KLIK DI SINI untuk mengetahui PANDUAN, BIMBINGAN GRATIS sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Pentingnya Menanam Pohon untuk Melindungi dan Menyelamatkan Bumi

Banyak orang hidup di bumi ini, namun hanya sebagian saja yang mempedulikan lingkungan. Perlu adanya tindakan secara bersama-sama untuk melakukan penghijauan demi melindungi bumi. Apakah semua manusia di bumi ini pernah berpikir tentang pentingnya pohon? Pohon yang terkadang kita sia-siakan, padahal pohon sangatlah penting bagi kehidupan kita. Dari mulai sebagai “penghisap” air hujan, dan penghasil “oksigen”. Sadarkah kita, karena adanya pohon, kita bisa terus hidup di dunia ini? Pemerintah Indonesia juga sangat memperdulikan program menanam pohon.

Semua orang tentu sudah tahu tentang pentingnya pohon? Tetapi mengapa perilaku buruk mereka belum berubah untuk belajar menghargai bumi beserta isinya, terutama pohon? Mengapa baru sekarang mereka menyadari perilaku buruk mereka terhadap pohon? Itulah sifat manusia, senang untuk merusak alam. Banyak pohon ditebangi untuk dijual dan dijadikan lahan mata pencaharian, sementara penghijauannya lupa dilakukan.

Di Indonesia, sudah banyak sekali wilayah hutan habis ditebang. Mungkin bila kita dengar dari orang tua yang dahulu tinggal di daerah seperti Kalimantan ataupun Sumatera, wilayah-wilayah masih banyak hutan-hutan hijau tempat berbagai macam hewan tinggal. Tetapi sekarang, mungkin wilayah-wilayah tersebut sudah habis ditebang ataupun dibakar oleh para penebang liar. Hal hal itu menyebabkan rawan bencana seperti banjir ataupun longsor.

Sebenarnya, Pemerintah, dalam hal ini departemen kehutanan sudah membuat undang-undang tentang dilarangnya penebangan atau pembakaran hutan secara liar, tetapi tetap saja masih saja ada penebang liar yang nakal, yang melangar peraturan yang dibuat oleh Pemerintah itu.

Dampak-dampak dari perbuatan buruk ini pun dapat kita rasakan di hidup kita. Contoh yang paling mudah ialah makin panasnya bumi ataupun pergantian cuaca yang bisa dibilang “ekstrim”. Adapun dampak lain seperti makin banyaknya bencana alam di Indonesia seperti banjir dan tanah longsor.

Oleh karena itu, kita bisa mencegah semua hal di atas dengan menanam pohon. Semakin banyak pohon yang kita tanam, semakin banyak pula nyawa makhluk hidup yang kita selamatkan. Pemerintah saja sudah membuat berbagai macam program untuk melakukan penghijauan agar bumi kita selamat, lalu mengapa kita juga tidak berusaha menanam pohon?

Mari kita menanam pohon di halaman rumah masing-masing dan lakukan gerakan penghijauan di lingkungan kita sendiri, agar kehidupan lingkungan terlihat asri dengan banyaknya pohon di sekitar kita. Mari kita melakukan gerakan penghijauan di lingkungan kita masing-masing, dan menyadari akan pentingnya pohon bagi kehidupan manusia.

Sumber : wijayalabs.com
 
Top