Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Penjelasan tentang 5 level Kepemimpinan dari Deni Iskandar



Kepemimpinan sejati bukan hanya masalah memiliki pekerjaan atau jabatan tertentu. Bahkan, jika Anda orang yang dipilih atau diangkat untuk menduduki posisi tertentu, itu baru pemimpin tingkat pertama dari lima tingkat dari setiap pemimpin yang efektif bisa capai.

Untuk menjadi lebih dari "bos" dari orang-orang yang terpaksa mengikuti perintah Anda karena Anda adalah atasannya, Anda harus menguasai kemampuan untuk berinvestasi pada orang dan mengilhami mereka. Untuk menjadi pemimpin yang efektif, Anda harus mencapai hasil dan membangun sebuah tim yang mampu menghasilkan kinerja yang tinggi.

Anda perlu untuk membantu orang untuk mengembangkan keterampilan mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan. Dan jika Anda memiliki keterampilan dan dedikasi, Anda dapat mencapai “Pinnacle Leader” - di mana pengalaman akan memungkinkan Anda untuk memperluas pengaruh Anda di luar jangkauan langsung Anda dan waktu untuk kepentingan orang lain.

Kita akan membicarakan tentang level kepemimpinan yang dimulai dari level yang paling rendah.

Level 1: Position – yaitu tipe pemimpin dimana anggotanya mengikuti segala perintahnya karena tidak ada pilihan lain, karena Anda adalah atasan mereka. Hal-hal yang perlu diketahui pada pemimpin tipe ini adalah:

- Tipe pemimpin pada level ini lebih layak disebut dengan “boss”, bukan “Leader”.
- Mereka punya bawahan, tetapi bukan anggota team yang saling bekerjasama secara suka rela dan penuh keikhlasan untuk mendapatkan apa yang diinginkan pemimpinnya.
- Pemimpin tipe ini biasanya lebih bergantung pada aturan, prosedur, kebijakan dan struktur organisasi untuk mengontrol bawahannya.
- Bawahannya akan melakukan pekerjaan sesuai apa yang diperintahkan kepada mereka saja.
- Ketika bawahannya diminta untuk meningkatkan usaha ekstra, pemimpin tipe ini akan sulit mendapatkannya.
- Pemimpin tipe ini biasanya akan sulit mendapatkan bawahan yang bekerja secara sukarela, orang-orang yang lebih mudah, dan lebih terdidik. Mengapa? Karena pemimpin tipe ini tidak punya pengaruh, dan cenderung independen.

Level 2: Permission – yaitu tipe pemimpin yang didasarkan pada sebuah hubungan baik. Bawahannya mengikuti perintahnya karena mereka secara suka rela mau melakukannya. Ketika pemimpin tipe ini menyukai orang lain dan memperlakukan orang itu layaknya seorang individu yang memiliki Value, pemimpin tipe ini mulai mengembangkan pengaruhnya kepada mereka (mengembangkan trust). Suasana menjadi lebih positif baik di rumah maupun di tempat kerja.

Pada level ini, seorang pemimpin mulai mengenal anggotanya secara baik dan tahu bagaimana cara mengakrabkan diri dengan mereka. Pemimpin tipe ini dan anggotanya mampu membangun tim yang solid dan hubungan yang baik.

“Anda bisa menyukai orang tanpa harus menjadi pemimpin, namun Anda tidak akan bisa memimpin orang tanpa menyukai mereka” – John C. Maxwell.

Level 3: Production – yaitu tipe pemimpin yang tidak hanya membangun suasana kerja yang nyaman dan membangun hubungan yang baik dengan anggotanya, melainkan mampu meyakinkan bahwa anggotanya telah melakukan semua pekerjaan dengan baik.

Pada level ini, seorang pemimpin telah memiliki pengaruh dan kredibilitas yang baik, dan anggotanya mengikutinya karena dedikasinya terhadap perusahaan. Pada level ini para pemimpin mampu membuat semua pekerjaan dapat diselesaikan secara baik, moral anggotanya meningkat, keuntungan naik, turnover turun dan tujuan tercapai.

Memimpin dan mempengaruhi orang lain menjadi hal yang sangat menyenangkan pada level ini. Sukses dan produktivitas telah menyelesaikan banyak persoalan di perusahaan, dan yang paling penting, tidak ada satu orang pun akan tersakiti atau teraniaya karena kepemimpinan orang-orang di level ini.

Pada level ini, seorang pemimpin telah berubah menjadi Agent of Change. Mereka dapat mengatasi masalah dengan baik dan menghadapi isu-isu dengan baik pula. Mereka mampu memberikan keputusan yang tepat atas masalah-masalah yang sulit dan mampu memberikan warna dan perbedaan. Mereka mampu mengelola anggotanya menjadi orang-orang yang efektif.

Level 4: People Development – yaitu tipe pemimpin yang mampu memberdayakan anggotanya. Mereka sadar bahwa untuk menjadi orang yang hebat, bukan bergantung pada power yang ia miliki, namun karena ia mampu memberdayakan anggotanya.

Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang tipe pemimpin pada level ini adalah:

- Mereka menggunakan jabatannya, hubungan baiknya, dan produktivitas kerjanya untuk menginvestasikan anggotanya dan mengembangkannya sampai anggotanya itu menjadi pemimpin yang hebat di masa yang akan datang.
- Pemimpin pada level 3 akan “Win Games”, namun pemimpin pada level 4 akan “Win Championships”.
- Teamwork yang terbangun pada level ini akan menjadi sangat solid karena menginvestasikan anggota menjadi sumber daya yang luar bisa telah menjadikan hubungan semakin baik, membantu anggotanya untuk saling mengenal, dan memperkuat loyalitas diantara mereka.
- Kinerja akan meningkat karena akan banyak pemimpin-pemimpin hebat dalam setiap timnya (karena pemimpin pada tipe ini mampu mengembangkan pemimpin masa depan) dan mereka membantu meningkatkan kinerja setiap orang di dalam timnya.
- Pemimpin pada level ini mampu mengubah kehidupan orang-orang yang dipimpinnya. Oleh karena itu, anggotanya mengikuti para pemimpin pada level ini dikarenakan apa yang telah dilakukan pemimpinnya kepada mereka secara pribadi.
- Biasanya, hubungan baik antara pemimpin dan anggotanya akan terjalin sangat lama, walaupun ia tidak lagi memimpin mereka.

Level 5: Pinnacle – yaitu tipe pemimpin yang paling tinggi dimana orang-orang akan mengikuti mereka karena melihat siapa mereka dan apa ajaran dan bimbingannya.

Hal-hal yang perlu diketahui pada level ini adalah:

- Level 5 tidak hanya membutuhkan usaha keras, skill, dan intensionalitas tetapi juga bakat yang tinggi.
- Hanya pemimpin berbakat saja yang mampu mencapai level ini, yaitu pemimpin yang mampu membuat anggotanya menjadi pemimpin level 4.

------

Semoga Bermanfaat :D

Salam,

Deni Iskandar
Sahabat "Digital Marketing" Anda

P.S. Silahkan share jika sekiranya bermanfaat :D

P.P.S. Jangan lupa join channel telegram saya https://t.me/denimarketer
 
Top