KLIK DI SINI untuk mengetahui PANDUAN, BIMBINGAN GRATIS sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Pilihan Investasi Terbaik tentang Properti versi Kompas


Dari mulai anak-anak, orang tua memerlukan investasi masa depan untuk anak-anaknya. Investasi itu bisa digunakan untuk biaya pendidikan anak ataupun biaya yang lain. Siapapun, tidak peduli itu anak-anak, orang tua, para pemuda, perlu melakukan investasi supaya uangnya tetap tumbuh dan berkembang. Banyak pilihan investasi, mulai dari menabung di bank, membeli emas, saham, properti, asuransi ataupun reksadana. Hampir semua memiliki resiko karena kadang-kadang nilai investasi bisa turun seperti emas pada akhir-akhir ini. Investasi terbaik, paling menguntungkan, paling aman dan selalu naik adalah properti. Hal itu sesuai yang diungkapkan oleh Managing Director Corporate Strategy and Services Sinarmas Land Ishak Chandra.

Managing Director Corporate Strategy and Services Sinarmas Land Ishak Chandra mengingatkan, meski penuh risiko dan harus hati-hati, berinvestasi properti tetap yang terbaik karena sangat menguntungkan.

"Investasi adalah membeli untuk mendapatkan profit. Jadi, ketidakpastian dari investasi kita adalah risiko. Harus pintar mengelola risiko itu," kata Ishak dalam acara seminar finansial yang diselenggarakan Sinarmas Land di Jakarta, Senin (23/6/2014).

Menurut Ishak, risiko investasi terkait dengan kemungkinan mendapatkan actual return (pengembalian investasi)rendah, atau bahkan negatif. Dalam hal ini, properti berada pada tingkat risiko sedang (medium). Sementara itu, komoditi memiliki risiko tertinggi, dan bon pemerintah dianggap hampir bebas risiko.

Meski masih memiliki risiko, namun keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi tersebut juga tinggi. Semakin tinggi risiko, biasanya semakin tinggi keuntungannya. Karena itu, Ishak masih menganggap properti sebagai investasi terbaik.

Krisis yang terjadi pada 1998 merupakan contoh ideal atas kerugian dalam investasi properti. Kala itu, harga rumah bisa turun drastis. Bagaimana dengan saat ini? Ishak berpendapat, keadaan stagnan atau melambat juga salah satu bentuk risiko.

Namun begitu, kata dia, properti masih menjadi instrumen investasi ideal lantaran nilai properti bisa naik, sementara tiap bulan investor masih bisa mendapatkan pemasukan pasif. Properti merupakan satu-satunya kebutuhan dasar yang bisa jadi sarana investasi dan memberikan pemasukan pasif setiap bulan.

Memang, kewaspadaan dalam memilih investasi juga penting, begitu pula dengan memperkirakan dan mempersiapkan diri dari risiko masing-masing investasi. Dalam investasi properti pun, calon investor harus memilih jenis investasi tertentu.

"Investasi di properti pun jenisnya macam-macam. Ada residensial, komersial dan industrial, ritel, rural land, dan ada pula yang mengikutsertakan timesharing," ujarnya.

Menurut Ishak, mengetahui tujuan investasi merupakan hal penting ketika memulai investasi. Calon investor harus mengetahui target pengembalian, cara mengatur, dan memiliki rencana keuangan.

Calon investor juga sebaiknya menghimpun informasi sebanyak mungkin mengenai properti tersebut, lokasi, perkembangan harga setempat, dan profil pengembangnya untuk menekan risiko. "Jangan pula melupakan fasilitas utama, infrastruktur, dan ada atau tidaknya bank tanah milik sang pengembang," tandasnya.

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memilih properti, di sini terdapat referensi cara untuk mengembangkan aset Anda secara lebih aman, nyaman, dengan harga murah, pertumbuhan mencapai 100% per tahun, dan memiliki liquiditas yang sangat mudah karena yang membutuhkan adalah pihak dunia, bukan hanya Indonesia. Solusi paling tepat adalah Investasi Green Property. Perlu diketahui bahwa resiko kegagalan dari Green Property sangat kecil, ada jaminan atau garansi 200% uang dikembalikan jika terjadi kegagalan sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.


Sumber : kompas.com , Editor : Hilda B Alexander
 
Top