KLIK DI SINI untuk mengetahui PANDUAN, BIMBINGAN GRATIS sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Jangan jadi reseller selamanya dari Fahmi Hakim dalam Membangun Bisnis Online!  


Iya saya ulang ya... "Jangan jadi reseller selamanya"

Mungkin kalimat diatas adalah kalimat yang pas untuk saya sampaikan kepada anda.

Jika saat ini anda adalah seorang reseller... Maka, jangan niatkan untuk selamanya jadi reseller. Lho kenapa?

Karena anda akan terus bergantung ke pemilik produknya. Dan setelah reseller semakin banyak, anda juga akan semakin bersaing karena pasarnya sudah menjadi berdarah - darah ( Ketat ).

Mungkin anda harus saling besar - besaran diskon, besar - besaran bonus supaya orang tertarik belanja di anda.. banting2an harga. Capek!

Dan yang terpenting, anda tidak akan punya brand sendiri. Tidak akan dikenal. Yang dikenal adalah pemilik brand nya.. bukan anda.

Jadi, saran saya jangan niatkan untuk jadi reseller selamanya. Niatkan untuk menjadi BRAND OWNER. Anda sendiri yang membangun brand.

Jangan salah arti yaa.. Saya bukan melarang anda jadi reseller! Sama sekali ngga.. toh saya pun dulu adalah seorang reseller. Menjualkan produk kacamata dari supplier.

Sebelum membangun brand HotGlass www.hotglass.co.id yang baru seumur jagung, anak kemarin sore, saya adalah reseller selama 4 tahun lebih! Membeli stock dari supplier untuk dijual kembali..

Nah tapi jangan sampai terlena terus menerus jadi reseller. Niatkan untuk menjadi brand owner dan anda sendiri yang membangun jaringan reseller..

Kenapa perlu membangun brand? Anda akan menciptakan pasar sendiri.. Selain itu E-Commerce Indonesia juga sudah di kepung oleh asing.. maka anda wajib bersaing dengan membangun BRAND yang bergengsi.

Dan bisnis anda juga perlu bertumbuh.. Jadi brand yang besar, anda sendiri yang membangun jaringan reseller, dari brand tersebut bisa menghidupi 7 keturunan kelak.. Dan ada sesuatu yang sedang dibangun..

Bayangkan jika terus menerus jadi reseller... Anda sedang tidak membangun apapun, anda bersaing semakin ketat, dan masih banyak lagi..

Lalu, bagaimana jika saat ini anda posisinya masih reseller?

Gak masalah. Catat lagi ya : Saya dulu 4 tahun lebih jadi reseller sebelum membangun brand Hotglass.

Dan memang disarankan untuk jadi reseller aja kalo belum matang.

Saya mau kasih tips untuk anda apa yang harus anda lakukan dari seorang reseller menjadi brand owner?

Boleh catat point - point saya dibawah ini :

1. Manfaatkan posisi reseller anda saat ini untuk melatih SKILL JUALAN.

Nah upayakan posisi anda saat ini yang sebagai reseller, jadikan ajang latihan. Melatih skill jualan anda. Supaya terbiasa dan ketemu pola "Bagaimana Caranya Jualan Sampai Laris".

Skill jualan ini sangat penting untuk anda latih. Karena bisnis anda ujung tombaknya adalah dibagian penjualan.

Sehingga ini akan jadi bekal saat launch produk anda sendiri nanti.

2. Manfaatkan untuk mengumpulkan DATABASE PELANGGAN ( List Building ). Baik itu kontak BBM, LINE@, Email, WA, dll

Ini juga bagian terpenting. Jangan sampai anda ASAL JUALAN. Walaupun saat ini posisinya sebagai reseller, anda bisa mengumpulkan kontak pelanggan. Bisa di BBM, LINE@, WA, EMAIL LIST, dll.

Sehingga ini akan jadi harta karun anda..

Bayangkan jika anda punya ribuan list kontak? Ketika nanti anda meluncurkan brand sendiri, enak. tinggal broadcast ke database pelanggan anda tersebut. Jadinya gak terlalu susah. Karena anda sudah berternak DATABASE.

3. Baca perilaku pasar. Produk apa yang terlaris? Berapa kemampuan pasar anda membeli produk anda?

Anda juga perlu membaca perilaku pasar. Produk apa yang paling sering dibeli.. Sehingga ini akan jadi acuan anda. kedepannya anda bisa menjual produk yang polanya sama.

Seperti saya, dulu menjual kacamata dari luar.. dan saya tau produk mana yang terlaris.. Sehingga saat meluncurkan produk sendiri dengan brand HOTGLASS, saya sudah tau produk seperti apa yang laris dipasaran. Tinggal di duplikasi polanya.. Dan terbukti, begitu launch langsung LARIS. Karena pasar sudah jelas SUKA.

Kalo kita buat produk dengan tebak - tebakan, anda harus mengedukasi lebih dalam lagi.. repot!

Jika anda saat ini jadi reseller makanan, hijab, coba baca pasarnya.. "mereka suka apa". Nah kemudian anda bisa selanjutnya jualan produk yang diminati oleh pasar anda. Tidak perlu sama produknya dengan supplier anda.. tapi anda juga bisa membuat produk lain yang pasarnya serupa.

Paham kan ya? Kalo belum paham, coba tepuk jidatnya! :D

4. Bangun kedekatan dengan pelanggan anda

Ini juga bagian terpenting. Saat ini, diposisi anda sebagai reseller, upayakan terbangun kedekatan dengan para pelanggan anda. Untuk membangun kedekatan bisa dengan membuat sapaan khusus dan pelayanan yang ramah.

Sehingga ini akan jadi RAPORT dimata pelanggan anda. Anda akan lebih dipercaya. Sehingga ketika menawarkan produk anda sendiri dikemudian hari, pelanggan anda SIAP MEMBELI.

5. Atur keuangan, kumpulkan modalnya

Terakhir, tentu posisi anda sebagai reseller jadikan sebagai ajang mengumpulkan modal. Karena untuk menjadi brand owner memang anda pelru modal yang lebih banyak dibanding saat anda menjadi reseller.

Posisi anda saat ini sebagai reseller, tekuni.. sampai omset anda besar. Tujuannya apa? Tujuannya untuk mengumpulkan modal membangun brand anda sendiri.

Dan setiap kali ada keuntungan, kelola. Jangan sampai habis!

Jika anda saat ini masih jadi reseller, gak masalah.. jalani aja. Asalkan jangan niatkan untuk jadi reseller selamanya. Tapi manfaatkan untuk 5 hal diatas. Sehingga 5 hal diatas akan jadi bahan anda untuk membangun BRAND sendiri.

Bagaimana kisah saya dalam membangun BRAND HOTGLASS? Tanpa investor, tanpa cicilan bank. Yang dulunya hanya Reseller dan minim modal? Tapi koq berani - berani nya bangun Hotglass yang biaya produksinya ratusan ribu per-pcs.

Nantikan videonya.

Semoga bermanfaat. Silahkan renungkan.

Your Brother,

Fahmi Hakim
 
Top