Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

‎Hutang Buat Usaha Itu Baik, Ini Buktinya dari Darmanto Seo‎ ke Bisnis Anak Muda dan Rico Huang




Terkadang ketika mau mulai usaha, salah satu yang jadi kendala adalah alasan tidak punya modal. Ada saja yang ketika mau usaha mengeluh dan alasan dengan belum punya modal. Contoh kata-kata yang sering saya dapatkan dari keluhan orang adalah “Pengin sie mas saya mulai usaha, tapi nanti kalau sudah punya modal”. Ada juga yang “Nanti saya akan mulai usaha kalau sudah punya modal”. Dan berbagai alasan lainnya.

Lanjut… Seperti status saya sebelumnya di #catatandarmanto bahwa saya mulai kenal internet sekitar tahun 2010. Sejak kenal internet, kerjaan saya jadi nambah. Awalnya yang hanya ke warnet setiap malam minggu, lama-lama saya hamper tiap hari ketika ada waktu istirahat atau senggang, saya sering bolak-balik ke warnet dengan jalan kaki. Jarak dari kerjaan ke warnet cukup lumayan, -/+400 meteran. Bayangkan kalau setiap hari ke warnet dengan jarak segitu dengan jalan kaki, capai rasanya!

Singkat cerita, pada suatu hari ketika saya pulang kampung, waktu itu istri di kampung bantuin saya untuk nambah penghasilan dengan cara buka warung sembako kecil-kecilan. Kendala muncul karena tidak punya motor sendiri. Setiap hari belanja menggunakan angkudes. Akhirnya saya putuskan untuk kredit motor.

Rasa khawatir tidak bisa nyicil motor cukup besar. Bayangkan waktu itu untuk biaya hidup anak istri tiap bulan saja sering kurang, apalagi kalau ditambah pengeluaran harus cicil kredit motor. Gaji saya yang waktu itu masih kecil dari kerja menjadi tukang sablon tidak cukup. Inilah yang membuat akhirnya saya nekad berhutang untuk mulai usaha .

Hutang buat usaha saya dapatkan dari seorang teman yang sudah seperti saudara saja. Beliau bernama Asir Susanto. Beliau mendukung penuh rencana saya untuk mulai usaha online dengan cara memberikan saya hutang seperangkat computer bekas dengan nilai Rp. 1 JT.

Hutang senilai Rp. 1 JT, bagi saya waktu itu semakin menambah beban karena utang jadi bertambah. Dan dengan modal computer bekas inilah, saya tertantang untuk bisa membuktikan bahwa apa yang saya lakukan tidak salah, yaitu mulai menjalankan bisnis online dengan cara BERHUTANG!

Komputer bekas inilah yang banyak membantu saya untuk mulai dapat order. Saya belajar membuat blog pertama saya yaitu dharmasehat.com untuk jualan herbal (awalnya blog pertama saya dari platform gratis blogspot dan saya migrasi ke platform wordpress). Setiap ada waktu senggang, saya mulai rajin nulis di blog gratis tersebut. Rajin upload produk yang saya jual via online.

Dari blog gratis inilah saya mulai menemukan hobi saya yang baru yaitu senang dalam otak-atik desain blog. Desain blog saya yang sederhana ternyata membuat orang lain tertarik. Order pertama saya dari blog yang saya buat malah order desain blog, bukan produk herbal yang saya jual.

Berbekal order pertama tersebut dari desain blog, itulah awal mula saya akhirnya membuka jasa desain blog hingga saat ini. Dan selain desain blog/web, saya juga buka jasa seo, jasa google adwords dan menjual produk sendiri. Hutang yang awalnya membuat takut ternyata tidak sampai 1 bulan bisa saya lunasi. Cicilan motor, juga alhamdulillah lancar.

Saya mulai pisahkan uang hasil kerja. Hasil kerja sablon untuk biaya hidup keluarga. Hasil bisnis online saya pakai untuk bayar kredit motor, bayar utang computer. Sisa hasil online waktu itu dikumpulkan untuk rencana saya resign dari kerj sablon yang nanti cerita selanjutnya bagaimana saya bisa resign akan saya ceritakan.

Poin utamanya:

Jika teman-teman saat ini ingin usaha online dan belum punya modal untuk usaha online seperti beli hp untuk komunikasi, beli laptop, beli pc atau minimal beli netbook untuk mendukung usaha online, maka jangan takut berhutang.

Jadikan hutangmu untuk penyemangat usaha onlinemu.

Jadikan hutangmu untuk lebih bekerja keras lagi untuk awal-awal usaha onlinemu. Dengan berhutang dulu awalnya, saya bersyukur bisa mulai bisnis online hingga sekarang.

Jika ingin maju, diawal harus mau kerja keras. Kalau teman-temanmu kerja cukup 12jam dalam sehari, maka tambah jam kerjamu melebihi jam kerja teman.Saya dulu ketika teman-teman selesai kerja sablon maka tinggal nonton tv atau tidur, maka saya masih harus kerja minimal 1-2jam lagi untuk focus ke bisnis online.

Anda saat ini lebih mudah untuk belajar bisnis online. Ada Pasukan Alona yang materinya lengkap untuk bisa mulai bisnis online. Manfaatkan mentor-mentor yang ada untuk bisa mempercepat hasil usaha onlinenya.

Jangan terus mengeluh bingung mau usaha online mulainya darimana. Jangan mengeluh belum punya modal karena mungkin Anda saat ini posisnya lebih baik dari saya waktu mau menjalankan usaha online.
 
Top