Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Jam 10 pagi ini.. tepatnya 1 jam dari Saya menuliskan postingan ini, insyaAllah akan nerlangsung Mentoring Bisnis Pekanan Bogor Berdaya. GRATIS.

Salah satu masalah terbesar UMKM adalah lemahnya produk. Desain produk yang gak punya daya saing. So so... begitu begitu saja.. akhirnya gak dipilih oleh market.

Belajar dari Dewa Eka Prayoga, beliau kalo bikin produk risetnya setengah mati. Nulis buku gak asal nulis. Padat. Berisi. Gak banyak basa basi.

Maka walau bukunya mahal, orang-orang beli repeat. Kalo mahalnya "kosong", pasti orang gak mau beli lagi. Tapi ini bukunya malah ditunggu.

Ternyata.. konsep berfikir mendasar tentang produk ini, sudah ditulis sejak tahun 1980. Edan juga ya... 37 tahun yang lalu, seorang Michael E Porter sudah memetakan strategi yang mudah dan ringkas untuk masuk ke market.

Rumus strategi Porter ini disebut dengan Porter Generic Strategies. Kenapa generic? Macam obat generic lah... umum.. mudah... bisa digunakan disegala medan. Karena ini riset mendalam.

Porter Generic Strategies ini dibahas ringkas di Grounded Business Coaching nya Coach Doktor Imam Elfahmi tetapi karena di GBC ada ratusan tools dan diagram, maka kita sebagai murid harus mendalami lagi.

Dalam perjalanan Jakarta-Jogja diatas langit nusantara, Saya mempelajari kembali kaidah Porter ini. InsyaAllah akan Saya bahasakan kembali dengan mudah ke teman-teman Bogor Berdaya.

Kaidah Porter ini juga menjadi mata ajar wajib di berbagai kelas MBA. Master Business Art, kuliah S2 Bisnis. InsyaAllah Saya berusaha menghadirkan ke UMKM, yang gak bisa akses bangku MBA.

Ini cuma kerja sederhana....
Pengen bantu...
Semoga setelah faham porter.. makin kuat bisnisnya...

Saya gak ngerekam sesi ajar Saya. Andai direkam, hanya untuk dokumentasi internal. Supaya teman-teman datang, berjejaring.. berkenalan...

Saya serius ingin mendidik teman-teman yang mau dididik... bagi yang serius.. lock hari senin agar bisa ke Bogor. Saya pun nge lock hari senin untuk kembali ke base.

Doakan ya... Saya mohon doa, agar semua niat baik dibantu Allah. Saya juga punya bisnis yang ahrus diperhatikan, sudah diingatkan Guru Dewa untuk perhatian ke bisnis sendiri juga, doakan Saya bisa bijak. Tidak meninggal kan dunia pemberdayaan, tetapi project film Saya juga beres dan ramai penonton.

Mohon doa...
Diri ini lemah...
Banyak kekurangan..

Penuh cinta..
Namun penuh keterbatasan..

Penuh angan baik...
Namun penuh kelemahan...

Penuh rasa sayang...
Namun penuh hambatan...

Mohon doanya ya.. Saya serius mau bantu jutaan pengusaha Mikro menjadi Kelas menengah dan Beaar.

Agar negeri ini dipenuhi dengan orang baik, berlimpah dan berkuasa.

Anak Bangsa,
Rendy Saputra
 
Top