KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

OJK Secepatnya Menyelesaikan aturan Investasi bagi Investor Kecil di Pasar Modal

OJK memberikan peluang bagi investor kecil untuk bisa berinvestasi di pasar modal. Hal ini sungguh luar biasa karena dengan adanya aturan ini akan mempermudah para investor kecil bisa mengikuti dan mendapatkan hasil investasi di pasar modal. Tidak hanya orang kaya saja, namun dengan adanya program untuk mempermudah investasi bagi investor kecil bisa juga untuk memberikan pendidikan secara tidak langsung bahwa di pasar modal bisa mendapatkan banyak keuntungan bagi siapa saja yang mengikutinya dan masyarakat banyak bisa menikmati hasilnya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal mengeluarkan aturan Know Your Costumer (KYC) bagi calon investor pasar modal. Aturan ini disebut akan memudahkan investor kecil untuk menanamkan modalnya di bursa.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida mengatakan aturan tersebut baru akan dikeluarkan minggu depan. Dalam aturan itu tercantum tentang perbedaan perlakuan investor besar dan kecil.

"Saat uji tuntas misalnya, jika investor besar harus mengikuti semua tahapan, tak demikian dengan investor kecil," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (14/11).

Peraturan ini mirip dengan peraturan yang sudah dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pasar Modal dan lembaga Keuangan dengan nomor V.D.10. Tahun 2010. Tujuannya untuk menyederhanakan prosedur berinvestasi.

Dalam peraturan itu, kata Nurhaida, ada beberapa bagian yang disederhanakan sehingga memudahkan masyarakat yang akan berinvestasi di pasar modal. "Yang kami revisi, misalnya, tentang keharusan tanda tangan langsung pada saat membuka rekening," jelas dia.

Nantinya dimungkinkan uji tuntas (due diligence) bisa dilakukan di kemudian hari setelah pembukaan rekening. Kebijakan ini juga sejalan dengan upaya OJK untuk menambah jumlah investor di pasar modal.

Saat ditanya tentang kriteria jenis investor, Nurhaida mengatakan bahwa hal itu masih dikaji. Menurut dia, kebijakan yang bertujuan meningkatkan kualitas perdagangan juga pernah dilakukan sebelumnya.

"Salah satunya dengan memperkecil jumlah satuan lot saham yang diperdagangkan. Sebelumnya satu lot saham yang berisi 500 lembar disederhanakan menjadi hanya 100. Aturan ini mampu meningkatkan transaksi perdagangan," tutupnya

Sumber : MERDEKA.COM. , yahoo.com
 
Top