Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Cara Terbaik memilih Investasi Jangka Panjang, Menengah atau Pendek menurut Tujuan finansial atau fokus investasi

Banyak orang ingin memilih investasi sesuai keinginannya dan hasilnya dipastikan sesuai harapannya. Jika belum begitu memahami secara mendalam tentang investasi, maka perlu diketahui juga tentang pilihan investasi yang akan diambil dengan melihat tujuan finansial atau fokus investasi. Karena tujuan finansial atau fokus investasi menjadi hal vital yang harus Anda tetapkan sebelum mulai berinvestasi. Yang mana fokus investasi Anda dari beberapa fokus investasi di bawah ini? Di bawah ini ada penjelasan tentang investasi jangka pendek,investasi jangka menengah dan investasi jangka panjang.

    Investasi jangka pendek (maksimal 1 tahun). Fokus investasi: untuk mengamankan modal pokok sembari mendapat pertumbuhan keuntungan. Sebab, ada beberapa investasi, seperti saham yang nilai pokoknya naik turun, misal dari jumlah awal investasi Rp10 juta, nantinya bisa turun menjadi Rp9 juta. Keuntungan tidak terlalu besar, meski masih di atas investasi kovensional, seperti tabungan. Tujuan finansial: untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam jangka pendek. Misalnya, biaya pernikahan, melakukan renovasi rumah dalam setahun ke depan. Contoh: Deposito, obligasi jangka pendek , reksadana pasar uang. 

    Investasi jangka menengah (1-5 tahun). Fokus investasi: mengharapkan pasive income berupa bunga, bagi hasil dalam jangka menengah. Investor umumnya mengharapkan pertumbuhan nilai investasi, selain nilai pokoknya aman, tingkat pertumbuhan atau keuntungannya juga lebih tinggi dari investasi jangka pendek. Tujuan finansial: rencana untuk mengambil pendidikan Master, membeli rumah. Contoh: reksadana pendapatan tetap,  surat hutang jangka menengah, sukuk ritel, ORI, Promissory notes, logam mulia

    Investasi jangka panjang (di atas 5 tahun). Fokus investasi: pertumbuhan keuntungan dalam jangka panjang. Sebab, semakin panjang waktunya, maka Anda atau manajer investasi bisa melakukan banyak manuver dalam mengelola kekayaan Anda. Setiap tahun Anda juga punay kesempatan untuk melakukan evaluasi, sehingga di tahun berikut Anda mendapat keuntungan yang lebih tinggi. Dalam investasi waktu jadi penting: makin panjang maka manuver lebih banyak. Tujuan finansial: dana pensiun, dana pendidikan universitas untuk anaknya yang masih kecil. Tujuan finansial: biaya universitas bagi putra-putri Anda yang masih kecil, dana pensiun Anda. Contoh: saham, reksadana campuran, reksadana saham, properti (apartemen, rumah, condotel). (f)

Sumber : femina.co.id
 
Top