Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Cara Mudah dan Cepat Memilih Makanan Sehat di Luar Rumah

Banyak orang ingin menjadi tambah sedikit meskipun usianya lama kelamaan menjadi tua. Makanan juga sangat berpangaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh manusia. Di sini ada beberapa cara untuk memilih makanan yang sehat ketika di luar rumah.

Bagi masyarakat perkotaan, bersantap di luar rumah memang telah menjadi gaya hidup tersendiri. Kesibukan sehari-hari yang padat, sehingga tidak sempat memasak di rumah menjadi alasan utama seseorang gemar jajan di restoran maupun kedai makan pinggir jalan.

Padahal mengonsumsi makanan di luar rumah memiliki banyak efek buruk. Mulai dari menambah berat badan, membuat Anda merasa lesu karena kekurangan nutrisi hingga berisiko mengidap penyakit seperti diabetes, sindrom metabolik dan beberapa jenis kanker. Hal ini karena makanan yang dijual umumnya tinggi lemak dan kolesterol.

Tapi ada beberapa trik sederhana untuk membantu kita membuat pilihan yang lebih sehat saat bersantap di restoran, menurut pakar perilaku ekonom dan psikolog makanan, Brian Wansink, Ph.D.

Wansink yang melakukan studi pada 300 orang di restoran buffet di seluruh China untuk bukunya berjudul Slim by Design: Mindless Eating Solutions for Everyday Life menemukan bahwa orang dengan badan kurus atau langsing berlatih beberapa kebiasaan makan ketika bersantap di luar rumah. Walau mungkin tampak tidak signifikan, tapi hal itu membuat perbedaan untuk lingkar pinggang mereka.

Untuk itu, simak beberapa triknya berikut ini, seperti dilansir laman Huffington Post, 21 November 2014.

Tanyakan pilihan menu sehat yang tersedia pada pramusaji restoran

Wansink mengatakan bahwa orang cenderung membaca baik-baik menu makanan saat bersantap di restoran. Hal ini membuat mereka tergoda akan gambar-gambar dan menu menggiurkan yang ditawarkan. Padahal tentu saja menu tersebut belum tentu sehat. Untuk itu, tanyakan kepada pramusaji pilihan menu sehat yang tersedia.

Duduk di meja tinggi di dekat jendela

Ternyata posisi duduk Anda saat bersantap di sebuah restoran juga menentukan pilihan menu yang akan Anda pesan.

"Salah satu hal yang kita temukan adalah bahwa orang-orang yang memesan menu-menu sehat di restoran cenderung duduk di meja tinggi," ujarnya.

Menurut statistik yang ia miliki, seseorang yang duduk di bagian depan atau tengah restoran memiliki sekitar 80 persen kemungkinan untuk memesan hidangan penutup, dan memiliki 80 persen lebih sedikit kemungkinan memesan salad.

Piih olesan butter untuk roti

Meskipun kata Wansink minyak zaitun adalah pilihan yang lebih sehat, Anda akhirnya mengkonsumsi kalori 29 persen lebih sedikit ketika memilih butter.

"Yang terjadi adalah, kita tidak menaruh banyak butter dibandingkan dengan minyak zaitun," ia menjelaskan.

Berhati-hati saat bersantap di restoran buffet

Saat pergi ke restoran buffet atau prasmanan, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pilih ukuran piring yang lebih kecil. Selain itu, jangan terburu-buru mengambil makanan.

Luangkan sedikit waktu untuk berjalan ke meja prasmanan dan melihat-lihat menu-menu yang tersedia. Terakhir, pastikan Anda duduk di meja yang jauh dan tidak menghadap ke arah meja prasmanan agar tidak tergoda untuk menambah porsi makan.

"Kami menemukan bahwa orang kurus melakukan hal-hal yang sangat berbeda dari orang-orang yang memiliki berat badan yang lebih besar. Mereka tujuh kali lebih mungkin menggunakan piring yang lebih kecil. Mereka juga duduk rata-rata sekitar 16 meter dari meja prasmanan," ungkapnya.

Sumber : VIVAlife - yahoo.com
 
Top