AD (728x60)


Buku Rahasia Sukses Pelaku Bisnis Online ISBN 978-602-61666-0-9 harga normal Rp 390.000,-

Buku Mahir Jualan Online ISBN 978-602-61666-1-6 harga normal Rp 290.000,-

ISBN Buku Website Gratisan Pencetak Uang 978-602-61666-2-3 harga normal Rp 480.000,-



JOIN AGEN FREE

JOIN RESELLER FREE DAN BIMBINGAN SAMPAI BERHASIL

JOIN RESELLER FREE BIMBINGAN SAMPAI BERHASIL

PUSAT DESAIN WEBSITE

JASA WEB DESAIN PROFESIONAL 082226009834 (WA Only)

JASA WEB DESAIN PROFESIONAL 082226009834 (WA Only)

Arsip Konten

JASA PEMBUATAN WEBSITE MURAH 082226009834 (WA Only)

JASA PEMBUATAN WEBSITE MURAH 082226009834 (WA Only)

JASA DESAIN WEB MULAI 150.000

Follow by Email

Translate

Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Informasi

Jumat, 08 September 2017

Tahapan Memulai Investasi Reksa Dama bagi Pemula

Share & Comment

Tahapan Memulai Investasi Reksa Dama bagi Pemula

Mungkin Anda sudah tahu tentang Reksa Dana, namun masih merasa kebingungan untuk memulainya. Di sini akan dijelaskan tentang cara memulai investasi Reksa Dana bagi orang yang masih awam atau masih pemula secara tahap demi tahap.

Seperti juga membuka rekening tabungan, memulai berinvestasi reksadana sama mudahnya. Jika membuka rekening tabungan datang ke bank, maka membuka rekening reksadana juga ke bank ataupun ke manajer investasi, tergantung yang mana pilihan kita.

Berikut panduan sederhana langkah demi langkah untuk memulai berinvestasi reksadana. Perhatikan bahwa panduan ini saya coba buat sesederhana mungkin untuk bisa langsung diikuti, jadi kalau memang udah pengen nyoba, langsung aja diikuti :D

1. Pilih reksadana yang akan dibeli. Langkah ini penting, karena menentukan dimana kita akan membeli/mendaftar/membuka rekening, juga menentukan dana minimal yang dibutuhkan untuk investasi. Untuk menentukan reksadana apa yang sekiranya mau dibeli, mungkin artikel ini bisa jadi bahan bacaan.

2. Setelah memilih akan investasi ke reksadana apa, cari informasi di situs web dari MI tersebut, prospektus atau disini, apakah kita bisa membeli langsung dari Manajer Investasi (seperti contohnya Panin atau Trimegah), atau harus ke agen penjual (seperti contohnya Schroders/BNP Paribas hanya memperkenankan pembelian melalui agen penjualnya di bank mandiri, bank commonwealth ataupun lainnya). Informasi yang paling jelas biasanya ada di situs Manajer Investasi tersebut, seperti contohnya untuk reksadana Mandiri Investa Pasar Uang dari Mandiri Manajemen Investasi, di halaman ini tab ketiga ada daftar agen penjual dimana kita bisa membelinya yaitu di Bank Mandiri, Bank Commonwealth, Mandiri Sekuritas, Bank ANZ, Citibank, Bank Permata dan lainnya.

3. Kalau sudah tahu dimana kita bisa membelinya, misalkan kita bisa membeli di agen penjual bank commonwealth, ya kita datangi aja kantor/cabang bank tersebut yang melayani pembelian reksadana, bilang kita mau buka rekening investasi reksadana.
Perlu diingat, tidak semua cabang bisa melayani, dalam hal bank mandiri, biasanya hanya cabang utama yang bisa, kalau untuk commbank, setau saya bisa semua untuk cabang (-bukan-kantor-kas-atau-pembantu-). Atau jika dapat dibeli di supermarket reksadana online seperti ipotfund, ya tinggal register aja dan ikuti prosedurnya. Untuk beberapa reksadana yang hanya bisa dibeli dari MI nya (seperti panin), ya kunjungi situs web atau kantor cabangnya, dan bilang kita mau investasi reksadana.

