KLIK DI SINI untuk mengetahui PANDUAN, BIMBINGAN GRATIS sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Faktor Penyebab Orang Lebih Senang Belanja Online

Saat ini, belanja melalui media online sangat diminati banyak orang. Padahal dahulu belanja melalui online ini kurang begitu diminati warga Indonesia, namun sekarang malah belanja melalui online sangat diminati banyak orang. Ada beberapa penyebab sehingga orang Indonesia lebih suka belanja melalui online.

Survei yang dilakukan di 14 negara di Asia Pasifik ini juga mengungkap ada tiga faktor utama yang menentukan keputusan konsumen melakukan transaksi belanja online.

Pertumbuhan pengguna internet yang melakukan transaksi belanja online di Indonesia kian pesat. Namun pertumbuhan ini tidak diikuti dengan pertumbuhan pembayaran transaksi elektronik menggunakan kartu kredit atau uang digital.

Menurut keterangan resmi yang diterima, sebuah studi yang dilakukan oleh Master Card Online Shopping Behavior Study menunjukkan, sistem konvensional seperti uang tunai masih mendominasi sistem pembayaran belanja online di Indonesia. Sebanyak 37,9 persen masih menggunakan pembayaran tunai, diikuti dengan transfer tunai antar bank dengan 27,5 persen.

Survei yang dilakukan di 14 negara di Asia Pasifik ini juga mengungkap ada tiga faktor utama yang menentukan keputusan konsumen melakukan transaksi belanja online. Sekitar 92,6 persen merasa metode pembayaran yang nyaman, 92,2 persen kecepatan transaksi, dan 92 persen lainnya menyebut fasilitas pembayaran yang aman menjadi pertimbangan saat berbelanja.

Ketiga faktor itu tentu belum dapat diakomodir jika menggunakan metode pembayaran konvensional. Dalam studi yang sama, MasterCard juga mengungkapkan kebiasaan masyarakat Indonesia saat memutuskan untuk berbelanja melalui jalur online.

Sekitar 83,9 persen masyarakat Indonesia memilih belanja online karena ada penawaran yang menarik. Penawaran berupa potongan harga, undian berhadiah atau adanya pembebasan ongkos kirim dari pihak penjual.

Selain itu, ada pula faktor pendukung eksternal. Seperti biaya pengganti untuk tenaga, waktu yang hilang saat berkeliling, BBM yang dibakar saat terjebak macet. Kondisi itu cenderung cukup tinggi dibandingkan dengan sumber daya yang dibutuhkan saat duduk untuk melakukan belanja online.

"Dengan dukungan infrastruktur jaringan yang kuat serta kemitraan dengan bank-bank di tanah air, MasterCard selalu berusaha memberikan solusi pembayaran elektronik yang cepat, aman dan nyaman. Sehingga keefektifan dan efisiensi yang ditawarkan online shopping dapat dirasakan konsumen Indonesia serta berkontribusi terhadap program Bank Indonesia yakni Less cash society," ujar Country Manager MasterCard Indonesia Irni Palar. (Ism)

Sumber : Dream.co.id
 
Top