Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Fitch Menegaskan Bahwa Indonesia Layak Investasi dan Sangat Menguntungkan

Dari beberapa tahun yang lalu, Indonesia berusaha membangun infrastruktur untuk bisa menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Hasil kerja keras dan jerih payah Indonesia kini berbuah manis karena Fitch telah memberikan pengakuan dan penghargaan kepada Indonesia bahwa di Indonesia sudah layak investasi.

Fitch Ratings menegaskan kembali peringkat kredit Indonesia di level BBB- dengan outlook stabil atau layak investasi (Investment Grade), seiring dengan terjaganya stabilitas ekonomi nasional.

Dalam siaran persnya, Kamis (13/11), Fitch menyebutkan beberapa faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi peringkat kredit Indonesia, antara lain konsistensi dan kehati-hatian kebijakan stabilisasi ekonomi yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan Pemerintah dalam merespon tekanan eksternal dan domestik.

Fitch juga mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tercatat lebih tinggi dan stabil dibandingkan dengan negara lain selevel. Perbaikan defisit transaksi berjalan seiring dengan meningkatnya surplus neraca perdagangan non-migas juga menjadi catatan posistif Fitch.

Selain itu, transisi pemerintahan yang berjalan lancar, serta komitmen pemerintahan baru untuk melanjutkan kebijakan reformasi struktural dan memperbaiki iklim investasi turut memperkuat keyakinan Ficth untuk mengukuhkan posisi investment grade Indonesia. Pertimbangan Ficth lainnya adalah postur fiskal yang sehat dibandingkan negara selevel serta adanya ruang fiskal yang lebih besar untuk investasi dan perbaikan transaksi neraca berjalan seiring rencana pemangkasan subsidi BBM. Kemudian, permodalan yang kuat dan kualitas aset perbankan yang baik juga menjadi dasar penilaian.

Fitch meyakini pemerintahan Joko Widodo akan secara konsisten meneruskan upaya reformasi struktural, termasuk percepatan pembangunan infrastruktur, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang. Namun, Fitch menilai masih diperlukan perbaikan pada sektor eksternal, kepastian politik, dan peningkatan iklim usaha.

Agus D.W. Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia, menyatakan afirmasi Fitch menegaskan kembali pengakuan terhadap komitmen Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi di tengah ketidakpastian global. Menurutnya, kebijakan otoritas dalam menjaga stabilitas perekonomian di tengah guncangan eksternal sudah tepat menurut penilaian Fitch.

"Respon kebijakan yang ditempuh otoritas telah memberikan hasil positif yang dapat menjawab concern lembaga rating maupun investor secara umum”, ujarnya di Jakarta, Kamis (13/11).

Fitch sebelumnya telah melakukan afirmasi atas Sovereign Credit Rating Indonesia pada BBB-/stable outlook pada tanggal 15 November 2013.

Sumber : Jakarta, CNN Indonesia
 
Top