KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Dampak yang Sangat Berbahaya bisa Muncul karena Kebiasaan Buruk atau Tidak Sehat di Kantor

Banyak orang belum tahu beberapa hal tentang perilaku setiap hari yang kurang pas atau buruk bisa menimbulkan banyak penyakit. Dengan kebiasaan yang buruk tersebut sangat berbahaya bagi kondisi tubuh manusia. Meskipun ada efek positif atau negatif ketika bekerja di kantor. Namun, di sini adalah beberapa kebiasaan yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan bagi setiap orang ketika bekerja di kantor

Bekerja dilingkungan perkantoran memiliki sisi negatif dan positifnya. Keuntungannya, Anda mungkin tidak akan merasa kepanasan karena selalu berada diruangan ber-AC serta tidak merasa kelelahan karena pekerjaan Anda lebih banyak duduk di belakang meja dan menatap layar komputer.

Namun, tahukah Anda kebiasaan tersebut ternyata tidak sehat ?   Kondisi fisik yang sehat diperlukan supaya tetap fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.  Sebagian besar dari anda yang bekerja di kantor mengalami stres karena tuntutan pekerjaan. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang biasa terjadi pada pekerja kantoran :

Meja yang Berantakan

Sebuah meja kerja yang berantakan biasanya akan menimbulkan stres. Tidak hanya itu, alat-alat kantor Anda seperti, meja, komputer atau laptop, dan telepon biasanya banyak dihinggapi  kuman. Beruntung bagi Anda, jika pekerja kebersihan di tempat Anda bekerja selalu membersihkan semua alat-alat kantor. Namun, jika tidak mulailah untuk mengatur meja kerja supaya terlihat rapi, serta meminimalkan peralatan yang dirasa tidak perlu untuk membuat tubuh Anda bergerak dengan bebas.


Posisi Duduk yang Salah

Anda mungkin bisa menghabiskan banyak waktu dikantor, oleh karena itu Anda harus duduk pada posisi yang benar serta nyaman. Anda bisa memulai dengan menyesuaikan tinggi kursi sesuai dengan kaki, sehingga kaki Anda dapat sejajar dengan lantai (tidak menggantung). Selain itu, posisi lutut harus berada pada sudut  90 derajat, sesuaikan layar komputer dengan mata Anda sehingga tidak membuat mata cepat perih/lelah akibat sinar pada layar monitor.


Selalu Pada Posisi yang Sama

Walaupun Anda telah duduk pada posisi yang benar dan sempurna, bukan berarti Anda aman. Beberapa pekerja, sering sekali berjam-jam bahkan seharian pada posisi duduk yang sama. Padahal, tubuh dan pikiran pun butuh penyegaran walaupun hanya untuk meregangkan otot-otot selama beberapa jam bekerja. Pergilah jalan-jalan atau melakukan peregangan otot selama beberapa menit.  Menjauhlah dari meja Anda untuk sekedar berbincang pada rekan kerja anda.



Bergosip

Bergosip ditempat kerja hanya akan menghambat aktivitas kerja dan produktivitas Anda saja. Hindari bergosip dikantor untuk menjaga nama baik Anda sendiri, jika suatu saat Anda keluar dari kantor tersebut.


Camilan yang Tidak Sehat

Ngemil dikantor pada saat jam kerja adalah salah satu hal yang biasa,dan sering sekali dilakukan oleh para pekerja. Anda memang membutuhkan makan dan ngemil untuk tetap fokus bekerja dan menambah energi tubuh. Akan tetapi, pilihlah camilan yang sehat seperti buah atau kacang almond  pada pagi atau sore hari.


Melewatkan Makan Siang

Para pekerja kantor pun sering melewatkan makan siang, karena pekerjaan yang terlalu banyak. Mereka yang melewatkan makan siang, biasanya akan memilih menu  junk food untuk mengganti makan siang mereka. Nah, jangan biarkan kebiasaan buruk  ini terus terjadi. Melewatkan makan siang, akan membuat porsi makan malam Anda menjadi berlebih.


Makan di Meja Kerja

Kebiasaan buruk selanjutnya adalah makan di meja kerja. Padahal makan siang adalah kesempatan Anda untuk beristirahat sejenak dari  pekerjaan  Anda serta mengistirahatkan pikiran di siang hari. Makan di meja kerja dapat menimbulkan risiko obesitas, karena kurangnya bergerak setelah makan.


Kurang Minum Air Putih

Air putih merupakan salah satu sumber  yang sangat dibutuhkan tubuh.  Anda harus tetap mengkonsumsi cukup air selama bekerja terlebih lagi jika Anda terus menerus pada posisi duduk. Terlalu banyak duduk serta kurang mengkonsumsi air putih dapat meningkatkan resiko penyakit ginjal.

Kerja Lembur

Sepertinya waktu untuk bekerja tidak akan pernah cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda, dan Anda kerap kali melakukan lembur. Lembur yang dilakukan hampir tiap hari tidak akan baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tubuh pun perlu istirahat.  Luangkan waktu untuk  mengistirahatkan diri sendiri untuk menghindari stres dan depresi karena pekerjaan. Cobalah batasi jam kerja Anda dan atur batas-batas antara pekerjaan dan waktu untuk keluarga. Jika semua itu dapat diatur dengan benar maka pekerjaan beres, urusan pribadi pun tidak akan terganggu.



Sumber : yahoo.com dan http://meetdoctor.com
 
Top