KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Bangkit dari Musibah Kebakaran, Rico Huang Kini Sukses Berkat Instagram

CERITA BISNIS·AUGUST 20, 2016

Serial Cerita Bisnis – Motivasi -Inspirasi – Kisah Sukses Pengusaha

sumber gambar : bayuwin.com

SaatnyaJadiPengusaha.com – Ada kisah menarik yang didapat dari di blog strategimanajemen.net milik mas Yodhia Antariksa. Kali ini ceritanya datang dari Rico Huang, anak muda yang telah  berhasil mengelola dan menumbuhkan bisnisnya hingga mampu menggaet sekitar 2000an reseller untuk produknya.

Tapi selalu ada kisah menarik di balik sebuah kesuksesan. Termasuk kisah dari Rico ini. Kesuksesan yang ia dapatkan tidak semata-mata datang begitu saja, melainkan hasil dari perjuangan, kerja keras, kerja cerdas dan kemampuan memanfaatkan kondisi yang add disekitarnya.

Berawal Dari Musibah Kebakaran

Awal dari kisah ini berasal dari musibah kebakaran yang menimpa rumah keluarganya. Ayahnya yang hanya pedagang arloji dengan kios kecil alakadarnya harus merelakan rumah tempat tinggal mereka dilalap habis oleh si jago merah. Akibatnya, ekonomi keluarga mereka pun makin terhimpit dan terseok-seok.

Rico, yang waktu itu masih duduk di bangku SMA, tidak mau larut dalam kesedihan. Ia kemudian bertekad untuk meringankan beban ekonomi orangtuanya dengan jalan berwirausaha.

Berjualan Nasi Uduk

Awal “bisnis” Rico dimulai dengan berjualan nasi uduk yang ia ambil dari tetangganya, kemudian dijual ke teman-temannya di sekolah. Akan tetapi usaha ini tidak berjalan lama karena pihak sekolah melarangnya melanjutkan aktivitas dagang ini.

Tidak mau menyerah, Rico kemudian beralih ke bisnis kaos oblong. Dengan modal seadanya, ia memulai bisnis ini dengan berjualan selepas jam sekolah. Akan tetapi sayangnya usaha ini masih mengalami kegagalan. Dilanjutkan kemudian dengan berbisnis kuliner membuka usaha dagang mie ayam yang juga kandas di tengah jalan.

Beberapa kegagalan sempat membuat Rico shock, namun ia tetap memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk berani membuka bisnis.

Memulai Bisnis Online Shop

Setelah menuai berbagai kegagalan, Rico melanjutkan usaha bisnisnya dengan membuka online shop Kali ini ia memulainya dengan berjualan aksesoris handphone, sebuah produk yang ia perkirakan banyak peminatnya. Ia memasarkan jualannya melalui sosial media Kaskus, Facebook dan Instagram.

Tidak seperti usaha-usaha yang sebelumnya, kali ini bisnis aksesoris handphone Rico mendapatkan respon yang positif. Dari beberapa item terjual per hari, semakin lama semakin besar dan kini, setelah empat tahun menekuni bisnis dengan label Alona Gadget, Rico telah memiliki sekitar 2000 reseller yang membantu dalam memasarkan produk bisnisnya ini. Tidak hanya itu, Rico pun telah menulis sebuah buku yang diberi judul “Jago Jualan di Instagram” yang terinspirasi dari pengalamannya dalam memasarkan produk-produk bisnisnya ini.

Sukses Berkat Instagram

Salah satu aplikasi sosial media yang sangat membantu Rico dalam mengembangkan bisnisnya adalah Instagram.

Untuk itu Rico pun tidak segan membagi tips sukses berjualan awal di instagram seperti yang dikutip dari salah satu sumber disini

Ketika Anda telah membuat satu akun khusus untuk berjualan di Instagram ada satu cara untuk mendapatkan followers yang banyak dalam waktu relatif singkat. Pertama, cari akun yang berjualan produk dengan jenis yang sama dengan apa yang kita jual. Tentunya akun tersebut harus telah memilikifollowers yang cukup banyak.

Kemudian, lanjut Rico, follow semua followers dari akun tersebut, minimal 50 ribu akun. Setelah following akun kita mencapai angka tersebut kunci akun Instagram kita. Dengan dikuncinya akun kita, otomatis akan memancing rasa penasaran dari akun yang telah kita follow. Dengan begitu kemungkinan besar mereka akan mem-follow akun kita karena penasaran dengan foto produk kita.

