KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Contoh Makalah tentang APLIKASI NILAI-NILAI PANCASILA DI BIDANG BIROKRASI tugas Matakuliah Filsafat Pancasila

MAKALAH UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH Filsafat Pancasila yang dibina oleh Bapak Suwarno Winarno , dibuat oleh Mohammad Andis Wiyanto

1. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
Di Indonesia banyak perilaku manusia yang menyimpang dari aturan yang ada dalam nilai-nilai Pancasila. Mulai dari orang kalangan bawah sampai kalangan atas melakukan tindakan yang tercela. Tidak sedikit juga oknum pemerintah yang melanggar nilai-nilai Pancasila. Padahal mereka tahu bahwa itu melanggar norma yang berlaku di Indonesia.

Adanya koran, surat kabar, radio, TV dan media publikasi yang lainnya membuat setiap perilaku-perilaku menyimpang yang ada di masyarakat lokal maupun pemerintah bisa tersebar hingga ke berbagai pelosok daerah di Indonesia. Dari semua itu bisa terlihat bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila belum sepenuhnya dapat diterapkan secara maksimal.

Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, supaya berjalan dengan baik hendaknya oknum-oknum pemerintah juga memperhatikan dan mematuhi aturan-aturan pokok yang melekat pada seorang pegawai negeri atau aparat birokrasi yang dapat dijadikan acuan kode etiknya yang meliputi aturan mengenai pembinaan pegawai negeri sipil, aturan mengenai kedudukan pegawai negeri sipil, penghargaan pegawai negeri sipil, keanggotaan pegawai negeri dalam partai politik dan peraturan disiplin pegawai negeri sipil (www.depagkotamalang.go.id).

Oknum pemerintah yang menerapkan tata tertib dan kode etik tersebut akan membuat masyarakat menjadi lebih percaya, optimis dan merasa bangga kepada oknum pemerintah. Semakin besarnya aparat pemerintah yang berbuat baik akan bisa mendorong masyarakat lain untuk berbuat baik pula.
Maka dari itu, untuk bisa mewujudkan Indonesia yang bersih dari penyimpangan-penyimpangan di bidang birokarat harus mengerti, memahami, dan mematuhi serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber hukum dasar di Indonesia.

1.2 Masalah
Dari uraian latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang dapat diambil diantaranya:
Nilai apa saja yang terkandung di dalam Pancasila?
Bagaimana aplikasi nilai-nilai pancasila di bidang birokrat?
Perilaku menyimpang seperti apakah yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang dilakukan oleh oknum birokrat?

1.3 Tujuan
Untuk mengetahui dan memahami makna yang terkandung dalam butir-butir Pancasila.
Untuk mengetahui dan memahami aplikasi nilai-nilai pancasila di bidang birokrat.
Untuk mengetahui seberapa besar oknum di bidang birokrat memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

 
Top