Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Wanita Cantik yang Sejak Berusia 15 tahun Menekuni Busana dan Sekarang Dihargai Puluhan Juta Rupiah Per Gaun

Sungguh prestasi yang sangat luar biasa, karena sejak usia 15 tahun mulai merancang baju (busana) dan sekarang satu rancangan desain bisa bernilai hingga Rp 50.000.000,- . Wanita ini sangat menginpirasi karena berani memulai bisnis sejak usia yang relatif muda yaitu sejak dia berusia 15 tahun.

Memulai Sejak Umur 15 Tahun, Kini Busana Rancangan Gladys Telah Dihargai Sampai Puluhan Juta Rupiah per Gaunnya.

Gladys Natalia yang kini berusia 26 sudah menggeluti dunia fashion semenjak masih remaja. Melalui tangan dinginnya, berbagai macam rancangan busana di segmen premiun telah dihasilkannya. Bahkan, setiap busana rancangannya kini telah mencapai harga Rp 50 juta.


Jadi, bisa diceritakan, kapan awal mulanya Gladys tertarik untuk mendesain baju?

Saya sudah senang membuat rancangan baju sejak berumur 15 tahun. Hal itu saya lakukan sekedar untuk mengisi waktu setelah pulang sekolah. Lalu, seiring berjalannya waktu, saya mulai mengambil kursus desain dan dari inilah kemudian saya mulai tertarik dan mendalami design. Padahal kedua orang tua saya tidak ada yang memiliki background dalam mendesain sebuah baju.


Kenapa terpikir untuk terjun ke dalam bisnis ini, kan ada banyak peluang usaha yang lain?

Saya punya motto untuk selalu menyemangati diri saya sendiri,“Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life”. Jadi, menurut saya peluang bisnis fashion ini sangat besar sekali dan masih terbuka bagi siapa saja yang ingin serius dan terjun kedalam bisnis ini. Terlebih, untuk wedding industry yang menurut saya juga masih banyak peluang untuk semua orang.



Apa sih tantangannya dalam mengembangkan bisnis di dunia fashion, kan pesaingnya tidak sedikit?

Dalam menjalankan bisnis, apapun jenisnya bidangnya maka sebaiknya seorang entrepreneur harus selalu tetap  kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, saya selalu mengikuti tren terbaru dalam mendesain sebuah baju. Selain itu, saya juga memiliki ciri khas sendiri dalam setiap rancangan baju sehingga bisa langsung dikenali. Dengan begitu, setiap pengusaha tidak perlu bersaing terlalu ketat karena sudah memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh orang lain.


Lalu, dalam satu bulan, biasanya terjual berapa baju dan berapa sih penghasilan yang didapat Gladys dari merancang baju?

Dalam bisnis fashion, khususnya untuk wedding, dalam pembuatan setiap busananya tidak sesederhana seperti bisnis fashion di bidang retail. Oleh karena itu, butuh sedikit waktu lebih untuk mengerjakan satu baju dimana proses pengerjaannya pun secara handmade. Selain itu, saya sendiri juga memiliki batas waktu sehingga dalam pengerjaannya tidak terburu-buru serta tidak mengecewakan klien.

Sementara itu, untuk kisaran harga jual 1 wedding gown rata-rata mencapai Rp 50juta keatas. Jadi, sudah bisa dibayangkan pendapatan yang saya terima dari penjualan setiap gaun hasil rancangan saya.


Apa yang biasanya menjadi inspirasi dalam mendesain sebuah baju?

Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, menjadi seorang desainer harus selalu kreatif dan inovatif. Jadi, untuk merancang sebuah baju atau gaun saya terinspirasi oleh banyak hal yang ada disekitar saya. Bahkan, saya juga mendesain sebuah baju yang bertema robotic karena pada saat itu tertantang untuk membuat baju dengan tema cultural futuristic. Jadi, saya terpikir membuat baju dimana ada tombolnya yang dapat secara otomatis membuat sebuah rok panjang menjadi rok pendek.


Menurut Anda, bagaimana perkembangan bisnis fashion di Indonesia sekarang ini?

Perkembangan bisnis fashion di Indonesia sekarang sudah sangat bagus dan muncul banyak desainer-desainer baru. Oleh karena itu, mereka yang terjun kedalam bisnis fashion harus berupaya membuat ciri khas mereka sendiri. Selain itu, tidak sedikit busana rancangan desainer dalam negeri yang sudah go international dan bahkan telah dipakai oleh banyak artis-artis mancanegara. Jadi, sekarang tidak perlu khawatir lagi bahwa terjun di bisnis fashion juga tak akan bisa masuk level internasional.


Pernah merasa frustasi karena tidak mendapat ide untuk merancang baju, lalu bagaimana Anda mengatasinya?

Setiap orang pasti mengalami titik lelah atau titik jenuh dalam melakukan sesuatu hal secara kontinyu dan dalam jangka waktu yang lama. Tidak terkecuali saya yang juga pernah mengalami frustasi dalam menjalankan bisnis di bidang fashion ini. Saat saya berada dalam kondisi tersebut maka yang saya lakukan adalah menyendiri ditempat yang tenang untuk berkontemplasi. Kemudian, saya akan akan memutar musik yang berirama jazz. Perlahan, saya pun mulai dapat masuk kedalam suasana yang nyaman sehingga muncul imajinasi-imajinasi yang menghasilkan ide baru untuk merancang suatu gaun atau busana.


Terakhir, apa saran dari Gladys agar mereka yang memulai bisnis fashion seperti Mas tetap bersemangat?

Dalam menjalankan bisnis, seorang entrepreneur itu juga penting untuk menentukan GOAL dan vision. Set your goal, dan jadikan itu sebagai support dan ambisi saat anda merasa putus asa dan kehilangan semangat. Dengan memiliki vision dan goal yang telah ditentukan maka perjalanan bisnis Anda akan semakin terarah dan akan lebih mudah dalam mengendalikannya.

Sumber : yahoo.com dan Studentpreneur
 
Top