KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Rahasia Terbesar Promosi Via Internet Marketing yaitu Dengan Target Pasar Yang Spesifik

Beriklan di dunia maya sangat mudah, karena hanya menggunakan hitungan menit saja, seorang pemilik bisnis online mampu membuat banyak orang melihat produknya. Dengan melihat produknya jika mereka tertarik maka bisa langsung memesannya. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar pula, yaitu dengan memberikan klasifikasi atau mengelompokkan target market.

Bagi pebisnis online, beriklan melalui platform online dan internet marketing, seperti promosi melaluimedia sosial adalah “senjata” utama untuk mempromosikan bisnis mereka. Tentu tujuannya adalah untuk meningkatkan profit usahanya.Tapi tahukah Anda, rahasia agar iklan online yang Anda bayar bisa efektif menjangkau para konsumen ?

Jawaban dari pertanyaan diatas sangatlah simple, pilihlah target pasar yang SPESIFIK..!

Baru-baru ini sebuah lembaga riset pasar dan survei terkemuka, Nielsen Online Campaign Rating (OCR) mengeluarkan fakta terkait rata-rata penurunan performa iklan/ kampanye bisnis melalui internet marketing sebesar 10% dibandingkan tahun 2013, seperti dikutip dari ClickZ.

Laporan ini menjelaskan tentang perilaku konsumen bisnis online secara umum, tentunya untuk membantu para marketers menyususn strategi kampanye online untuk produk/jasa yang lebih efektif.

OCR sendiri membagi konsumen yang ia teliti kedalam 6 zona yang berbeda seperti gambar di bawah ini.



Zona 1 : Strategi pemasaran yang menyasar target pasar LUAS untuk konsumen laki-laki dan perempuan, dengan kisaran rentang usia 30 tahun atau lebih.
Zona 2 : Strategi pemasaran yang menyasar target pasar LUAS, mengkhususkan kampanye pada laki-laki saja maupun perempuan saja, dengan kisaran rentang usia 30 tahun atau lebih.
Zona 3 : Strategi pemasaran yang menyasar target pasar yang TIDAK TERLALU LUAS untuk konsumen laki-laki dan perempuan, dengan kisaran rentang usia 16-30 tahun.
Zona 4 : Strategi pemasaran yang menyasar target pasar yang TIDAK TERLALU LUAS, mengkhususkan kampanye pada laki-laki saja maupun perempuan saja, dengan kisaran rentang usia 16-30 tahun.
Zona 5 : Strategi pemasaran yang hanya fokus pada target pasar yang SPESIFIK (Kecil) untuk konsumen laki-laki dan perempuan, dengan kisaran rentang usia 15 tahun atau kurang.
Zona 6 : Strategi pemasaran yang hanya fokus pada target pasar yang SPESIFIK (Kecil), mengkhususkan kampanye pada laki-laki saja maupun perempuan saja, dengan kisaran rentang usia 15 tahun atau kurang.


Dari laporan Nielsen sendiri, terungkap bahwa untuk zona 1, terjadi penurunan performa kampanye online sebesar 6% dibandingkan 2013. Nielsen juga menemukan fenomena serupa pada kampanye/iklan yang menyasar target perempuan dengan rentang usia yang cukup besar antara 35-64 tahun, disini terjadi penurunan sebesar 8% dibandingkan tahun 2013.

Penurunan terbesar sendiri terjadi pada kampanye/iklan pemasaran yang menyasar orang-orang dengan rentang usia 35- 54 tahun, yaitu sebesar 25%. Padahal di periode yang sama, zona 5 dan 6 (yang target pasarnya sangat spesifik) justru tetap stabil dan tidak mengalami penurunan performa yang berarti.

KESIMPULAN
Dari fakta singkat diatas, dapat disimpulkan bahwa, target pasar yang spesifik menunjukan tingkat efektifitas serta kestabilan yang baik. Jika Anda memiliki rencana jangka panjang dalam mengembangkan bisnis, buatlah target pasar Anda se-spesifik mungkin. Karena target pasar yang spesifik, lebih responsif terhadap suatu promosi produk/jasa. Dari segi biaya pemasaran pun akan lebih murah, cocok untuk UKM-UKM.

Namun bukan berarti Anda tidak boleh mentarget pasar yang luas, sesuaikan saja dengan biaya pemasaran yang dapat Anda sediakan, asal jangan besar pasak daripada tiang. Sekian dan semoga yang informasi diatas dapat bermanfaat.

Sumber : yukbisnis.com
 
Top