Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Pilihan Jenis Investasi Terbaik dan Terpercaya serta Paling Menguntungkan tahun 2016 untuk Mengatasi Bunga di Bank yang Menurun Drastis versi kompas.com



Pada awal tahun 2016 ini bunga simpanan di bank menurun. Oleh sebab itu perlu adanya solusi terbaik untuk mengatasi bunga yang rendah tersebut karena bunga di bank pada tahun ini lumayan rendah. Maka dari itu, perlu adanya solusi atau pilihan investasi yang tepat. Hal itu terjadi karena pemerintah beberapa waktu lalu mendorong suku bunga acuan untuk dapat lebih rendah. Dengan demikian, suku bunga simpanan pun akan menyesuaikan.

Lalu, instrumen investasi apa yang dapat menjadi pilihan? Analis dari NH Korindo Securities Reza Priyambada menjelaskan, apabila suku bunga rendah, asumsinya adalah suku bunga perbankan juga akan turun. Dengan demikian, suku bunga deposito juga akan turun.

"Sehingga, pilihan investasi bisa di saham maupun obligasi," kata Reza ketika dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu di Jakarta.

Reza juga menuturkan, reksa dana pun dapat menjadi pilihan. Namun demikian, Reza menyarankan, perlu diperhatikan bahwa pilihan instrumen investasi sangat bergantung kepada preferensi risiko dan kondisi pasar. Pasalnya, ketiganya bisa saling menguntungkan.

Reza menjelaskan, saham adalah instrumen investasi yang memberikan keuntungan atau return yang paling tinggi. Akan tetapi, sebelum menanamkan dana di saham, ada baiknya Anda mengenali preferensi risiko Anda.

Kalau memang tidak mau mengambil risiko yang tinggi, saham tentu tidak dapat dijadikan pilihan. Namun demikian, Anda bisa beralih ke reksa dana yang cenderung memiliki kinerja yang stabil.

"Kembali ke preferensi risiko masing-masing. Kalau masih takut dengan risiko, meski saham dianggap paling tinggi return-nya, lebih baik jangan masuk ke saham, tapi bisa coba reksa dana dengan pertumbuhan atau kinerja yang stabil," jelas Reza.

Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Sumber : KOMPAS.com
 
Top