Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Strategi Meningkatkan Hasil Investasi Terbaik dan Terpercaya tahun 2016


Banyak orang mencari cara untuk meningkatkan investasi pada tahun 2016. Perlu juga diketahui juga bidang investasinya dan juga prosesnya supaya hasilnya bisa lebih maksimal. Dengan belajar dan terus belajar maka hasil investasi bisa lebih baik pada tahun 2016 ini. Jadi  untuk menyambut tahun 2016 tidak hanya harus disambut dengan semangat optimistis tetapi jangan lupa untuk memonitor dan evaluasi investasi Anda.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika evaluasi investasi? Perencana Keuangan One Shildt Financial Consulting Muhammad Andoko menuturkan, perlu ada catatan untuk mengevaluasi investasi yang dimiliki. Catatan ini untuk mengetahui apa saja aset-aset yang dimiliki, pergerakan imbal hasil investasi dan pertumbuhannya bagaimana selama ini.

"Kita mencatat dulu apa investasi yang dimiliki baik financial aset dan riil. Misalkan melihat pencatatan yang punya saham dan reksa dana saham Rp 100 juta pasti turun pada tahun ini. Lalu apa yang harus dilakukan?. Kalau investasi logam apakah naik atau turun, tahun lalu berapa nilai pasarnya dan tahun ini berapa, biar kita mengetahui returnnya," kata dia, saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (20/12/2015).

Usai memiliki catatan, kemudian lakukan diversifikasi. Andoko mengatakan, selama ini menaruh investasi di aset apa saja. Dengan mengetahui aset investasi yang dimiliki dapat melakukan diversifikasi sehingga mengetahui berapa persen investasi yang dilakukan untuk masing-masing aset investasi.

Andoko menuturkan, perlu melakukan rebalancing investasi sebagai antisipasi untuk aset investasi yang menurun. “Misalkan tak lakukan rebalancing maka taruh 100 persen di saham jadi ketika turun maka turun semua. Namun kalau taruh 50 persen di saham dan sisanya di obligasi maka tak turun semua,” kata dia.

Karena itu, Andoko mengingatkan untuk konsisten pada aset lokasi. Bila terjadi penurunan maka tak sampai dalam. “Keberhasilan investasi kepada aset alokasi bukan produk investasi. Jadi tentukan aset alokasinya,” tegas dia.

Kemudian disiplin berinvestasi. Andoko menuturkan, bagi seseorang yang bekerja dapat menggunakan autodebet setiap bulan untuk investasi. Kalau tidak bisa melakukannya bisa menggunakan bonus dan tunjangan hari raya (THR) untuk investasi. Andoko juga menegaskan untuk mulai mengkontrol gaya hidup, kebutuhan dan pengeluaran agar dapat berinvestasi. (Ahm/Igw)

Sumber : liputan6.com
 
Top