Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Republik Ceko Saling Memperkuat Hubungan Dagang dan Investasi pada Tahun 2016




Banyak agenda yang telah dilaksanakan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan keadaan ekonomi di Indonesia. Pemerintah terus berusaha untuk memperkuat hubungan dagang dan investasi supaya keadaan ekonomi di Indonesia semakin baik dan penduduk Indonesia semakin sejahtera melalui perdagangan dan investasi. Karena terbukti nyata bahwa keadaan ekonomi Indonesia menjadi semakin baik dengan hubungan bisnis dan investasi antara satu negara dengan negara yang lain.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar acara " Indonesian-Czech Business Seminar 2016". Acara ini dihadiri oleh perwakilan perusahaan dari Republik Ceko, nama perusahaan yang berpatisipasi adalah Cesky Porcelan, Hana Co.ltd, Skoda Praha, Top Hotel, URC System, G-Servis Praha dan Omnipol.

Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani mengatakan hubungan dagang Indonesia dan Republik Ceko perlu ditingkatkan karena kedua negara mempunyai kesamaan yaitu negara berkembang.

Selama ini, Indonesia hanya memperkuat hubungan dagang dengan negara Asia dan Amerika tetapi tidak pernah mengoptimalkan hubungan dagang dengan negara Eropa Timur termasuk dengan Republik Ceko. Selain itu, hubungan investasi antara Indonesia dan Republik Ceko belum terlalu kuat.

Ia mengatakan acara Indonesian-Czech Business Seminar ini bertujuan untuk memperkuat hubungan dagang dan investasi antara Indonesia dan Republik Ceko.

Acara ini juga dijadikan sebagai ajang tatap muka dan saling mengenal antara pengusaha Indonesia dan Pengusaha dari Republik Ceko.

Ia mengatakan Republik Ceko sangat kuat dengan sektor pertanian dan Informasi Teknologi (IT) sementara Indonesia juga kuat di sektor pertanian dan UKM.

Ia menjelaskan jika hubungan dagang dan investasi Indonesia dan Republik Ceko terus diperkuat maka kedua negara bisa saling membutuhkan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani mengatakan hubungan dagang Indonesia dan Republik Ceko masih sangat rendah. Pada tahun lalu, nilai perdagangan kedua negara mengalami penurunan.

Menurut dia, Kadin berinisiatif untuk menggelar business meeting agar hubungan dagang dan investasi antara Indonesia dan Republik Ceko semakin kuat.

Indonesia bisa bekerjasama dengan Republik Ceko dalam bidang IT karena Republik Ceko sangat kuat dengan IT. Ia mengatakan Indonesia juga bisa menjadikan Republik Ceko sebagai pasar tujuan ekspor.

"Banyak hal yang dibahas dalam acara ini, pada intinya saling menjajaki dan membina hubungan baik," ujar dia.

Ia mengatakan salah satu investasi terkuat Republik Ceko di Indonesia adalah investasi di sektor alas kaki dengan merek Bata, dan di sektor tekstil, di luar itu, Republik Ceko belum memiliki investasi besar. Shinta berharap setelah acara business meeting, hubungan dagang dan investasi antara kedua negara berlanjut.

 Investor Daily

Ridho Syukro/FMB

Sumber : beritasatu.com
 
Top