Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Faktor-faktor Penyebab Peminat Investasi Reksa Dana Masih Kurang

Dalam beberapa informasi, ada beberapa bidang investasi maju pesat seperti investasi di bidang kayu, properti dan juga minyak. Namun, ada beberapa sektor investasi yang masih kurang laku atau masih sedikit peminatnya yaitu seperti investasi reksa dana. Hal itu terjadi karena beberapa hal, antara lain ada di bawah ini:

Reksa dana adalah salah satu produk investasi yang menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan kembali ke dalam portofolio efek oleh Manager Investasi (MI).

Di Indonesia, produk investasi ini telah dikenal sejak 1995, namun hingga saat ini persentase masyarakat Indonesia yang berinvestasi dalam keranjang reksa dana masih sangat kecil. Dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia, penetrasi pasar reksa dana baru berkisar 1 persen.

Padahal, reksa dana dapat berkontribusi besar dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

Pengamat ekonomi Samuel Sekuritas Indonesia Lana Soelistianingsih mengatakan, minimnya jumlah peminat investasi reksa dana dalam negeri disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat tentang layanan investasi tersebut karena pada dasarnya memang tidak mudah dipahami layaknya investasi dalam deposito.

"Masyarakat Indonesia belum banyak berinvestasi di reksa dana karena produknya reksa dana memang tidak gampang dimengerti," kata Lana kepada Okezone di Jakarta.

Selain itu, menurutnya, minimnya penetrasi pasar reksa dana di Indonesia akibat ketakutan masyarakat menerima risiko meskipun potensi return reksa dana cukup besar.

Instrumen investasi ini memang memiliki risiko karena dana yang dikumpulkan dari investor dikelola dalam pasar modal yang setiap saat hasilnya selalu berfluktuasi, namun menurutnya dalam jangka panjang investasi reksa dana sangat tepat karena selain akan mendatangkan return yang cukup besar, fluktuasi sesaat tidak akan berpengaruh pada tujuan investasi jangka panjang.

okezone.com
 
Top