KLIK DI SINI untuk mengetahui PANDUAN, BIMBINGAN GRATIS sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Dokumentasi Kegiatan KSR UM (Universitas Negeri Malang)


Sore itu kegiatan di UKM Pramuka adalah bersih-bersih sanggar UKM Pramuka karena UKM Pramuka baru saja dibenahi oleh UM (Universitas Negeri Malang) untuk menghadap ke selatan. Berbagai kegiatan di Pramuka UM dilakukan untuk mengembalikan dan menata barang-barang di UKM Pramuka supaya kembali seperti semula supaya bisa digunakan untuk aktivitas mahasiswa khususnya anggota UKM Pramuka dan mahasiswa UM (Universitas Negeri Malang) pada umumnya.

Kegiatan direncanakan akan dilaksanakan pada pagi pukul setengah enam pagi (05.30), akan tetapi karena ada berbagai hambatan sehingga kegiatan kerja bakti untuk merapikan barang-barang di UKM Pramuka menjadi terhambat dan kegiatan kerja bakti itu dilakukan tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Sekitar pukul setengah enam pagi (05.30) telah ada anggota yang sudah datang pada pagi itu. Mereka dengan giat berusaha untuk merapikan barang-barang yang ada di UKM Pramuka walaupun teman yang lain belum datang. Dengan tenaga yang terbatas mereka tetap menjalankan aktivitas dengan baik untuk merapikan barang-barang di UKM Pramuka. Mereka tetap semangat, pantang menyerah, tak putus asa walaupun tenaga terkuras  untuk kegiatan itu. Jiwa kebersamaan telah ada pada diri mereka dan berusaha untuk saling tolong menolong antar sesama telah tertanam dalam jiwa mereka.

Sesekali ketika mereka bosan dan penat, mereka melakukan aktvitas supaya tidak terlalu tegang (refreshing) dengan bermain basket dan memanfaatkan benda yang ada di sekitar mereka. Ketika mereka letih dan lesu, mereka juga beristirahat untuk memulihkan tenaga mereka.
Matahari yang awalnya hanya menghangatkan tubuh kini berubah terasa panas dan membuat cepat lelah. Teman lain (anggota UKM Pramuka juga) mulai berdatangan, ada seorang teman bukan anggota UKM Pramuka (kawan dari anggota pramuka UM yang ada di tempat itu) juga turut membantu kegiatan itu. Dengan giat Dia juga membantu untuk merapikan dan membersihkan barang yang ada di UKM Pramuka.

Ada salah seorang teman datang dan membawa bekal yang cukup banyak untuk bisa di makan bersama teman-teman yang lain. Seorang teman itu juga membawa membawa buah yang cukup enak dan memiliki banyak vitamin yaitu pisang. Teman-teman yang beraktivitas merapikan UKM Pramuka sejenak beralih pandangan menuju seorang teman yang membawa bekal tersebut. Mereka dengan segera datang ke tempat yang bisa untuk makan bersama teman  lain (gazebo) dan menyantap berbagai hidangan yang telah dibawakan salah seorang teman anggota pramuka itu. Canda tawa mulai terdengar dari mereka. Keceriaan menambah indahnya suasana dan kerbersamaan yang telah ada.

Usai makan bersama dan menyantap bekal yang amat nikmat dari seorang teman itu, mahasiswa melakukan berbagai aktivitas untuk bisa membuat terasa lebih berwarna, ada yang membuat percobaan dengan memanfaatkan koran yang di bakar untuk bisa terbang, walaupun sulit mereka tetap melakukan experiment itu. Ada juga yang tetap ada di gazebo dan saling bertukar cerita tentang berbagai hal yang membuat keceriaan tetap terpancar dan menambah eratnya tali persaudaraan antar sesama.

Seorang teman yang dari pagi-pagi buta telah ada di tempat itu mulai melanjutkan aktivitas untuk merapikan barang-barang yang belum dibereskan. Seorang anggota pramuka  UM (Universitas Negeri Malang) ini memang sangat antusias dan bersemangat untuk segera menyelesaikan barang-barang dan membersihkan sesuatu yang kotor di UKM Pramuka. Dia mungkin menganggap bahwa UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) adalah sebagai rumah pertama di Kota Malang (itu hanya kemungkinan saja, Maaf jika salah…!). Jarang ada seorang seperti Dia, memiliki jiwa yang loyal terhadap organisasi. Dia tekun belajar, semangat, pantang menyerah, optimis, memiliki jiwa kebersamaan yang tinggi, dermawan, suka menolong dan berusaha untuk membuat teman-teman di UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) tak mudah bosan berada di UKM Pramuka UM (mungkin Dia memang suka bercanda dan ingin membuat suasana di UKM Pramuka UM menjadi lebih baik dan keakraban dapat terwujud dengan baik antar sesama yang ada di UKM Pramuka walaupun bukan anggota Pramuka UM). Memang Dia memiliki jiwa kebersamaan yang luar biasa.

