AD (728x60)


Buku Rahasia Sukses Pelaku Bisnis Online ISBN 978-602-61666-0-9 harga normal Rp 390.000,-

Buku Mahir Jualan Online ISBN 978-602-61666-1-6 harga normal Rp 290.000,-

ISBN Buku Website Gratisan Pencetak Uang 978-602-61666-2-3 harga normal Rp 480.000,-



JOIN AGEN FREE

JOIN RESELLER FREE DAN BIMBINGAN SAMPAI BERHASIL

JOIN RESELLER FREE BIMBINGAN SAMPAI BERHASIL

PUSAT DESAIN WEBSITE

JASA WEB DESAIN PROFESIONAL 082226009834 (WA Only)

JASA WEB DESAIN PROFESIONAL 082226009834 (WA Only)

Arsip Konten

JASA PEMBUATAN WEBSITE MURAH 082226009834 (WA Only)

JASA PEMBUATAN WEBSITE MURAH 082226009834 (WA Only)

JASA DESAIN WEB MULAI 150.000

Follow by Email

Translate

Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Informasi

Jumat, 08 September 2017

Faktanya : Ada orang anti bank syariah dan pro bank konvensional

Share & Comment

Faktanya : Ada orang anti bank syariah dan pro bank konvensional

Beberapa orang tentunya ingin memahami tentang riba dari berbagai sudut pandang. Apalagi jika berbicara tentang bank syariah atau bank konvensional. Karena, fakta di lapangan riba ini sulit dibedakan meskipun itu pelaku dari bank syariah atau bank konvensional.

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Ketika sedang telusur-telusur komentar di situs pengusahamuslim.com, saya tertarik dengan satu komentar yang saya anggap sangat menarik. Yang intinya dia mengkritik, mengapa pengusahamuslim.com cenderung pro-bank konvensional, anti-bank syariah. Bank syariah dibantai habis, bank konvensional dijunjung tinggi.

Ketika orang menelusuri berbagai tulisan di situs pengusahamuslim.com, dia akan berkesimpulan, kritik pengusaha muslim terhadap bank syariah, jauh lebih banyak dibandingkan kritik untuk bank secara umum. Namun kesimpulan ini jelas sangat salah jika diturunkan menjadi kesimpulan lain bahwa pengusaha muslim cenderung pro-bank konvensional, anti-bank syariah.

Satu prinsip pengusaha muslim yang perlu anda beri garis tebal atau bila perlu anda tambahkan highlight bahwa pengusaha muslim berlepas diri dari semua bentuk riba, zahiran wa batinan (lahir batin), riba jali maupun khafi (yang nampak, maupun yang samar), riba di bank konvensional maupun syariah, riba di perbankan maupun di pasar tradisional, riba di daratan maupun di lautan (jika ada transaksi riba di kapal), termasuk riba di bumi maupun di udara (jika ada transaksi riba di pesawat). Pengusaha muslim sama sekali tidak akan pernah merestui bentuk transaksi riba apapun, dimanapun dan sampai kapanpun.
Riba Bank Syariah = Riba Bank Konvensional

Riba tetap riba, sekalipun pelaksananya seorang santri. Riba tetap riba, sekalipun milik Pak Kyai. Baik riba di bank konvensional, maupun riba di bank syariah, keduanya statusnya sama. Sama-sama riba yang hukumnya haram.
Seperti yang banyak disimpulkan dalam berbagai artikel di pengusaha muslim, banyak produk bank syariah yang masih berjibun riba.

Anda bisa pelajari beberapa kumpulan artikel itu di: Google.com

Bahkan kenyataan ini diakui sendiri oleh banyak praktisi bank syariah, bahwa sejatinya, bank syariah hanyalah peralihan dari bank konvensional, berikut sistem ribanya. Sekalipun ada yang bersedia bertaubat dan memilih keluar, dan ada yang masih tetap bertahan. Tapi apapun itu, sejatinya bank syariah tidak jauh berbeda dengan bank konvensional.
Mengapa Bank Syariah yang Dipermasalahkan?

Mengapa kritik terhadap bank syariah lebih banyak ditekankan dibandingkan kritik untuk bank konvensional? Barangkali ini yang banyak dipermasalahkan sebagian pembaca.

Tapi itulah bagian dari tugas pendidik, mengajarkan yang belum diketahui dan menekankan terhadap yang sudah diketahui. Prinsip semacam ini, merupakan metode Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika mendidik para sahabat. Beliau banyak mengingatkan yang jarang disadari masyarakat, dan mengulang-ulang serta menekankan sesuatu yang sering dilalaikan.
Ketika beliau menjelaskan tentang bahaya riya, syirik kecil, beliau mengingatkan bahwa syirik kecil itu lebih beliau takuti menimpa sahabat,

إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمُ الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ

“Hal yang paling aku takutkan menimpa kalian adalah syirik kecil…” (HR. Ahmad 23630, dinilai hasan oleh Syuaib Al-Arnauth).

