KLIK DI SINI untuk mengetahui PANDUAN, BIMBINGAN GRATIS sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Penjelasan dari Mbak Tri Widayanti tentang Harga Mahal dan Murah




Barang bagus, belum tentu laku. Ide hebat, belum tentu diterima. Semua perlu marketing. Apapun profesi kita, sempatkan belajar marketing. Syukur-syukur kalau punya mentor bisnis dan marketing. Nah, itu lebih bagus lagi.

Mampukah Anda membuat burger yang lebih enak daripada McDonald's? Mampukah Anda membuat rendang yang lebih enak daripada RM Sederhana? Lebih enak, yah mungkin saja. Tapi kalau lebih laku, belum tentu. Sekali lagi, belum tentu.

Bahkan kalau kita tanya langsung ke konsumen, sebagian malah nggak suka burger dan rendang tersebut. Tapi brand manakah yang lebih laku? Yah, brand tersebut. Ingatlah, bisnis bukan sekedar enak atau bagus. Ada marketing di sana. Ada strategi di sana.

Sejak lama saya mendalami ilmu-ilmu marketing, terutama buku-buku dari #PhilipKotler dan alhamdulillah sempat bertemu langsung dengan orangnya. Dicontohkan di buku-bukunya tentang produk-produk bagus yang tidak diterima di pasaran hanya karena mispromosi.

Kita pun salut sama Menteri Pariwisata Arief Yahya yang berhasil mengantarkan Indonesia memenangkan kompetisi Wisata Halal Dunia untuk berbagai kategori, di antaranya Lombok dan Sumatera Barat.

Saat mendalami marketing, setidaknya kita tahu tentang pentingnya keselarasan 4P (product, price, place, promotion), diferensiasi, dan segmentasi. Contoh saja, Shafira yang menyasar ke segmen atas, Zoya menengah, dan Mezzora bawah. Padahal produsennya sama, Shafco.

Mutu itu harus. Saya ulang, harus. Tapi, marketing juga harus. Jangan timpang.

Tulisan luar biasa dari mas Ippho Santosa.

Sekali lagi, apapun profesi kita, sempatkan belajar marketing. Salah satu manfaatnya, akan mencegah kita untuk melakukan perang harga atau banting-bantingan harga.

Selamat belajar dan semangat bertumbuh,

Update your life, upgrade your income

* Tri Widayanti
 
Top