KLIK DI SINI untuk mengetahui ONLINE BUSINESS COURSE sehingga Anda bisa MENGHASILKAN MILIARAN RUPIAH melalui BISNIS ONLINE cukup dengan menggunakan fasilitas GRATIS di internet KLIK DI SINI

Bagaimana Mendapatkan Lead (Prospek Kustomer) Lewat Social Media.



Kita tahu bagaimana efektifnya social media untuk menciptakan sesuatu yang viral. Tapi value sebenarnya ada di potensial untuk menghasilkan lead penjualan untuk bisnis anda.

Social media adalah cara terbaik untuk membuat awareness dan engagement. Pertanyaan yang banyak di pertanyakan oleh banyak marketer adalah: Apa selanjutnya?

Bagaimana anda mengkonversi interest - like, komen, share - menjadi lead?

Bagaimana mengubah follower dan fans menjadi kustomer?

Tulisan ini akan memberikan gambaran bagaimana menemukan dan menjalin relationship dengan calon kustomer anda di social media dan mengubah relationship tersebut menjadi leads baru untuk bisnis anda.

A. LEAD GENERATION

Lead generation adalah lebih dari atau bukan hanya meningkatkan like dan share. Ini tahap penting dari perjalanan pembelian, membantu prospek dari untuk pindah dari follower jadi kustomer.

Jadi kalau simple nya, Lead generation adalah proses untuk mengkonversi orang lain menjadi kustomer kita. Biasa nya anda tidak langsung menjuali mereka dalam proses ini, tapi memberika sesuatu yang mempunyai value.
Apa itu Lead?

Leads (Prospek) adalah seseorang yang tertarik dengan produk, jasa dan penawaran Anda.

Mereka tidak hanya memfollow anda atau share facebook post anda, tapi mereka juga memberikan detail informasi mereka.

Bukan Lead: "Bagus banget tulisan nya, ijin share ya"
Lead: "Bagus banget tulisan nya. Saya ingin tahu lebih banyak, jadi saya membuka website anda dan sign up ke email list anda"

5 Manfaat Utama Dalam Membangun Lead:

1. Mengumpulkan Informasi

Social media memungkinkan anda mendengarkan, berinteraksi dengan orang-orang untuk membangun relationship sehingga anda dapat dengan mudah mengerti apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Orang-orang membagikan data personal mereka di social media, yang dimana ini akan memudahkan kita untuk menargetkan dan mengkualifikasikan lead yang berkualitas. Semua data ini bisa di dapatkan di social media dan menjadi aset untuk anda gunakan untuk meraih audiens yang anda inginkan.

2. Meningkatkan Traffic

Karena kustomer anda kebanyakan ada di social media, ini akan menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kunjungan ke website anda, yang dimana anda dapat mengkonvert mereka menjadi leads dengan menangkap informasi mereka.

3. Meningkatkan Revenue

Kebanyakan pebisnis menargetkan revenue untuk bisnis mereka. Jika social media bisa mendapatkan lead yang berkualitas maka anda dapat mendorong mereka untuk membeli produk anda. Anda dapat terus melakukan strategy ini dan memaksilakan ROI anda di social media.

4. Membangun Kepercayaan

Social media adalah sebuah channel media yang berifat 2 arah komukasi Yang memungkinkan anda membangun hubungan yang berkelanjutan dengan calon pelanggan. Ini akan terasa lebih langsung dan bersifat pribadi dari pada mereka mengunjungi website anda dan lebih bisa dipercaya dan otentik dibanding marketing lainnya.

Ini adalah bagian dari proses membangun lead yang dimana anda dapat mendorong mereka untuk membeli dari anda. Membangun kepercayaan merupakan hal yang sangat penting.

5. Target Audiens Yang Tepat

Social media memungkinkan anda untuk menargetkan kustomer yang potensial dan berikan mereka konten yang tepat sepanjang buyer journey mereka dengan melibatkan mereka secara langsung.

B. BAGAIMANA MENDAPATKAN LEAD

Calon kustomer anda ada banyak di luar sana. Social media dapat membantu anda menemukan dan membangun engagement dengan mereka, menangkap informasi mereka dan menjalin hubungan.

Sosial media telah berkembang menjadi salah satu tool yang paling hebat yang tersedia bagi Anda untuk memdapatkan lead. Ini artinya ada banyak taktik yang bisa anda gunakan untuk mengambarkan prospektif kustomer ke sales funnel anda dan mengkonversi mereka menjadi buyer.

Anda sudah tahu value dari konten yang bagus untuk menarik follower baru dan engage dengan yang sudah ada. Konten juga mendasari bagaimana orang akan tertarik terhadap bisnis anda.

Top Funnel (Funnel Bagian atas) dari gambar di atas adalah tempat untuk menarik lead potensial, termasuk orang asing atau orang-orang yang belum tahu tentang anda dengan menawarkan konten-konten yang bagus dan sesuai dengan minat mereka.

Konten yang termasuk di Top Funnel Adalah:
- Ebook
- Report
- Webinar
- Checklist
dan masih banyak lagi...

