KLIK DI SINI untuk mengetahui PANDUAN, BIMBINGAN GRATIS sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Penjelasan tentang produk yang memiliki TOP OF MIND dan HIGH VALUE dari Deni Iskandar 

Pola Rahasia supaya Pembeli segera Membeli produk yang bernilai.


Dalam riset-riset marketing, pola perilaku konsumen dalam memutuskan untuk membeli adalah cenderung membeli produk yang memiliki TOP OF MIND dan HIGH VALUE.

TOP OF MIND adalah produk yang paling diingat oleh konsumen.

Sebuah teori marketing menyebutkan bahwa persaingan produk bukan di etalase tapi di benak konsumen. Maka untuk memenangkan persaingan buatlah cara agar produk Anda menjadi TOP OF MIND dan HIGH VALUE di benak konsumen. Malah bukan hanya produk nya saja yang harus menjadi TOP OF MIND tapi kita sendiri sebagai penjual harus bisa memposisikan diri sebagai TOP OF MIND.

Produk HIGH VALUE punya manfaat yang sangat tinggi untuk konsumen, baik manfaat fungsional maupun manfaat emosional. Contoh, saya menabung di bank A karena manfaat fungsionalnya: Bunganya tinggi, ATMnya dimana-mana, bisa transfer melalui telpon ataupun internet. Sedangkan manfaat emosionalnya: pelayanannya ramah, rasa aman dan dapat dipercaya. Manfaat emosional ini merupakan manfaat yang unik yang dapat mendorong konsumen untuk membuat keputusan membeli.

Sebelum membahas lebih dalam tentang TOP OF MIND dan HIGH VALUE produk, mari kita berlatih melakukan Perceptual Position. Coba posisikan diri Anda sebagai pembeli bukan penjual. Latihan ini sangat bermanfaat untuk mengenal bagaimana perilaku kita dalam membeli.

Latihan 1: Bayangkan satu pengalaman Anda saat membeli kendaraan bermotor. Anda sudah pelajari dan membandingkan sejumlah produk, ada beberapa produk pilihan yang mau Anda beli. Pertanyaannya, produk mana yang mau anda beli?

Latihan 2: Bayangkan Anda mau membuka rekening baru untuk menabung di bank. Setelah mempelajari dan membandingkan antara bank satu dengan bank lainnya, ternyata pikiran Anda menilai bahwa manfaat setiap bank relatif sama. Pertanyaannya, Anda memilih bank yang mana?

Latihan 3: Bayangkan satu pengalaman Anda saat berada di Mall ketika ingin membeli pakaian. Sebelah kiri dan kanan ada berbagai macam produk tersusun rapi. Dalam pikiran Anda sudah ada rencana mau beli produk sesuai yang di butuhkan. Pertanyaannya, produk yang terletak diposisi mana yang Anda beli?

Latihan di atas supaya Anda berperilaku sebagai pembeli, supaya Anda mengetahui keinginan, keresahan, dan apa yang menjadi keputusan seseorang dalam membeli.

Latihan di atas hanya sebagai contoh, Anda bisa membuat latihan sendiri sesuai pengalaman yang di alami.

# Stop Acting Like a Seller, Start Thinking Like a Buyer...

Bagaimana Menjadi TOP OF MIND...

1. Produk kita harus lebih unggul dalam banyak hal di banding produk kompetitor.
2. Temukan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan.

Anda juga dapat melakukan penjualan melalui kegiatan; Above The Line, Bellow The Line, dan Digital. Apa maksudnya dan contohnya?

Above The Line adalah kegiatan menjual melalui media massa, baik media elektronik maupun media cetak. Contohnya, TV, Radio, Koran, Majalah dan lain-lain.

Below The Line adalah menjual melalui brand activation. Contohnya, Pameran, Penjualan Langsung, Road Show dan lain-lain.

Digital adalah kegiatan menjual melalui media yang berbasis internet, sepeti website, social media dal lain-lain. Saat ini internet menjadi salah satu media yang paling kreatif dalam menjual. Keunggulan digital terletak pada biaya yang lebih murah, selain itu jangkauan nya bisa lebih luas dan target nya bisa lebih di pertajam sesuai target pasar kita. Media digital ini sangat cocok untuk menciptakan TOP OF MIND untuk para penjual.

Apapun strategi yang Anda gunakan untuk memenangkan TOP OF MIND, biasanya keputusan finalnya adalah tentang pembelian (Closing).

Konsumen membeli produk TOP OF MIND dan memiliki HIGH VALUE. Pikiran konsumen adalah pusat kendali pengambilan keputusan untuk membeli.

Semoga Bermanfaat.

Salam,
Deni Iskandar
 
Top