KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Penjelasan FAB adalah singkatan dari Features, Advantages dan Benefits dari Deni Iskandar




Salah satu kegiatan utama seorang entrepreneur adalah jualan (selling). Nah, menjual produk atau jasa, tidak boleh mengabaikan apa yang disebut teknik FAB, Salah satu teknik menjual yang diyakini para praktisi sales mampu menyentuh sisi emosi pembeli sehingga para penjual mampu menjual lebih banyak.

FAB adalah singkatan dari Features, Advantages dan Benefits. Apa itu FAB, bagaimana menerapkannya dalam bisnis kita?

1. Feature adalah karakteristik/deskripsi teknis dari suatu barang atau jasa yang kita jual. Dengan menyampaikan karateristik, spesifikasi dan penjelasan tentang produk atau jasa, setidaknya kita telah menunjukkan bahwa penjual mengetahui betul tentang produk atau jasa yang ditawarkannya. Ini namanya product knowledge.

Contoh:

Smartphone ini mempunyai memori internal 64 GB.

2. Advantage adalah keunggulan atau kelebihan dari produk atau jasa. Kalau memakai istilah dari sisi pembeli, dia akan mengatakah: Prove it, yang artinya tunjukkan bahwa Feature yang Anda paparkan bisa dibuktikan.

Kembali ke contoh Smartphone di atas:

Dengan Memori yang besar, ini memiliki kemampuan untuk menyimpan data yang banyak.

3. Benefit adalah manfaat dari sebuah produk bagi si pembeli.

Contoh:

Bila Anda membeli Smartphone ini, maka Anda tidak akan kuatir kekurangan space untuk menyimpan koleksi foto, lagu dan video kesukaan Anda.

Jadi kalau kita mau merangkai FAB yang ada menjadi kalimat atau script penjualan, akan seperti ini.

Smartphone ini dilengkap dengan memori internal 64 GB (Feature) yang memfasilitasi Anda untuk menyimpan banyak data (Advantage) sehingga Anda dapat mengoleksi foto, lagu dan video (Benefit) dalam satu smartphone saja.

Contoh penjualan buku Facebook Marketing.

Feature: Strategy mendapatkan penghasilan lewat Facebook
Advantage: Akses ke webinar/video tutorial cara membuat iklan
Benefit: Anda akan dapat memulai usaha sendiri hanya menggunakan Facebook

Jadi, sekali lagi... kalau features bicara tentang diri kita, advantages bicara soal posisi kita di tengah kompetisi yang ada, maka benefits adalah bicara soal dari sisi pelanggan.

Selalu usahakan agar setiap kali kita menjual kita memahami apa yang menjadi sisi emosional dari pembeli. Karena tiap pembeli berbeda-beda dan tidak bisa disamaratakan. Inilah seninya menjual, tiap orang harus dihadapi dengan cara yang berbeda.

Kalau itu disentuh, maka kita sudah menjual dengan memakai bahasa pelanggan, dan kemungkinan kita untuk mendapatkan penjualan akan lebih besar.

Semoga bermanfaat.

Salam,
Deni Iskandar


 
Top