Ini sangat penting untuk memberikan sesuatu yang valuable dulu terhadap mereka dengan imbalan mereka mau memberikan detail informasi mereka.

C. BAGAIMANA MERAWAT LEAD

Membuat orang masuk ke database Anda, itu hanyalah permulaan. Anda kemudian harus merawat/menjaga hubungan anda dengan mereka sampai mereka mau membeli produk kita.

Rata-rata 50% dari lead belum siap untuk membeli. Ada yang cepat, ada juga yang membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan edukasi lebih dalam. Mungkin mereka sudah download ebook anda, mengikuti webinar anda dan subscribe ke email list anda tapi anda masih perlu untuk meyakinkan mereka untuk membeli.

Kembali ke Sales Funnel yang saya sebut di atas, merawat/menjaga ada di bagian Middle Funnel (Funnel Bagian Tengah).Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi lead kualitas tertinggi dan menemukan waktu yang tepat untuk menjualai mereka.

Ada beberapa cara untuk kita merawat lead kita, diantaranya:

1. Social Listening

Salah satu cara media sosial dapat membantu Anda memupuk prospek adalah kemampuan yang diberikannya untuk mendengarkan apa yang dikatakan pelanggan tentang Anda, kompetitor anda, produk anda dan topik lainnya yang berkaitan dengan anda.

Social listening memungkinkan anda untuk memantau percakapan orang lain termasuk lead anda. Ini memungkinkan anda untuk:

- Menjawab kekhawatiran porspek kustomer secara real time
- Membantu menjelaskan tentang produk dan jasa anda
- Memberikan konten yang tepat di waktu yang tepat dan ke orang yang tepat
- Mengetahui prospek lebih baik
Social listening memungkinkan anda untuk menargetkan keyword dan phrasa yang ingin anda pantau, contohnya:
- Nama brand anda
- Kompetitor anda
- Slogan brand
- nama campaign dan keyword
dll...

2. Engagement

Dengan melakukan social listening, ini akan memberikan anda kesempatan supaya lebih engage dengan lead dan prospek dan membangun nama baik untuk brand anda serta membangun hubungan yang lebih kuat.

D. BAGAIMANA MENGUKUR LEADS

Pelacakan, pengukuran, dan analisis konstan memungkinkan Anda menyaring lead anda supaya lebih berkualitas.

Seiring visibilitas media sosial dalam organisasi tumbuh dari tahun ke tahun, Begitu juga anggaran dan sumber daya media sosial. Hal ini mengharuskan anda untuk mengukur dan melaporkan dampak sosial terhadap bisnis anda.

Taktik seperti social listening, kontes dan konten marketing dapat menghasilkan sejumlah besar data. Data ini lah yang sangat berharga untuk bisnis anda dan dapat membantu anda untuk:

- Membuktikan dampak positifnya terhadap organisasi
- benchmark hasil sosial Anda melawan Anda Pesaing
- Memdapatkan autorithy
Mengukur dan mentracking campaign social media anda secara akurat juga memungkinkan anda untuk fokus terhadap apa yang terjadi sekarang dan meningkatkan value apa yang belum diberikan. Contohnya:
- Melihat konten apa yang sesuai dan tidak sesuai
- Memaksimalkan budget iklan anda
- Fokus di taktik yang terbukti ampuh
- Menemukan Insight yang memungkinkan anda engage dengan lead dengan lebih baik

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda ingat saat merumuskan strategi untuk pengukuran lead Anda:

1. Tentukan Goal

Menentukan goal memberi Anda target untuk dituju. Goal dalam membangun lead harus selaras dan berkontribusi untuk memenuhi tujuan organisasi lainnya, dan juga harus spesifik, dapat dicapai, dan terukur.

Contoh dari goal adalah:
- Mendapatkan 500 lead baru setiap 1 minggu
- Meningkatkan 20% jumlah orang yang mendownload ebook di minggu ke 2
- Meningkatkan 30% jumlah orang yang menjadi member di group di bulan ini

2. Lacak metrik yang benar

Ketika anda mempunyai kemampuan untuk melacak banyak hal, ini sangat penting untuk memperkecil hal tersebut kepada hal yang paling penting dalam mencapai goal anda.Melakukan pelacakan juga memungkin kan anda untuk melakukan test untuk menemukan apa yang bekerja dan apa yang harus di optimasi.

Metrik yang harus di tracking:

- Download- Email sign up
- Jumlah view di landing page
- Jumlah CTR di iklan

3. Simpan insight dari kustomer

Media sosial dapat menghasilkan banyak insight dari kustomer. Ini penting untuk memastikan Anda menyimpan insight-insight ini.

Insight ini membantu anda untuk menciptakan gambaran yang sangat jelas tentang lead anda. Anda atau team penjualan anda dapat kemudian menggunakan informasi ini untuk Memiliki percakapan yang lebih otentik dan relevan dengan prospek kustomer anda.

-----

Sekian dulu tulisan saya dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan mari kita diskusikan di komen.
Dan kalau sekiranya nya bermanfaat jangan lupa untuk like dan share (y)

Salam,
Deni Iskandar

P.S. Jangan lupa join channel telegram saya https://t.me/denimarketer



 
Top