Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Investasi dari Malaysia dan Singapura Menjadi Negara Teratas di Daftar Peringkat Negara Asal Realisasi Investasi di Indonesia




Banyak sekali negara di dunia yang berminat melakukan investasi di Indonesia. Hal itu terjadi karena Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa yang tidak dimiliki di negera lain. Oleh sebab itu, Indonesia menjadi tempat yang sangat menguntungkan untuk investasi bagi pihak yang mengetahui dan memahaminya. Terbukti dengan adanya pernyataan dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani yang memberikan ungkapan bahwa pihaknya fokus menyasar investasi dari Malaysia dan Singapura karena proporsinya mencapai 97 persen dari keseluruhan realisasi investasi negara-negara ASEAN.

"Malaysia menjadi fokus pemasaran investasi ke ASEAN melihat tren realisasi dan komitmen negara tersebut yang cenderung meningkat," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (25/2/2016).

BKPM mencatat, realisasi investasi Malaysia pada 2015 sebanyak 913 proyek dengan nilai investasi USD3 miliar, tumbuh 73 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Demikian pula nilai komitmen investasi dari Malaysia pada periode yang sama mencapai USD5,5 miliar, naik 148 persen dari capaian tahun sebelumnya senilai USD2,2 miliar.

"Sementara Singapura telah lama merupakan sumber investasi Indonesia. Untuk itu kantor perwakilan BKPM di Singapura akan fokus untuk mengawal strategi pemasaran ini," ujarnya.

Franky menuturkan, selain melakukan pemasaran investasi untuk Singapura, pihaknya juga lebih fokus untuk menarik minat investasi dari Malaysia dengan tambahan tim Marketing Officer yang khusus menangani negeri jiran tersebut.

Dalam catatan BKPM, realisasi investasi dari ASEAN yang masuk ke Indonesia pada 2015 naik 15 persen menjadi USD9,1 miliar dari sebelumnya USD7,93 miliar.

Ada pun dari sisi komitmen investasi, negara-negara anggota ASEAN pada tahun 2015 mencatatkan kenaikan 79 persen mencapai USD22 miliar dari posisi tahun sebelumnya USD12,3.

Dua negara anggota ASEAN, Singapura dan Malaysia, merupakan negara teratas di daftar peringkat negara asal realisasi investasi.

(rhs)

Sumber : JAKARTA - 
 
Top