KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Cara Pensiun dengan Tenang dalam Kondisi Apapun atau Merdeka Finansial Waktu Pensiun

Saat masih muda, mungkin sebagian kecil orang yang memikirkan pensiun dengan tenang. Karena memang tubuhnya bisa untuk bekerja dari pagi sampai malam. Namun, ketika sudah tua, tentu saja ingin menikmati masa pensiun dengan tenang. Maka dari itu, perlu dipersiapkan supaya merdeka finansial ketika pensiun atau bisa menghadapi segala hal ketika sudah tidak bekerja lagi, dan itupun perlu proses, tidak bisa instan. 

Selamat Merayakan Hari Kemerdekaan! Tidak terasa negara kita tercinta ini sudah merdeka selama 69 tahun. Sebenarnya apa itu merdeka? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, merdeka adalah bebas; tidak terkena atau lepas dari tuntutan dan tidak terikat; tidak tergantung kepada orang atau pihak tertentu; leluasa. Mengacu dari deskripsi tersebut, sudahkah Anda merasa Merdeka secara Finansial?

Jadi apa itu Merdeka Finansial? Bagi saya, Merdeka Finansial adalah tidak terlilit utang, setiap bulan tidak mengeluh karena gaji cepat sekali habis. Merdeka Finansial juga bisa berarti sederhana seperti mampu membeli barang yang diinginkan atau pergi liburan tanpa berhutang. Yang saya sebutkan tadi hanya target jangka pendek. Tentunya kita juga harus memiliki target jangka panjang.

Dalam target jangka panjang, Merdeka Finansial adalah bisa hidup tenang di hari tua karena kita sudah menyiapkan dana untuk masa tersebut dari jauh-jauh hari. Mampukah kita mencapai tujuan tersebut kalau tidak mempersiapkannya sejak sekarang? Karena, ternyata banyak yang tidak menyadari bahwa setelah tidak bekerja lagi, hidup masih akan berlangsung puluhan tahun di masa pensiun. Inflasi membuat biaya hidup saat ini berlipat-lipat jumlahnya pada saat Anda pensiun nanti.

Sebagai contoh, apabila usia Anda saat ini 28 tahun dengan biaya hidup Rp5juta per bulan, maka akan menjadi sekitar Rp39juta per bulan pada saat pensiun di usia 55 tahun. Dengan ekspektasi umur mencapai 75 tahun, maka biaya hidup selama masa pensiun selama dua puluh tahun itu mencapai Rp15miliar.

Kaget? Tentu saja. Karena sebelumnya tidak terbayang kalau sebenarnya masa pensiun itu sama panjangnya dengan masa produktif. Ada juga yang masih tenang-tenang saja karena nanti setelah pensiun tetap mendapat tunjangan dari kantor. Silakan diperiksa, apa jumlah yang akan didapat cukup untuk biaya hidup Anda nanti?

Perlu diingat, selain biaya hidup sehari-hari tentunya ada pengeluaran lain di masa pensiun yang bisa dipersiapkan sejak sekarang misalnya dana kesehatan pada saat pensiun, dana menikahkan anak, atau bisa juga dana liburan pada saat pensiun.

Jadi bagaimana caranya agar bisa Merdeka Finansial pada saat pensiun? Mulai dengan memiliki rencana keuangan dan berinvestasi dari sekarang. Bentuk investasi bisa bermacam-macam, ada yang nyaman berinvestasi di properti, tabungan, emas atau produk pasar modal. Bentuk investasi yang dipilih tentunya disesuaikan dengan profil risiko dan jangka waktu tujuan yang ingin dicapai.

Langkahnya adalah tentukan tujuan yang ingin dicapai, berapa dana  yang harus dipersiapkan, kemudian kapan Anda ingin mencapai tujuan tersebut. Untuk menghitung Dana Pensiun bisa dilihat di link berikut http://tujuanloapa.qmfinancial.com/.

Ayo  persiapkan kemerdekaan untuk diri sendiri, salah satunya dengan menyiapkan dana-dana pada saat pensiun dari sekarang agar bisa hidup tenang dan nyaman di hari tua tanpa harus menggantungkan diri kepada orang lain.

Sumber : yahoo.com
 
Top