KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Pentingnya Silicon Valley untuk Startup Bisnis Indonesia

Ada beberapa orang tidak memperhatikan cara yang lebih bagus untuk meningkatkan bisnisnya. Memang perlu diperhatikan cara-cara yang sudah terbukti bisa menghasilkan pendapatan lebih besar. Ada juga sektor-sektor yang perlu diperhatikan sehingga bisnis di Indonesia semakin cepat berkembang.

Indonesia sudah menjadi market yang mudah dimasuki oleh investor atau startup luar, kecuali baru-baru ini saja per April 2014 di mana e-commerce masuk di negative list investasi luar negeri. Saya pribadi, sebagai seorang ex bankir tidak ingin startup Indonesia jadi seperti industri perbankan Indonesia di mana cabang bank asing banyak sekali di Indonesia tetapi bank BUMN mau buka satu saja cabang di Singapura atau China sulit sekali. Melihat situasi ini, sudah jelas bahwa startup Indonesia juga perlu diekspor, entah itu ke South East Asia terlebih dahulu atau ke Silicon Valley. Tentunya bukan hal yang baru mendengar startup dari Indonesia yang sudah di “back” oleh venture capital dari Jepang atau Singapura. Bahkan sudah ada startup Indonesia yang telah diakusisi perusahaan teknologi dari Silicon Valley (Yahoo! Koprol). Baru-baru ini diumumkan kolaborasi antara Telkom dan Fenox yang akan melakukan investasi bersama melalui Corporate Venture Capital untuk perusahaan teknologi di Silicon Valley. Ini pertama kalinya dilakukan oleh perusahaan dari Indonesia berinvestasi di sana, tujuan besarnya adalah membawa ‘best practice’ dari Silicon Valley ke Indonesia, yang salah satunya melalui program inkubasi, Indigo Fenox. Indigo Fenox merupakan program yang bersinergi dengan Indigo Inkubator. Inisitatif ini merupakan bentuk kerja sama untuk lebih mempercepat pertumbuhan sektor startup di Indonesia. Salah satu orang yang saya kenal baik di program tersebut adalah Nicko Widjaja. 

Sumber : yahoo.com
 
Top