Dengan mulainya aktivitas yang dilakukan salah seorang anggota UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) itu membuat teman-teman lain yang sedang bersenda gurau di gazebo untuk turut serta membantu kegiatan kerja bakti UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang). Teman-teman lain juga ikut serta membantu kegiatan tersebut. Ada yang mengeluarkan barang-barang kotor dari UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) yang berupa meja, kursi, buku-buku, ada yang mengambil selang yang digunakan mengalirkan air untuk membersihkan barang-barang yang masih kotor, ada yang mencari alat pembersih dan kegiatan lain yang dilakukan di sekitar UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang).

Beberapa orang juga membersihkan tempat piala yang cukup besar di UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) yang terbuat dari kaca. Berbagai cara dilakukan untuk membersihkan kaca tempat piala itu. Tempat piala itu sekitar 1,5 meter (150 cm) dan pialanya itu tingginya sekitar 1,2 m (120 cm).

Kaca tempat piala itu telah bersih, ketika piala tersebut akan dimasukkan ke dalam kaca, salah seorang teman anggota UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) terkena kaca pada bagian lututnya dan mengeluarkan darah pada bagian lututnya. Dengan lutut yang tetap  mengeluarkan darah, seorang anggota UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) berjalan menuju tempat yang menyediakan obat-obatan untuk meminta bantuan dan mengobati luka pada lututnya bersama seorang teman perempuan anggota UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang). Seorang teman yang lututnya teluka itu menuju ke KSR UM (Universitas Negeri Malang) dan meminta bantuan kepada anggota KSR UM (Universitas Negeri Malang) untuk segera mengobati luka yang ada pada lututnya karena anggota Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) yang terluka terkena kaca itu tidak tahu apa yang harus dilakukan kecuali meminta pertolongan kepada Anggota KSR UM (Universitas Negeri Malang). Anggota KSR UM segera tanggap dan menyiapkan obat untuk mengobati luka pada seorang mahasiswa itu. Seorang wanita yang diluar KSR UM (Universitas Negeri Malang) segera masuk ke dalam ruang KSR UM (Universitas Negeri Malang) memberikan arahan untuk duduk, dan mencari obat untuk luka itu. Seorang perempuan anggota KSR UM (Universitas Negeri Malang) itu juga dibantu oleh 2 orang rekannya yang pada saat itu ada di KSR UM (Universitas Negeri Malang). Mereka dengan tanggap dan cepat memberikan pertolongan pada laki-laki yang lututnya berdarah tadi. Beberapa peralatan dan obat (seperti kasa, kapas dan yodium) dengan cepat disediakan oleh ketiga perempuan itu (anggota KSR UM). Darah segera dibersihkan pada lutut mahasiswa itu, luka dibersihkan dan segera diberikan obat dan kasa pada lutut mahasiswa itu untuk mengobati luka yang ada pada lutut itu. Anggota KSR UM (Universitas Negeri Malang) dengan cepat dan tanggap menghadapi situasi dan kondisi yang terjadi pada saat itu.

Kami (Pramuka UM) mengucapkan terima kasih banyak kepada KSR UM (Universitas Negeri Malang) yang telah bersedia membantu teman Kami ketika sedang terluka dan tanggap terhadap peristiwa yang terjadi di wilayah UKM UM (Universitas Negeri Malang) pada saat itu, sekali lagi Kami ucapkan terima kasih banyak KSR UM khususnya mahasiswi-mahasiswi yang telah bersedia membantu mengobati teman dari UKM Pramuka UM. Selesai dari KSR UM (Universitas Negeri Malang), mahasiswa itu beristirahat sejenak untuk memulihkan keadan dan kembali membantu kerja bakti walaupun bantuan yang telah diberikan tidak begitu berarti.

Seiring waktu yang tetap bergulir menjelang sore, teman-teman dari berbagai daerah yang baru saja pulang dari tempat tinggalny` (kampung halaman) juga mulai berdatangan. Teman dari Sawojajar datang pada sore hari, Seorang teman anggota UKM Pramuka juga mengajak adiknya untuk datang ke UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) pada saat itu. Seorang teman lain juga menceritakan bahwa ketika naik kereta api lambat (kereta api melaju pelan-pelan saja) sehingga Dia datang ketika sudah tiba di UKM Pramuka. Seorang pria anggota Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) juga datang di UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) dengan senyum yang khas darinya dan teman juga banyak yang datang pada sore itu (anggota drumband, anggota racana dan bahkan teman di luar UKM Pramuka UM).

Ketika menjelang petang, akhirnya beberapa teman segera beranjak pergi dari UKM Pramuka UM karena sudah sore dan sebagian teman juga belum melaksanakan shalat dan belum mandi. Akan tetapi sebagian juga masih berada di UKM Pramuka.

Seluruh Anggota UKM Pramuka UM (Universitas Negeri Malang) mengucapkan terima kasih banyak kepada teman-teman mahasiswa UM (Universitas Negeri Malang) yang telah bersedia membantu pelaksanaan kerja bakti pada hari itu dan memperlancar kegiatan itu serta membantu mengatasi berbagai kendala yang terjadi pada saat itu.
 
Top