KLIK DI SINI untuk mengetahui PANDUAN, BIMBINGAN GRATIS sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Keyword : Pentingnya Tujuan Dalam Hidup, Pentingnya Tujuan Dalam Melakukan Kegiatan, Pentingnya Mengetahui Tujuan Hidup.

Pentingnya Tujuan Dalam Hidup


Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang melakukan kegiatan. Kadang-kadang juga, ketika bertemu dengan teman pertanyaan aneh muncul karena kegiatan yang dilaksanakan antara teman yang satu berbeda dengan teman yang lain karena perbedaan sudut pandang. Di bawah ini ada sebuah cerpen yang membuat kita sadar akan tujuan setiap melakukan kegiatan. Ternyata tujuan akhir dari apa yang kita lakukan adalah sesuatu yang mungkin banyak pemuda-pemudi salah dalam memilih tujuan terhadap apa yang dilakukannya.

Seorang wanita bernama Iyem (nama palsu) sangat suka mencari tahu dimana saja dan sering melakukan tanya jawab dengan orang lain untuk mendapatkan ilmu yang belum dia ketahui. Dia sangat antusias dengan hal-hal baru yang belum dia ketahui. Meskipun hingga ke luar kota, dan kegiatan apapun Dia ikuti. Iyem tetap semangat untuk mencari sesuatu yang belum diketahui. Iyem adalah orang yang sangat aktif organisasi, berbagai organisasi Dia ikuti hingga Iyem sering melalaikan kegiatan yang lain.

Ada teman baik Iyem, Ia bernama Inem (teman sebaya Iyem). Inem tidak terlalu aktif dalam organisasi tapi sering sekali ke tempat organisasi untuk berbincang-bincang dengan orang lain. Inem hobi menjualkan barang orang lain. Ketika di organisasi yang dia lakukan lebih sering menawarkan barang orang lain (misalnya hiasan dinding, buku, alat tulis, alat elektronik yang dimiliki temannya dan masih banyak yang lain). Dia mudah bergaul dengan siapa saja sehingga Inem memiliki banyak teman. Barang yang ditawarkannya juga ternyata banyak diperlukan teman-temannya sehingga Dia mendapatkan untung yang lumayan dari kegiatannya sehari-hari dan bisa untuk ditabung untuk uang sakunnya dan disumbangkan ke Panti Asuhan dan menolong orang miskin. Inem juga memiliki kreativitas dan kemampuan dalam membuat gantungan kunci, stiker, dan membuat berbagai kerajinan dari bahan yang awalnya tidak berguna (sampah) menjadi barang yang memiliki nilai jual (berharga). Misalnya botol plastik kosong dikumpulkan untuk membuat hiasan untuk bisa dijual. Tidak sedikit juga yang memerlukan bantuannya untuk menyebar brosur dan juga menjualkan majalah atau koran. Dia memang wanita yang pantang menyerah dan tidak mudah putus asa. Banyak orang yang senang padanya karena Inem itu suka menolong juga.

Iyem dan Inem merupakan teman akrab dari kecil. Akan tetapi, mereka memiliki tujuan dan pola pikir yang berbeda. Sehingga pada suatu hari mereka berbincang-bincang tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Singkat perbincangan ada di bawah ini.

Iyem: Nem, mengapa kamu mau menjual barang orang lain seperti hiasan, buku, alat tulis dll? Padahal kamu juga kaya, minta uang orang tuamu kan bisa?

Inem: Aku ingin punya banyak uang dengan hasil usahaku sendiri. Mengapa kamu mau mengikuti kegiatan di berbagai organisasi? Padahal kan capek Yem?

Iyem: Aku ingin belajar supaya banyak pengalaman. Kalo capek sih iya, tapi aku senang.

Inem: Apa hanya untuk mencari pengalaman saja?

Iyem: Ya gak sih, aku punya keinginan lain, yaitu supaya setelah kuliah aku bisa menjadi pemandu wisata di berbagai daerah dan bisa keliling Indonesia karena aku sudah memiliki banyak pengalaman di organisasi yang telah aku ikuti. Kenapa kamu gak minta ortumu kalau hanya uang yang kamu inginkan?

Inem: Tidak hanya uang yang aku inginkan, tapi juga pengalaman yang berharg dalam kehidupan ini. Kalau kamu gak punya uang, bagaimana kamu bisa sekolah? Kuliah sampai saat ini? Kalau kamu belum menjadi pemandu wisata dan setelah kuliah kamu belum dapat pekerjaan itu bagaimana? Berarti kamu kan masih bingung mencari kerja.

Iyem: Tapi aku suka menjadi pemandu wisata. Apa yang kamu lakukan kok hampir selalu berkaitan dengan uang sih. Kenapa? Apa tujuanmu?

