Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Cara Jitu Untuk Meningkatkan Follower Di Sosial Media Anda dari Deni Iskandar



Berkembangnya peran media sosial kerap kali menjadikan jumlah followers sebagai tolok ukur kesuksesan sebuah bisnis. Tidak hanya itu, jumlah followers bahkan bisa menentukan apakah sebuah bisnis terpercaya atau tidak. Dengan kata lain, profesionalisme sebuah bisnis, bisa saja ditentukan dari jumlah followers atau pengikutnya.

Berbicara tentang fenomena followers, memiliki jumlah followers yang banyak punya berbagai keuntungan; terlebih untuk kepentingan promosi produk.

Pasalnya, cukup dengan melakukan promosi secara massal, produk Anda akan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas (tergantung jumlah followers). Belum lagi, media sosial juga kerap mengundang followers untuk mengunjungi situs Anda, bahkan menjadi pelanggan yang loyal.

Berikut adalah beberapa tips jutu untuk meningkatkan followers di media sosial yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Bagikan Konten Menarik dan Berkualitas.

Biasanya, untuk menjaring pembaca, banyak portal berita online yang membagikan konten menarik dan berkualitas sebanyak-banyaknya.

Nah, hal yang sama juga berlaku pada media sosial bisnis Anda.

Anda dapat membuat daftar topik yang menarik, mulai dari tips dan trik, keuntungan vs risiko, tutorial, dan informasi-informasi lain yang masih terkait dengan bisnis Anda sebagai bahan referensi yang berguna bagi followers Anda.

Meskipun tujuan utamanya adalah promosi, jangan lupa untuk membagikan konten yang menarik, relevan, dan tentunya bermanfaat.

Pastikan pula untuk menyediakan konten secara berkala dan rutin setiap harinya. Banyak pengguna akun media sosial yang mengikuti akun lain lantaran manfaatnya.

Entah itu lucu (hiburan), menginspirasi, atau menyediakan informasi lain yang dibutuhkan.

Agar semakin efektif, Anda bahkan bisa menerbitkan konten yang memungkinkan pembacanya untuk “membagikan” ulang melalui akun media sosial pribadi mereka.

2. Jadilah Aktif.

Memiliki media sosial = komitmen seumur hidup. Lho kok kedengarannya mengikat ya?

Ya, suka ataupun tidak, jika Anda memutuskan untuk memiliki akun sosial media untuk bisnis Anda artinya Anda sudah siap untuk berkomitmen.

Berarti, Anda harus terus membuat inovasi dan strategi untuk membuat sosial media Anda hidup. Dari hari ke hari. Setiap hari.

Pasalnya, bukan hanya sekadar mempromosikan bisnis, media sosial adalah tempat Anda membina hubungan dengan para followers maupun calon pelanggan.

Misalnya dengan menyapa followers Anda, memintanya berkomentar, atau menjawab pertanyaan, dan meresponsnya dengan cepat.

Intinya adalah dengan menciptakanlah keakraban dan kesan positif terhadap brand Anda, dan membina hubungan baik dengan para follower Anda sehingga mereka tertarik untuk terus mengikuti Anda.

Tetaplah konsisten. Bukan hanya soal konten, melainkan juga selama interaksi berlangsung. Jawablah pertanyaan maupun komentar dengan cepat dan sigap.

Dengan begitu, mereka yang merasa diuntungkan atau “diperlakukan dengan baik”, tentu tidak akan sungkan untuk merekomendasikan akun media sosial Anda kepada orang lain.

3. Terus Promosi

Manfaatkan setiap kesempatan untuk mempromosikan media sosial yang Anda punya.

Misalnya ketika Anda presentasi (menampilkan dalam slide), berjualan (menaruh media sosial dalam banner/poster), bahkan menaruh ikon brand Anda di e-mail, kartu nama, dan tentunya situs pribadi. Pastikan calon followers Anda sadar akan kehadiran media sosial bisnis, website, dan brand Anda.

Nah, jika Anda memiliki situs, maka Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menambah followers akun media sosial.

Misalnya dengan memasang tombol follow pada jendela pop up yang akan muncul saat ada pengunjung baru (yang sama sekali belum memberikan like pada akun bisnis atau mengikuti akun media sosial Anda).

Atau Anda juga bisa menempatkan tombol media sosial di laman “kontak” situs atau di posisi strategis, seperti bagian atas artikel, di bawah artikel, atau justru di dekat judul.

4. Mencari dan Bersosialisasi dengan Akun dengan Minat Sama.

Carilah akun-akun dengan minat sejenis, baik akun grup maupun personal. Setelahnya, Anda bisa bergabung, berdiskusi, dan bertukar ide, atau justru merancang proyek bersama.

Bersosialisasi dengan orang lain akan mengantarkan Anda pada peningkatan jumlah followers.

Ingat, aktif di media sosial bukan berarti Anda hanya menjadi penyedia konten saja.

Seringkali dengan menjadi follower dan memberikan komentar-komentar positif dan berharga kepada audience lain akan membuat Anda semakin memiliki kredibilitas yang baik.

Ujung-ujungnya, follower Anda juga akan bertambah banyak seiring dengan kredibilitas yang Anda miliki di media sosial.

-----

Itulah beberapa tips jitu untuk meningkatkan followers di media sosial. Sudahkah Anda mempraktikkan salah satunya? Ataukah Anda mempunyai tips lain?

Semoga Bermanfaat :D

Salam,

Deni Iskandar
Sahabat "Digital Marketing" Anda

P.S. Silahkan share jika sekiranya bermanfaat :D

P.P.S. Jangan lupa join channel telegram saya https://t.me/denimarketer
 
Top