4. Setelah kita dateng dan ketemu mbak CSnya, kita bilang bahwa kita mau buka rekening investasi reksadana, nanti oleh mbak CS akan diberikan form untuk diisi. Jangan lupa siapkan KTP dan NPWP (beserta foto kopinya), karena syarat rekening investasi reksadana ataupun saham adalah KTP NPWP.
Akan ada cukup banyak form dan berulang, jadi, yang sabar ya hehe…
Akan ada sebuah form yang bernama profil resiko investor, dari form ini akan diketahui apakah kita tipe investor konservatif, moderat atau agresif. Disini nanti akan diberikan saran oleh CSnya produk reksadana seperti apa yang sebaiknya kita ambil dan sesuai profil resiko kita.

5. Jika selesai mengisi form, dan kita telah memberitahukan produk apa yang akan kita beli, biasanya mbak CS akan memberikan preview/penjelasan mengenai produk itu, sekaligus detil teknis berinvestasi/membeli produk tsb. Salah satunya no. rekening reksadana tersebut dan nilai/jumlah minimal investasi (ini seharusnya kita sudah tahu jika kita membaca prospektus, brosur maupun fund-fact-sheet nya).
Jika kita membeli langsung dari MI, maka transfer uang sesuai dengan yang kita inginkan untuk investasi ke rekening tersebut dan kirim/berikan copy dari bukti transfer ke MI/CSnya untuk diproses sebagai pembelian awal (begitu pula pembelian berikutnya). Wajib diingat, rekening untuk penyetoran haruslah nama reksadana tersebut, bukan merupakan rekening pribadi ataupun rekening perusahaan.
Jika kita membeli dari agen penjual Bank, biasanya kita diberikan form dan mengisinya dengan nominal, dan dana tsb akan dipotong dari rekening tabungan kita.

6. Menunggu. :-D Jika kita melakukan transaksi beli lewat dari jam 13.00 WIB, maka tanggal eksekusinya adalah H+1, bukan hari H. Tunggu sekitar 3-14 hari setelah hari eksekusi, akan ada surat dari MI mengenai rekening reksadana kita dan transaksi kita. Simpan surat tersebut menjadi semacam buku tabungan/historis transaksi kita. Kalau mau, disarankan menyimpan surat lainnya yang akan datang setiap bulannya sebagai laporan rekening reksadana kita.
Jadi kalau bertanya-tanya, apa bukti reksadana kita, ya laporan bulanan.

7. SELESAI. Selamat, anda sudah menjadi investor Reksadana di Indonesia :)

Kalau nanti mau beli lagi gimana? ya ikuti aja prosedurnya dari langkah 3, tapi ga usah isi form baru, paling cuma isi form pembelian. Untuk supermarket reksadana online seperti i-banking commbank atau ipotfund, cukup klik saja :-D

Oh ya, perlu diketahui, laporan bulanan yang datang adalah per reksadana. Jadi kalau anda berinvestasi di 4 reksadana, maka surat yang akan datang setiap bulan berjumlah 4 buah. Dan kalau anda melakukan transaksi pembelian/top-up ataupun penjualan/redeem, maka jumlah suratnya bertambah sesuai jumlah transaksi :D.
Bisa dibayangkan kalau anda top-up di 4 buah reksadana, maka surat yang datang sebanyak 8 buah. Beberapa tahun berulang seperti itu, anda perlu membeli map untuk mengarsipkan :-D Atau justru kardus :D

DISCLAIMER : Penyebutan merk/nama produk bukan sebagai rekomendasi atau sinyal beli atau jual, melainkan hanya sebagai kepentingan informasi dan data saja. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa depan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.
Silakan bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on StumbleUponShare on RedditFlattr the authorShare on TumblrShare on LinkedInDigg this
investasipemulareksadana.



Informasi tambahan :
        Untuk calon investor yang tinggal di kota-kota yang bukan kota besar seperti surabaya/jakarta/jogja, ada beberapa cara :

        1. Membeli/mendaftarkan langsung ke MI melalui jalur online atau surat menyurat. Ini umum dilakukan beberapa MI, kita mendaftarkan via website, atau mengunduh formulirnya, lalu dikembalikan melalui pos (khusus pendaftaran awal, karena umumnya dibutuhkan tanda tangan asli).
        Begitu pula saat membeli, kita transfer dana nya, kemudian unduh formulirnya, dan dikirimkan scan form yang telah di isi melalui e-mail beserta copy/scan bukti transfer. Ada juga MI yang memberikan kemudahan beli dan jual reksadana secara online, namun biasanya hanya produknya sendiri.