Inem: Ouuuww,,, itu,,, Karena dengan banyak uang aku bisa membantu orang miskin, membantu anak yatim piatu, bisa beribadah dengan tenang, bisa melakukan ibadah Haji dan Umroh. Meskipun Aku sekarang masih berumur 19 tahun. Tapi aku pengen sebelum umur 25 tahun aku bisa memiliki uang 100 juta rupiah. Supaya bisa membantu orang yang kesusahan, bisa untuk sedekah kepada fakir miskin. Kalau aku gak punya uang, aku kan bingung banget dan sangat sulit untuk bisa membantu orang lain. Makanya berbagai cara aku lakukan demi meraih cita-citaku itu. Coba kamu pikirkan, setelah kamu kuliah kamu ingin jadi pemandu wisata dan bisa keliling Indonesia. Berarti kalau kamu gak jadi pemandu wisata kamu gak dapat uang dan gak bisa keliling Indonesia. Siapa yang bingung? Kan kamu yang jadi bingung.

Iyem: Terus aku harus gimana to Nem? Gek aku kurang suka jualan dan gak bisa jualan.

Inem: Seharusnya kamu merubah tujuanmu? Mengapa kamu melakukan kegiatan itu. Setiap apa yang kamu lakukan toh akhirnya dan ujung-ujungnya kan uang. Jadi pemadu wisata untuk bisa dapat uang banyak dan keliling Indonesia. Padahal kalau punya uang kamu bisa keliling Indonesia dan bahkan keliling Indonesia. Jadi, yang kamu inginkan itu bukan tujuan, tapi masih merupakan jalan untuk meraih tujuanmu itu. Lagian untuk meraih tujuan itu kan banyak caranya. Tapi sebagian besar orang yang seusia kita masih ingin bersenang-senang dan menikmati hidup ketika masih muda dan tidak memikirkan masa tua nanti. Upama orang itu, seharusnya tujuan itu ditanamkan pada diri kita, sehingga tetap semangat dalam melakukan apapun. Tujuan itu sangat penting Yem. Banyak pemuda yang hanya melakukan kegiatan, kegiatan dan kegiatan saja akan tetapi mereka tidak tahu untuk apa kegiatan itu dilakukan. Kan percuma seandainya kita capek melakukan kegiatan akan tetapi kita gak tahu apa yang akan diperoleh dari kegiatan itu, apa tujuan melakukan kegiatan itu. Aku pesan ke kamu Yem, supaya setiap kegiatan yang kamu lakukan itu, apapun itu, yang sangat perlu dinanamkan adalah tujuannya. Bukan cara atau prosesnya, memang proses itu penting, alangkah baiknya jika kita memiliki tujuan yang pasti, riil, nyata sehingga cara atau proses itu akan berlangsung dengan baik dan bisa berjalan secara maksimal.

Contoh mudahnya gini Yem, tujuanmu apa Yem? Iyem mau ke Pasar beli sepatu.
Memperoleh sepatu = tujuan
Pasar = cara (prosesnya) atau jalan untuk mendapatkan tujuan itu (sepatu)

untuk bisa meraih tujuan kan gak harus ke pasar, bisa ke toko sepatu yang dekat rumahmu, bisa ke toko sepatu di dekat rumahku. Tapi intinya tujuan itu bisa tercapai. Ketika kita tahu apa tujuan kita, maka banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa meraih tujuan kita itu Yem. Begitu yem...!!! Betapa pentingnya tujuan. Memang sangat penting tujuan itu. Memang yang dipikirkan kebanyakan adalah cara, bukan tujuannya. Kemudian kita akan melakukan tindakan-tindakan nyata untuk meraih tujuan itu. Jadi, tujuan itu sangat penting dalam melakukan setiap tindakan atau kegiatan. Dengan adanya tujuan itu, maka semangat, pantang menyerah, tidak mudah putus asa, akan selalu mengiringi setiap langkah kita.

Contoh yang mudah seperti ini, kalau kamu berada di jawa timur mempunyai tujuan ke jakarta, kamu bisa lewat jalan darat dengan naik motor, bus, kereta api dsb. Kalau lewat udara bisa dengan pesawat terbang. Kalau kamu ingin banyak uang, berarti kamu harus jadi berusaha untuk mendapatkan banyak uang itu, caranya banyak sekali yaitu ada yang jadi pilot, presiden, guru, jualan motor, jualan cincin, jualan es, jualan rujak, jadi ojek, jadi satpam, dokter, masinis, artis, model, karyawan, dosen, anggota DPR, jualan HP, jualan sepatu, jualan laptop, buku, alat elektronik, mencuri (tindakan tercela dan tidak boleh dilakukan) , merampok (tindakan tercela dan tidak boleh dilakukan), menodong (tindakan tercela dan tidak boleh dilakukan), tukang jahit, tukang membuat gitar, tukang membuat stiker, kaos, jaket, jemper, dan sebagainya. Jika kamu ingin memberi makan anak yatim berarti kamu harus menyiapkan uang untuk membeli makanan. Banyak cara untuk meraih tujuan kita. Anda bisa mencapai tujuan-tujuan anda tidak hanya dengan satu jalan saja, anda bisa mencapai tujuan itu dengan berbagai cara dan jalan yang berbeda.

Tetapkan tujuan anda dan lakukan tindakan untuk mencapai tujuan anda. Tanpa tindakan, tujuan anda hanya menjadi angan-angan dalam pikiran anda dan tidak akan pernah terwujud.
 
Top