KLIK DI SINI untuk mengetahui PANDUAN, BIMBINGAN GRATIS sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Fakta Jumlah Pengguna Internet 2013 dari BPS dan APJII Ternyata Tidak 82 juta namun hanya 71 juta pengguna Internet di Indonesia

Informasi ini diberikan kepada pembaca supaya tahu dan paham bahwa pengguna internet pada tahun 2013 berbeda dengan tahun yang lalu (2012). Ada yang menginformasikan pengguna internet di Indonesia tahun 2013 tembus 82juta, namun faktanya hanya tembus 71 juta pengguna. Jadi, pembaca menjadi lebih tahu dan paham tentang hal yang sebenarnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat angka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia hingga akhir tahun 2013 sudah mencapai 71,19 juta orang.

Hasil pencatatan tersebut tertuang dalam sebuah laporan berjudul Profil Terkini Internet Industri Indonesia, yang dipublikasi di Jakarta, Jumat (17/1). Survei tersebut dilakukan pada 78 kabupaten/kota di 33 Propinsi Indonesia.

“Jumlah tersebut berarti tumbuh 13 persen dibandingkan catatan akhir 2012 yang sebanyak 63 juta orang,” kata Ketua Umum APJII Sammy.

Menurut Sammy, penetrasi internet di Indonesia saat ini adalah sekitar 28 persen dari total populasi penduduk Indonesia.

Sementara itu kawasan Indonesia Timur mencapai tingkat pertumbuhan pengguna internet tertinggi dibanding kawasan lain di Indonesia.

Kepala BPS Suryamin mengungkapkan untuk antarprovinsi kalangan industri, Sulawesi Utara tercatat sebagai provinsi yang sudah 100 persen atau peringkat tertinggi yang menggunakan komputer dan internet dalam aktivitas bisnis.

Meski begitu BPS juga mencatat provinsi pengguna komputer dan internet terendah adalah Maluku Utara sebesar 40 persen.

Naiknya penetrasi internet tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah dengan Pemerintah melalui Kemenkominfo yang sepanjang 2013 berhasil memperkuat infrastruktur internet di daerah-daerah guna pemerataan akses informasi ke masyarakat.

Pola Penggunaan Internet di Indonesia
Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tahun 2013 Tembus 71 Juta Orang


Diposisi pertama hampir 95,75% pengguna memanfaatkan internet untuk surat elektronik, menggeser posisi akses layanan media sosial yang mencapai 61,23%.

Pada peringkat selanjutnya pemanfaatan tertinggi internet adalah untuk mencari berita/informasi (78,49%), mencari barang/jasa (77,81%), informasi lembaga pemerintahan (65,07%), sosial media (61,23%).

Dalam survei yang dilakukan BPS, lebih dari 75% usaha di sektor bisnis baik di perkotaan maupun di perdesaan menggunakan komputer.

Industri pengolahan lebih beradaptasi dalam penggunaan komputer, tercermin dari tingkat persentase yang lebih tinggi dari sektor bisnis lainnya, yaitu sekitar 77,75% disusul hotel (74,59%), dan restoran/rumah makan (68,92%).

Untuk antarprovinsi kalangan industri bahwa di Sulawesi Utara tercatat sebagai provinsi yang sudah 100% menggunakan komputer dan internet, peringkat kedua Kalimantan Barat (94,12%), di atas DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan (90,83%). Sementara provinsi pengguna komputer dan internet terendah adalah Maluku Utara (40%).

Sedangkan dari sisi konsumsi kecepatan internet, hasil survei menetapkan tiga kategori yaitu narrowband digunakan sebanyak 21,51%, fixed broadband (80%), dan mobile broadband (6,58%).

“Jumlah tersebut berarti tumbuh 13 persen dibandingkan catatan akhir 2012 yang sebanyak 63 juta orang, ujar Ketua Umum APJII Sammy Pangerapan.

Sumber : APJII dan BPS dan HarianTI.com

KLIK DISINI untuk Statistik Pengguna Internet di Indonesia mulai 2007 hingga sekarang
KLIK DISINI untuk data pengguna internet yang tembus 82 juta pada 2013
 
Top