Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Tips untuk Melakukan Evaluasi Terbaik Keuangan pada Akhir Tahun 2015 pada awal Tahun 2016 dari liputan6.com



Setiap melakukan tindakan, sebaiknya perlu dievaluasi juga karena dengan evaluasi tersebut maka bisa menjadikan masa depan lebih baik dan lebih tenang karena jika ada kekurangan maka di tahun 2016 bisa dimaksimalkan atau dibenahi supaya menjadi lebih baik.

Biasanya akhir tahun dimanfaatkan untuk mengevaluasi keuangan. Salah satu yang menjadi perhatian yaitu investasi. Namun, investasi ini biasanya juga melihat dari apa tujuan investasi Anda. Mungkin tujuan investasi untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Dengan evaluasi investasi, mungkin Anda biasa mengetahui apakah investasi yang sudah dilakukan sejalan dengan harapan, atau tidak?.

Perencana Keuangan One Shildt Financial Consukting Muhammad Andoko menuturkan, salah satu hal dilakukan unuk evaluasi keuangan yaitu memiliki catatan. Dengan memiliki catatan jadi mengetahui aset-aset investasi yang sudah dimiliki.

"Dengan catatan tadi dapat melihat pergerakannya seperti apa, pertumbuhan dan penurunnya. Misalkan saya punya saham senilai Rp 100 juta, tahun ini reksa dana saham dan campuran pasti turun. Jadi apa yag harus dilakukan," ujar Andoko saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (14/12/2015).

Andoko mengatakan, diversifikasi juga perlu dilakukan. Hal ini agar mengetahu aset yang dibeli apa saja ditempatkan di mana saja dan berapa persen penempatannya. Kemudian mulai disiplin untuk investasi.

"Dengan disiplin juga melihat seperti apa risk profilenya sehingga tahu penempatan investasi misalkan di saham berapa persen, deposito berapa. Coba disiplin dengan persentase itu," kata dia.

Ia mengatakan, langkah diversifikasi dan disiplin itu juga seperti melakukan rebalancing. Jadi ketika ada aset investasi turun tajam tetapi juga diimbangi aset investasi lain bagus.

Sumber : liputan6.com
 
Top