KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Manfaat dan Kegunaan Green Computing




 Pada saat ini, kemajuan informasi dan teknologi berkembanf sangat pesat di berbagai belahan dunia. Hampir semua kegiatan manusia banyak menggunakan teknologi informasi. Teknologi informasi ini pun menjadi sangat dibutuhkan karena memberikan kemudahan yang ditawarkan untuk membantu kegiatan manusia. Namun, tidak lepas dari semua itu, ternyata teknologi informasi yang kita gunakan bisa merusak lingkungan bahkan generasi penerus kita (bangsa Indonesia). Maka dari itu, kita harus memanfaatkan dan memilih produk teknologi informasi dengan baik dan bijaksana.

Sejak tahun 1992 istilah Green Computing sudah sangat familiar di dunia IT. Green computing merupakan perilaku menggunakan sumber daya komputasi secara efisien, dengan cara memaksimalkan efisiensi energi, memperpanjang masa pakai perangkat keras, meminimalkan penggunaan kertas, dan beberapa hal teknis yang lain.

Di halaman ini, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita bisa menerapkan Green Computing, yaitu : 
1. Mewujudkan ramah lingkungan
2. Terhindar dari Krisis listrik berkelanjutan
3. Penghematan Kertas di Indonesia
4. Memelihara Lingkungan agar menjadi lebih baik dan higienis
5. Memperpanjang masa pakai perangkat keras
6. Menghemat daya dan mengurangi tagihan listrik yang ada
7. Masih banyak lagi manfaat yang kita peroleh jika kita bisa menerapkan green computing.

Sekarang pemerintah telah melakukan penerapan Green Computing khususnya pada perusahan – perusahaan yang bergerak di bidang IT. Akan tetapi di kalangan masyarakat sendiri yang menggunakan teknologi informasi Green Computing ini masih belum banyak diterapkan. Hal itu terjadi karena minimnya kesadaran dan pengetahuan akan manfaat dari Green Computing ini. Untuk bisa segera menerapkan Green Computing, ada beberapa cara untuk menerapkannya yaitu :
1. Kita seharusnya lebih teliti dalam membeli perangkat, pastikan lulus uji hemat energi dan lingkungan.
2. Mengurangi atau  menghindari mencetak e-mail atau dokumen elektronik.
3. Mencetak (print) dokumen yang tidak penting secara bolak-balik.
4. Memanfaatkan e-mail untuk menggantikan fax dan sirkulasi dokumen.
5. Matikan komputer/alat-alat lain yang tidak digunakan tepat pada waktunya.
6. Gunakan layar monitor sesuai dengan kebutuhan anda.

Kita orang pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang radar akan tanggung jawab sudah manjadi kewajiban kita untuk peduli terhadap lingkungan. Terutama pada masalah krisis energi pada akhir-akhir ini. Sebenarnya penerapan Green Computing ini tidak sulit dilakukan, dengan mematikan computer kita jika tidak digunakan sudah cukup sebagai langkah awal penerapan Green Computing. Hal ini memang terlihat sederhana namun jika diterapkan oleh seluruh orang di dunia, maka energi yang dihemat sangatlah besar. Semakin banyak teknologi yang kita pakai semakin banyak pengetahuan kita akan pemanfaatan energy. Segera dukung untuk melakukan green computing. Hal lain yang bisa membantu terlaksananya Green Computing yaitu dengan menanam pohon juga bisa.
 
Top