        2. Datang ke MI terdekat dari kota anda. Dalam hal tulungagung, bisa datang ke Malang/Surabaya untuk pendaftaran awal. Biasanya, pembelian berikutnya bisa melalui e-mail atau pos/semacamnya.

        3. Melalui supermarket reksadana online. Contoh supermarket reksadana yang sudah full online adalah ipotfund. Dalam hal ini, semua full melalui web/situsnya.

        4. Melalui supermarket reksadana biasa/agen penjual. Supermarket reksadana/agen penjual yang umum dan cabangnya cukup tersebar luas adalah Bank. 2 Bank yang produknya cukup banyak dan minimal investasinya rendah setahu saya adalah Bank Mandiri dan Bank Commonwealth. Bank lain banyak juga sih produknya, tapi biasanya minimal investasinya ga nguatin (ada yang 10jt, ada yang 5jt…, di 2 bank ini kalo ga salah 100-500rb).
        Untuk Bank Commonwealth, anda bisa datang untuk mendaftar dan membeli pertama kali ke Malang/Surabaya, dan berikutnya bisa membeli/menjual secara online langsung menggunakan internet bankingnya (pengalaman saya pribadi).
        Sedangkan untuk Bank Mandiri, biasanya Kantor Cabang Utama bisa melayani pembelian reksadana. Silakan anda tanyakan ke Mandiri KC Tulungagung Jln. Sudirman No. 55 atau Mandiri KC Kediri Jln Diponegoro No. 17. Kalau ga bisa juga, berarti ke KC Utama Malang Jln. Wahid Hasyim atau KC Utama Surabaya Jln. Veteran.
        Perlu di ingat bahwa sampai saat ini setahu saya, bank Mandiri belum menerapkan sistem jual/beli online untuk reksadana, jadi kalau anda mau beli/jual, anda harus datang ke KC nya dan ikut antri di CS. Dulu awal-awal bisa di KCP, namun sejak tahun 2013 seinget saya hanya bisa di KC.

Sumber : adi.pramono.info

Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

 

Popular Content

Administration
Jl. Ir. Soekarno, no. 183 Kota Blitar, Jawa Timur

Course

Jl. Sentot Prawirodirjo Kota Blitar, Jawa Timur

Nomor Rekening Pembayaran :

Atas Nama Mahasika Yulanda
No.Rek BCA 0901107474
Kode Bank : 014

Recent Posts




https://api.whatsapp.com/send?phone=6282226009834&text=Saya%20ingin%20belajar%20dan%20konsultasi%20tentang%20panduan%20bisnis%20online%20jangka%20panjang%20ini
Anda bisa mendapatkan ebook karya M. Andis Wiyanto dari hasil praktek dan belajar bagi siapa saja yang ingin belajar memperoleh penghasilan dari internet. Anda memperoleh bimbingan, konsultasi FREE secara private sampai Anda berhasil selama kami dan tim mampu memberikan pelayanan maksimal untuk Anda. Penulis saat ini menjalankan bisnis online dengan beberapa bidang dengan produk antara lain yaitu kaos, percetakan, desain, sepatu, website, kursus, sambel pecel, buku, tikar, kosmetik, suplemen herbal, dan lain-lain. Anda bisa download GRATIS beberapa modul yaitu tentang Cara Mendulang Uang dengan Blog, Kunci Monestisasi Blog, Kunci Sukses Promosi Website, Menghasilkan Dollar Lewat Adsense, Panduan Etika Dalam Berinternet, Panduan Lengkap Agar Blog Anda Sakti dan Perkasa, Promosi Blog Spektakuler, Strategi Pemasaran Lewat Email, Tips agar Blog Disukai Search Engine, Tips Mempopulerkan Blog untuk Pemula, Tips Sukses Menjadi Affiliater, Yang Perlu Disiapkan untuk Bisnis Lewat Blog.

Why to Choose RedHood?

Copyright © Jasa Pembuatan Website Profesional | Toko Online | Web Design Custom | Digital Marketing | Designed by Templateism.com | Published by GooyaabiTemplates.com