“Akun saya yang @alonagadget itu awalnya seperti itu, saya follow semua followers kan yang jualannya sama dengan saya. Karena followersdia merupakan target pasar yang sama. Otomatis kan target yang kita garap tepat sasaran. Dan pasti mereka penasaran untuk mem-follow kita kalau kita gembok,” tuturnya.

Ketika akun kita masih dalam posisi dikunci, manfaatkan untuk mengunggah foto produk sebanyak-banyaknya. Tentu dalam hal ini lakukan juga strategi potongan harga, dengan mencantumkan harga lama yang dicoret dengan harga yang telah didiskon. Pastikan juga harga yang kita banderol lebih murah dari akun kompetitor yang akan kita ambil followers-nya.

Strategi Simple :” i follow you, you follow me, and then i unfollow you “

“User di Instagram ini suka banget sama harga coret. Apa lagi cewe atau ibu-ibu muda itu suka banget gambar dengan harga yang dicoret. Ini juga berlaku di Instagram bukan hanya di mal. Lumayan dengan cara itu, dulu di awal-awal saya bisa dapat 10-20 order per hari,” ujarnya meyakinkan. Setelah itu, Rico menyarankan, jika dirasa followers kita sudah mencapai seribu akun dan following kita masih berjumlah 50 ribu, maka bisa dilakukan unfollow. Hal itu dikarenakan banyak pula akun Instagram yang sudah tidak aktif atau hanya akun palsu atau bot.

“Itukan berarti kita membuang yang tidak efektif, percuma juga followmereka. Selain itu juga enggak enak dilihat juga kalau followers kita jauh lebih sedikit dibanding followingkita. ini namanya strategi i follow you, you follow me, and then i unfollow you,” tandasnya seraya tersenyum.

Sebuah strategi yang simplesebenarnya ya 🙂

Tetapi strategi ini telah melambungkan nama dan bisnis Rico Huang hingga memiliki ribuan reseller untuk memasarkan produknya.

Jenis usaha yang dilakoni Rico pun semakin berkembang. Selain konsisten dengan Alona, Rico bersama rekan juga membuat dropship supplier beraneka produk terutama yang berkaitan dengan gadget dan custom casing yang bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha baru. Anda bisa membaca peluang bisnis modal kecil ini di artikel berikut : Mau Bisnis Gadget, Casing dan Ribuan Produk Lainnya ? Disini Anda Dapat 2 in I Dengan 5000 Produk Siap Dipasarkan

Bukan hanya itu, Rico pun telah menulis buku Jago Jualan di Instagram dan yang terbaru adalah buku yang mengupas tuntas bagaimana cara berbisnis dengan model dropship mulai dari 0 karyawan hingga memiliki 25 karyawan dan 3 perusahaan di usia yang baru 21 tahun!. Buku ini bisa didapatkan di cafebuku.com melalui link berikut : Dropship Mastery : Cara Menjual Barang Tanpa Tatap Muka

Dari kisah Rico ini terdapat beberapa hal yang bisa kita petik, seperti : semangat juang Rico yang tak kenal lelah meski sebelumnya sempat mengalami musibah yang cukup besar, dan juga kemampuannya dalam menerapkan ilmu street smart, sebuah kecerdasan jalanan yang dibentuk dari pengalaman langsung dilapangan, menjalani roda usaha, menemui kegagalan dan terus gigih maju meski kendala banyak menghadang (berdasarkan sumber : Yodhia Antariksa). Selain itu, tidak hanya bekerja keras, Rico juga bekerja cerdas dengan kemampuannya merekrut reseller hingga ribuan orang yang dapat membantunya dalam mengembangkan bisnis ini hingga ke level yang lebih besar.

Bagaimana Menduplikasi Kesuksesan Rico Huang

Strategi pemasaran Rico dengan menggunakan instagram tentunya dapat kita terapkan juga untuk jenis produk sedang kita pasarkan saat ini. Berbeda dengan masa awal Rico berkenalan dengan instagram dimana mungkin belum terdapat banyak aplikasi atau tools yang membantunya dalam memaksimalkan potensi instagram, kita bisa mendapatkan kemudahan dengan munculnya berbagai aplikasi baru.

Salah satu yang banyak direkomendasikan oleh para praktisi olshop adalah Celebgramme, sebuah Tools Instagram Virtual Assistant yang membantu meningkatkan Engagements & menambah Followers. I. Anda bisa membaca lebih lengkap informasi tentang celebgramme melalui website ini : Celebgramme V2 – 120 days subscription

Semoga bermanfaat.
 
Top