KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Pemanasan Global Mengakibatkan Es di Antartika Barat Meleleh


Dampak global warming sangat membahayakan Bumi. Jika itu terus terjadi, maka bumi bisa tenggelam. Pemanasan global mengakibatkan es di Antartika Barat meleleh. Kondisi ini dapat memicu kenaikan permukaan laut hingga tiga meter dalam waktu cepat di luar perkiraan sebelumnya. "Bagian besar dari lapisan es di Antartika Barat meleleh dan tak bisa kembali," ucap Eric Rignot, Profesor di University of California.

Eric menjelaskan kondisi es yang meleleh tersebut tak dapat dihentikan. Tak ada bukit besar di balik lapisan es yang bisa menahan air dari es yang meleleh untuk tak mengalir ke laut. Rignot, yang merupakan peneliti es kutub di Jet Propulsion Laboratory, menggali data satelit mengamati dengan pesawat dan kapal, serta mensurvei langsung es Antartika.

Hasil riset mengungkapkan, pelelehan es di Pine Island melambat beberapa tahun terakhir. Pine Island merupakan sebuah lapisan es besar yang mencakup sekitar 10 persen dari total es di wilayah tersebut. Namun, itu terjadi karena pelelehan cepat telah terjadi bertahun-tahun sebelumnya. Di sisi lain, berdasarkan data sejak 2006, pelelehan di Thwaites, bongkahan es di dekat Pine Island yang dulunya memiliki luas lebih dari 2 km berlangsung semakin cepat. Hal ini terkait perubahan iklim yang tak terlepas dengan ulah manusia, yang diantaranya menggunakan bahan bakar.

Hal senada juga diungkapkan oleh Thomas P. Wagner, kepala program NASA untuk Antartika. Menurutnya, penyebab mencairnya lapisan es Antartika karena terjadi peningkatan suhu di kedalaman laut akibat pemanasan global. "Tidak ada yang menghentikannya sekarang. Tetapi Anda masih bisa memperkirakan seberapa cepat es mencair dengan ilmu fisika," jelas Thomas.

Global Warming memang makin berdampak buruk. Akibat semakin menjadinya perilaku manusia yang merusak lingkungan seperti pembalakan liar dan pembuangan gas berbahaya ke udara membuat suhu semakin tinggi. Melelehnya es di kutub juga akibat hal ini. Indonesia pun akan terkena dampaknya apbila hal ini terus terjadi.


Menurut Dinas Perikanan dan Kelautan, diperkirakan dalam 25 tahun ke depan lebih dari 2000 pulau akan tenggelam. Ini tentu saja sangat mengkhawatirkan. Oleh karena itu setiap manusia di dunia harus berkontribusi untuk mengurangi pemanasan global yang terjadi saat ini.

Dengan adanya berita tersebut, maka penghijauan di Indonesia harus secepatnya di laksanakan. Green Warrior kini harus bekerja lebih demi untuk menyelamatkan bumi. Anda bisa menghubungi no.HP yang ada di website ini untuk bisa menjadi Green Warrior.

 Sumber : Bali Post edisi 40, 2-8 Juni 2014
 
Top