Ketika beliau menjelaskan tentang bahaya khamr, beliau tidak hanya melarang khamr, namun beliau sebutkan ada 10 orang yang terlaknat karena khamr.
Beliau bersabda,

لَعَنَ اللَّهُ الْخَمْرَ وَشَارِبَهَا وَسَاقِيَهَا وَبَائِعَهَا وَمُبْتَاعَهَا وَعَاصِرَهَا وَمُعْتَصِرَهَا وَحَامِلَهَا وَالْمَحْمُولَ إِلَيْهِ . زَادَ جَعْفَرٌ فِى رِوَايَتِهِ : وَآكِلَ ثَمَنِهَا

“Allah melaknat khamr (minuman keras), peminumnya, penuangnya (penlayannya), penjualnya, pembelinya, pemerasnya (pabriknya), orang yang minta diperaskan (agen), pembawanya (distributor), dan orang yang dibawakan kepadanya.” Ja’far dalam riwayatnya menambahkan “Dan pemakan hasil penjualannya.” (Hadis Ibnu Umar dikeluarkan oleh Abu Dawud no. 3674 —dishahihkan oleh Al-Albani—, Al-Hakim no. 7228, ia berkata sanadnya shahih, dan Al-Baihaqi no. 10828, lafal ini bagi Al-Baihaqi)

Ketika beliau mengingatkan bahaya riba, beliau tidak hanya melarang riba, namun beliau melaknat semua pihak yang memiliki andil terwujudnya riba,

Ali bin Abi Thalib mengatakan,

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَةً: آكِلَ الرِّبَا، وَمُوكِلَهُ، وَكَاتِبَهُ، وَشَاهِدَيْهِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat 10 orang: pemakan riba, pemberi makan riba, dua saksi transaksi riba, dan orang mencatat transaksinya.” (HR. Ahmad 635).

Demikian pula yang diterapkan pengusaha muslim untuk kasus riba. Pengusaha muslim mengingatkan ancaman besar bahaya riba secara umum, dan menjelaskan beberapa praktek riba yang jarang disadari masyarakat.

Masyarakat muslim yang peduli bahaya riba telah sepakat, bank konvensional adalah salah satu sumber riba di indonesia, sehingga merekapun sadar untuk anti terhadap bank konvensional. Berbeda dengan bank syariah. Mereka yang kurang bisa membedakan mana riba dan bukan riba, akan menggunakan berbagai produk bank syariah, padahal masih penuh dengan riba.

Jika kenyataan ini dibiarkan, masyarakat hanya akan berpindah dari satu riba ke riba yang lain. Sehingga menyadarkan masyarakat tentang berbeagai bentuk riba di bank syariah, lebih mendesak dibandingkan riba di bank konvensional. Karena mengajarkan sesuatu yang jarang disadari, lebih sulit dibandingkan mengajarkan sesuatu yang disepakati.

Pengusaha muslim tetap dalam pendiriannya, berlepas diri dari semua bentuk riba. Dan mengingat praktek riba di bank syariah banyak tidak disadari, ini lebih sering diperingatkan dibandingkan praktek riba di bank konvensional. Untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat, sejatinya bank syariah maupun bank konvesional sejatinya adalah sama.

Allahu a’lam

PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Sumber : pengusahamuslim.com
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

 

Popular Content

Administration
Jl. Ir. Soekarno, no. 183 Kota Blitar, Jawa Timur

Course

Jl. Sentot Prawirodirjo Kota Blitar, Jawa Timur

Nomor Rekening Pembayaran :

Atas Nama Mahasika Yulanda
No.Rek BCA 0901107474
Kode Bank : 014

Recent Posts




https://api.whatsapp.com/send?phone=6282226009834&text=Saya%20ingin%20belajar%20dan%20konsultasi%20tentang%20panduan%20bisnis%20online%20jangka%20panjang%20ini
Anda bisa mendapatkan ebook karya M. Andis Wiyanto dari hasil praktek dan belajar bagi siapa saja yang ingin belajar memperoleh penghasilan dari internet. Anda memperoleh bimbingan, konsultasi FREE secara private sampai Anda berhasil selama kami dan tim mampu memberikan pelayanan maksimal untuk Anda. Penulis saat ini menjalankan bisnis online dengan beberapa bidang dengan produk antara lain yaitu kaos, percetakan, desain, sepatu, website, kursus, sambel pecel, buku, tikar, kosmetik, suplemen herbal, dan lain-lain. Anda bisa download GRATIS beberapa modul yaitu tentang Cara Mendulang Uang dengan Blog, Kunci Monestisasi Blog, Kunci Sukses Promosi Website, Menghasilkan Dollar Lewat Adsense, Panduan Etika Dalam Berinternet, Panduan Lengkap Agar Blog Anda Sakti dan Perkasa, Promosi Blog Spektakuler, Strategi Pemasaran Lewat Email, Tips agar Blog Disukai Search Engine, Tips Mempopulerkan Blog untuk Pemula, Tips Sukses Menjadi Affiliater, Yang Perlu Disiapkan untuk Bisnis Lewat Blog.

Why to Choose RedHood?

Copyright © Jasa Pembuatan Website Profesional | Toko Online | Web Design Custom | Digital Marketing | Designed by Templateism.com | Published by GooyaabiTemplates.com