Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Rincian Detail Dampak Adanya Investasi yang Dilakukan oleh PT Freeport Indonesia




Banyak hal yang terjadi ketika suatu lembaga melakukan kebijakan. Karena kebijakan itu bisa memberikan dampak yang baik dan kurang baik. Akan tetapi jika ditelaah lebih dalam maka bisa memberikan pengaruh positif dalam kehidupan. Seperti yang terjadi dengan adanya perusahaan luar negeri yang melakukan investasi besar-besaran di Indonesia yaitu contohnya adalah PT Freeport Indonesia.


Kegaduhan terkait pengembangan Blok Masela dan perdebatan panjang soal perpanjangan kontrak maupun izin ekspor PT Freeport Indonesia dinilai Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mempunyai efek positif. Menurutnya ada dua kategori terkait perdebatan yang terjadi antar menteri saat ini yakni perdebatan bermutu dan tidak.

Dia menambahkan perseturuan dua pembantu presiden yakni Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said terkait pembangunan kilang untuk Blok Masela adalah debat yang bermutu. Pasalnya perdebatan penggunaan skema kilang darat (onshore) atau laut (offshore) pada Blok Masela bertujuan untuk pembangunan Indonesia.

"Kalau ribut soal Blok Masela dan juga Freeport ini perlu, karena kaitannya biaya operasional yang di dalamnya ada uang negara," ujar Qodari dalam diskusi dengan Sindo Trijaya dengan tema 'Menteri Ribut Bikin Ribet' di Warung Daun, Cikini,  Jakarta, Sabtu (5/3/2016).

Lanjut dia perdebatan tersebut memiliki efek positif karena masyarakat bisa mengetahui keunggulan dan kekurangan kilang darat dan laut untuk Blok Masela. "Perdebatan tersebut memiliki unsur kemanfaatan. Saya fikir ini perlu sekali, ini gaduh yang positif, agar media dan publik paham titik mana yang penting," tuturnya.

Sementara perdebatan atau kegaduhan yang tidak bermutu, dia mencontohkan soal Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang menyindir Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar yang menyatakan kekesalannya terhadap Garuda karena ketinggalan pesawat dan terjebak delay.

"Kalau ribut menteri ketinggalan pesawat, maka menteri yang lain jangan ikut marah-marah, nggak perlu ikut nyindir-nyindir. Itu perdebatan yang tidak mutu," tandasnya.

Sumber : sindonews.com
 
Top