KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Prospek Bisnis Kayu sangat Cerah dan Menjanjikan sekaligus Bisa Mendapatkan Keuntungan yang Sangat Luar biasa karena Peminat Pasar Domestik dan Mancanegara Sangat Banyak

Sungguh sangat luar biasa tentang prospek bisnis kayu. Tidak hanya kayu jati, kayu jabon, kayu meranti dan lain sebagainya yang memiliki prospek cerah dan sangat luar biasa. Kayu sangat banyak peminatnya di dalam negeri atau di luar negeri. Investasi kayu memang sangat menguntungkan. Perlu diketahui bahwa Kayu adalah bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami lignifikasi (pengayuan).

Kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan banyak lagi. Kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan rumah tangga dan sebagainya. Penyebab terbentuknya kayu adalah akibat akumulasi selulosa dan lignin pada dinding sel berbagai jaringan di batang.

Ilmu perkayuan (dendrologi) mempelajari berbagai aspek mengenai klasifikasi kayu serta sifat kimia, fisika, dan mekanika kayu dalam berbagai kondisi penanganan.

Saat ini Sengon (Paraserianthes falcataria) merupakan salah satu alternatif dan menjadi primadona baru dalam dunia perkayuan. Dikarenakan pertumbuhannya cepat masa tebang lebih pendek, budidayanya lebih mudah, dapat ditanam diberbagai kondisi tanah, kayunya cenderung lebih lurus, produktivitasnya tinggi, serta multi manfaat.

Harga kayu sengon, relatif lebih murah dibandingkan dengan kayu lain seperti kayu jati atau mahoni, dan  masa panen kurang lebih lima tahun tanam sudah dapat ditebang,  sehingga  perputaran bisnis dalam investasi budidaya kayu sengon  relatif lebih cepat  dibandingkan dengan investasi usaha kayu pada tanaman kayu jati dan sejenisnya.

Manfaat Dari Kayu Sengon

Merupakan kayu serba guna untuk konstruksi ringan, kerajinan tangan, kotak cerutu, veneer, kayu lapis, korek api, alat musik, pulp. Daun sebagai pakan ayam dan kambing. Kayu ini di pergunakan antara lain untuk bahan bangunan,bahan baku kertas dan kayu lapis.  Di Maluku  kulit batang digunakan untuk penyamak jaring, kadang-kadang sebagai pengganti sabun. Ditanam sebagai pohon pelindung, tanaman hias, reboisasi dan penghijauan

Kayu sengon digunakan untuk tiang bangunan rumah, papan peti kemas, peti kas, perabotan rumah tangga, pagar, tangkai dan kotak korek api, pulp kertas dan lain

Kayu sengon yang telah diproses dalam proses  pengeringan  dapat dibuat menjadi peralatan rumah tangga yang memiliki daya tahan yang cukup lama. Dengan penggunaan yang multidimensi tersebut, permintaan akan kayu sengon pada saat ini terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dalam  dan luar negari.

Prospek Bisnis Kayu Sengon

Budidaya kayu sengon memiliki prospek pasar yang cukup tinggi. Permintaan akan kayu sengon bukan hanya di dalam negeri, namun juga  dari mancanegara. Permintaan ekspor kayu lapis berbahan baku sengon terus meningkat. Permintaan kayu  sengon, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri semakin meningkat.  Untuk pasar ekspor, semakin banyak negara yang meminati kayu olahan dari sengon. Kayu sengon di ekspor ke kawasan Eropa dan Amerika Serikat,  juga ke  negara-negara Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

Saat ini bisnis kayu sengon menjadi pilihan yang menguntungkan. Permintaan dan harga jual kayu sengon semakin tahun semakin meningkat, karena kayu sengon tidak hanya bisa untuk bahan baku industri kayu, tetapi  bisa digunakan untuk mebel atau barang kerajinan seni yang bernilai tinggi seperti patung, dll. Selain mudah dibentuk, kayu sengon juga mudah diberi warna sebab kayu ini mudah menyerap air,  serta memiliki ketahanan  di  berbagai cuaca.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jawa Tengah Ikhwan Sudrajat, ekspor kayu lapis Jawa Tengah pada tahun 2010 mencapai 150 juta dollar AS. Selain di Purworejo, industri kayu lapis juga ditemui di Magelang dan Temanggung yang mencapai 50 pabrik. ”Nilai ekspor kayu lapis sekitar 35 persen dari total ekspor kayu Jawa Tengah senilai Rp 530 juta dollar AS,” ujar Ikhwan. Dan Kemhut memang semakin giat mempromosikan kegiatan menanam pohon yang bernilai ekonomi tinggi seperti sengon dan jabon.  Demikian menjanjikan prospek bisnis dari industri kayu sengon baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun pasar luar negeri.

(Debbie/EA-bd)

Sumber : beritadaerah.co.id
 
Top