Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Strategi Menjadi Kaya atau Menjadi Orang Kaya Sebelum 40 Tahun dari Warren Buffett By Liputan6



Mungkin beberapa orang belum tahu tentang Warren Buffet (Nama Panggilan). Warren Buffet memiliki nama asli Warren Edward Buffett adalah salah 1 orang terkaya di dunia dan juga seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat. Ia memiliki julukan Oracle of Omaha. Buffett telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar dari kecerdikannya berinvestasi. Ada beberapa tips dan strategi dari beliau dan terbukti berhasil supaya setiap orang menjadi kaya raya meskipun usianya masih di bawah 40 tahun. Hal itu telah dibuktikan oleh Warren Buffet.

Seiring berjalannya waktu, kekayaan miliarder Warren Buffet terus meningkat hingga mencapai US$ 66 miliar. Ia punya strategi dan visi dalam mengelola keuangan. Kedua hal tersebut yang membuatnya mampu bertahan selama bertahun-tahun menjadi orang terkaya di dunia.

Tidak mudah menjadi Buffet, apalagi dengan kondisi keuangan yang pas-pasan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Tapi Anda tetap bisa belajar dari strategi Buffet dalam mengelola keuangan, misalnya dana pensiun, mengelola utang, dan lainnya.

Berikut 10 tips keuangan ala Buffet khususnya untuk Anda yang berumur di bawah 40 tahun, seperti ditulis GoBankingRates.com, Sabtu (25/7/2015):

1. Menabunglah sekarang

Buffet memakai istilah dalam hal ini, "Ada seseorang yang duduk di bayangan pohon hari ini karena ada orang lain yang menanamnya jauh hari sebelumnya."

Menabung merupakan proses penuh perjuangan dan tidak pernah ada kata terlambat memulainya. Lakukan secara rutin dan jadikan sebagai prioritas.

2. Lihat nilainya dalam berhemat

"Harga adalah apa yang Anda bayar. Nilai adalah apa yang Anda dapatkan," kata Buffet. Ia terkenal sangat hemat dan mendapatkan manfaatnya hingga hari ini.

Berbelanja berlebihan, membeli barang yang tidak ada gunanya, hanya membuat Anda bangkrut. Banyak pula kebutuhan makanan dan rumah tangga yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

Cobalah berbelanja cerdas dengan mencari promo, penawaran kupon, dan lainnya. Bandingkan barang tanpa melihat merek. Anda mungkin bisa menemukan barang yang bukan dari merek terkenal dengan kualitas sama dan harga lebih murah.

3. Semua butuh proses

"Tidak peduli seberapa besar bakat atau upaya, semua hal perlu waktu. Anda tidak bisa menghasilkan bayi dalam satu bulan dengan menghamili sembilan wanita," kata Buffet.

Hanya karena Anda hampir berumur 40 tahun bukan berarti harus punya rumah besar, tiga mobil mewah, dan saldo tabungan miliaran rupiah. Tapi Anda dapat membuat kestabilan ekonomi dengan tujuan jangka panjang dan pemahaman bahwa kekayaan membutuhkan waktu.

Dengan menggabungkan langkah cerdas dengan kerangka waktu realistis, keamanan finansial pasti dapat Anda raih.

4. Belajarlah dari kesalahan keuangan masa lalu.

"Kaca spion selalu lebih jelas dari kaca depan," ujar Buffet. Ada banyak waktu untuk belaar dari kesalahan masa lalu daripada sekarang. Luangkan waktu untuk bertanya, apakah saya menyebar uang lebih banyak dan berutang? Apakah saya terlalu mengandalkan kredit?

Pada usia 40 tahun, Anda punya pengalaman hidup yang cukup untuk memahami kesalahan keuangan yang telah diambil. Sadarilah sedini mungkin supaya kebiasaan buruk itu tidak berujung hingga hari tua.

5. Batasi utang

"Saya telah melihat banyak orang gagal karena minuman keras dan meminjam banyak uang," kata Buffet. "Anda tidak butuh banyak utang di dunia ini. Jika Anda cerdas, Anda bisa membuat banyak uang tanpa meminjam."

Pengelolaan uang yang cerdas dan disiplin berarti Anda tidak perlu mengandalkan kartu kredit dan pinjaman. Bijaksanalah ketika berutang dan bayar cicilan secara penuh supaya Anda berpeluang mendapat pinjaman dengan bunga rendah.

6. Tidak masalah mengambil beberapa risiko keuangan

"Risiko datang ketika Anda tidak tahu apa yang sedang dilakukan," ujar Buffet.

Orang yang tidak kenal investasi mungkin melihat pasar saham terlalu berisiko. Itu mitos. Ketika Anda ingin memperluas portofolio di luar tabungan dan rekening pensiun, mulailah belajar investasi.

7. Bayar utang Anda

"Hal paling penting ketika Anda menemukan diri dalam lubang adalah berhenti menggali," kata Buffet dalam suratnya kepada pemegang saham Berkshire Hathaway 25 tahun lalu.

Jika Anda berutang di usia 20-an dan 30-an, mulailah berkomitmen menghapusnya ketika memasuki usia 40 tahunan.

8. Rumput tetangga tidak selalu lebih hijau

Ketika tetangga baru membeli mobil baru, berlibur, punya kondisi keuangan yang bagus, jangan rendah diri. Sikap itu hanya menyebabkan kerusakan pada pola pikir Anda.

Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain dan tujuan hidup Anda akan lebih mudah tercapai.

9. Uang tidak membeli kebahagiaan

"Beberapa hal materi membuat hidup saya lebih menyenangkan, tapi banyak pula yang tidak," ujar Buffet. "Saya senang memiliki pesawat pribadi mahal, tapi memiliki setengah lusin rumah hanya menjadi beban. Aset saya yang berharga adalah kesehatan dan teman lama yang beragam."

Anda tidak perlu menghabiskan seluruh hidup khawatir tentang uang. Jika Anda belum belajar ini sekarang, maka perlu mulai menyadarinya sebelum memasuki usia 40 tahun.

10. Jangan mendengarkan Warren Buffet

"Apa pun dan kapan pun bisa terjadi di pasar," tulis Buffet. "Tidak ada penasihat, ekonomi, atau komentator televisi yang bisa memberitahu Anda dari kekacauan yang akan terjadi. Mereka hanya akan memenuhi telinga tetapi tidak dompet Anda."

Jadi, 10 juta ahli dan saran sebenarnya tidak tahu kondisi keuangan Anda, kecuali diri sendiri. Anda tidak perlu terpengaruh atau dirayu oleh siapa pun dalam hal ini. Berhenti membandingkan prestasi keuangan Anda dengan orang lain, dan lakukan langkah terbaik untuk hidup Anda.


KLIK DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang cara menjadi kaya dan bahagia serta aman sesuai dengan kriteria dari Warren Buffet.


Reporter: Elsa Analet (Elsa/Ndw) , Liputan6.com, Jakarta
 
Top