Indonesia, menilai kualitas bibit kayu, membuat media tanam secara praktis, berbagai teknik pemecahan dormansi, merencanakan pembuatan usaha pembibitan, membuat jaringan pemasaran pembibitan, mengendalikan hama dan penyakit, hingga menganalisa usaha pembibitan kayu.

Sumber : agromedia.net/
 
Top