Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Sudahkah meng auto-pilotkan bisnis kita?

Kalau bicara auto pilot saya jadi teringat jurusan kuliah saya. Otomasi. Membuat suatu pekerjaan jadi otomatis. Bedanya dulu buatnya robot. Sekarang bisnis.

Sistem bisnis yang Baik adalah Best Practice dari perusahaan kita sendiri

Kegagalan dalam bisnis itu biasa. Anggap ongkos pembelajaran buat masa depan. Tapi ya gag asal asalan juga bangun bisnisnya, tetap harus punya ilmu :).

Belajar itu memang melelahkan. Tapi jika kamu berhenti belajar maka bisnismu pun akan berhenti bertumbuh.

Tadi pagi saya baca sharing strategi praktis dari Coach Yohanes G. Pauly, gimana sih agar bisnis kita bisa sistematis, profitable & auto pilot?

Ya dengan cara membangun sistem bisnis yang praktis dan benar-benar bisa jalan, mulailah membuat sistem bisnis praktis di bisnis kita.

Lalu dari mana memulainya?

Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah download sistem yang selama ini ada di kepala kita.

Kita harus menerapkan FLOWISM, yaitu membuat secara praktis aliran di bisnis kita seperti apa. Ibaratnya tubuh, masuk dari mulut hingga keluarnya di belakang. Kita harus membuat business flow yang menjelaskan aliran bisnis kita dari awal (Input), Proses, hingga akhir (Output).

Selanjutnya kita harus menerapkan ORGANISM, yaitu membuat struktur divisi di dalam bisnis kita. Ibarat tubuh, ada organ-organ yang memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Artinya, masing-masing divisi memiliki tugas dan perannya masing-masing sehingga bisnis bisa berjalan.

Lalu, kita perlu membuat MECHANISM. Bila bisnis diibaratkan sebagai sebuah tubuh, maka organ-organ di dalamnya harus berkomunikasi dengan baik. Sistem komunikasi yang baik antar divisi sangat penting dalam bisnis untuk menghasilkan mekanisme yang bersinergi. Tujuannya supaya ada kita atau tidak ada kita dalam bisnis, bisnis tetap bisa berjalan dengan baik.

Semua jenis bisnis dari berbagai skala bisa membangun bisnis profitable dan bisnis auto pilot. Artinya tidak hanya bangun bisnis menguntungkan atau usaha menguntungkan tapi juga membangun sistem bisnis. Sehingga, Bisnis bisa berjalan sendiri dan Pemilik Bisnis bisa jalan-jalan.

Syaratnya ya tadi kita bangun sistem operasional bisnis yang benar-benar praktis dan bisa jalan di bisnis kita.

Pusing ya? Sama. Hehe...

Pusing itu tanda belajar. Dan belajar itu tanda bertumbuh.

Ingat Allah tidak akan mengubah nasib seseorang sebelum dia mengubah nasibnya sendiri.

Berubah atau kalah? Semua pilihan ada di tangan kita sendiri :).

Tri Widayanti
 
Top