Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

10 Cara Meningkatkan konversi pada Website Anda dari Zulfadhli Ashari



Salah satu permasalahan setiap individu ketika sudah punya social media untuk jualan, lalu dia coba membuat website berharap bahwa banyak yang membeli di website, segala upaya dilakukan agar banyak visitor masuk ke website yang mereka punya, namun kenyataannya banyak visitor yang datang hanya melihat-melihat tapi tidak ada ada yang beli ?

dan juga setiap ada yang beli sekali, lalu hilang begitu saja tidak ada kabarnya, dan juga banyak yg meragukan website Anda. Nah lo, kok bisa ?

Ini berarti website Anda tingkat konversi masih rendah, maka dari itu visitor yang mengunjungi blog Anda masih ragu membeli di website Anda tersebut.

Lalu bagaimana caranya meningkatkan konversi ?

1. Buat website yang profesional
Bertujuan untuk memperlihatkan bahwa Anda dan website Anda serius untuk melakukan penjualan, dan calon customer pun akan menghargai Anda dan website Anda.

2. Berikan rasa percaya (trust)
Calon customer biasanya ragu untuk website-website yang tidak terlalu populer dan maraknya penipuan di online, maka dari itu disini poin pentingnya untuk memberikan rasa percaya bahwa Anda memang jujur berjualan dan tidak menipu, namun calon customer Anda tidak percaya begitu saja, maka Anda pun harus lebih extra untuk meyakinkan calon customer Anda.

Caranya antara lain adalah :
a. Berikan Penjelasan "Why" pada calon customer Anda
Anda bisa membuat "why" atau "Mengapa Anda harus percaya kepada kami"
yaitu dengan membuat Pages di website toko online Anda, lalu memberikan keterangan tentang produk/jasa yang Anda pasarkan, kapan perusahaan Anda berdiri, berapa karyawannya, sampai foto produk atau portofolio yang sedang Anda kerjakan. Intinya berikan dia rasa trust dan berikan alasan mengapa calon customer harus membeli produk/jasa kepada Anda.

b. Berikan juga Foto-foto owner dan karyawan serta produknya, ini juga meningkatkan trust
c. Berikan alamat lengkap toko Anda serta kontaknya
d. Tampilkan testimoni dari pelanggan yg loyal atau bisa juga berikan insight dari para pakar

3. Berikan product review yg baik (Copywriting)
Artinya jika Anda mempunyai produk/jasa yang di tawarkan, berikan calon customer Anda sejelas-jelasnya produk yang ingin Anda pasarkan, jangan sampai mereka ragu dan menutup website Anda, berikan sentuhan copywriting yang jujur simpel tapi jelas. Mulai dari feature, benefit dan juta kontak (call to acton) harus jelas.

Dan juga jika kita menjual produk yang banyak macamnya, pasti customer akan bingung mana yang bagus, murah, terjangkau dan mana yang paling banyak di beli (best seller), di toko online Anda bisa Anda tambahkan feature best seller, high rating, low price, high price dan diskon sehingga pelanggan sangat jelas apa yang di inginkan mereka.

4. Cross selling
Anda juga bisa melakukan Cross selling yaitu menempatkan produk yang sejenis di samping atau dibawah produk utama (related product). Misalkan Anda jualan troller bayi sebagai produk utama dan troller bayi adalah triggernya, Anda bisa berikan related product seperti kaos bayi, perlengkapan bayi, makanan bayi, dll

Dengan memberikan feature related product pasti konversi penjualan di website Anda akan bertambah.

5. Gambar desain dan penampilan
Mengapa gambar paling penting? karena sebagian para pengguna kaskuser sering menyebutnya No pic hoax, yang artinya tidak ada gambar/bukti berarti bohong.

Nah disini Anda bisa dimulai dari desain website Anda terlebih dahulu seperti banner, logo, icon, dll
lalu selanjutnya Anda harus menggunakan Foto produk yang berkualitas, jika Anda pemilik produk Anda bisa melakukan pemotretan pada produk Anda dirumah dengan cara-cara yang simpel Anda bisa lihat disini : http://bit.ly/1JW2Lar

Dengan desain dan foto produk yang berkualitas pastinya akan memberikan rasa percaya diri kepada pembeli untuk membeli produk Anda, dan pastinya meningkatkan konversi penjualan Anda.

6. Komunikasi dan Fast Respond
Setiap calon customer selalu menginginkan fast respond yang artinya respon yang cepat terhadap pelanggan-pelanggan Anda, maka dibutuhkan komunikasi yang jelas sehingga calon customer Anda tidak kecewa, ini sangat vital didalam dunia toko online.

Salah satu caranya dengan memberikan "Kontak" Jika ada problem pada toko online. Anda juga bisa memberikan feature "Chat" seperti layaknya mataharimall.com, blibli.com, dll
bertujuan untuk siapa saja yang ingin bertanya dengan cepat, bisa melalui kolom chat.

Anda bisa juga menambahkan kontak lengkap seperti No telp. BBM, Line, whatsapp, sekedar untuk bertanya maupun konsultasi.

7. Berikan kemudahan dalam pembayaran
Anda bisa memanfaatkan media pembayaran yang ada saat ini yang semakin berkembang, namun biasanya para calon customer di Indonesia sangat butuh 3 Bank ini: BCA, Mandiri dan BRI
jika Anda bisa menambahkan kartu kredit, paypal dan pihak ketiga lainnya, itu lebih baik.

8. Call to action
Letakan penempatan tombol beli dengan tepat, jangan banyak tombol dengan banyak pilihan sehingga membuat bingung calon pelanggan Anda, jika Anda memiliki toko online jangan juga memberikan iklan seperti dari google adsense, banner, link menuju ke tempat lain, karena dapat membuat fokus pelanggan Anda menjadi buyar sehingga terjadinya penurunan konversi pada website toko online Anda.

Fokus pada 1 call to action, apalagi produk Anda di jelaskan melalui halaman penjualan khusus (landing page).

9. Berikan bonus, promo & free gift
Biasanya para eCommerce yang besar sering sekali memberikan coupon sampai promo diskon, tujuannya untuk menjaring calon pelanggan melihat-lihat produk yang dijual akhirnya membeli.

Dan jangan lupa juga berikan tombol "SHARE" untuk meningkatkan efek viral pada toko online Anda.
Contohnya :
Misalkan Anda memberikan Gratis 3 produk Anda, dengan membuat Undian dan tetap ada persyaratannya yaitu salah satunya wajib share di social media juga dengan mereview produk atau testimoni.

10. After sales service
yang artinya bentuk pelayanan extra ketika pelanggan sudah membeli produk Anda, ketika pelanggan sudah membeli produk Anda, jangan langsung melupakannya, tapi bisa Anda sapa kembali, dan sekedar menanyakan bagaimana produk/jasa dari Anda puas atau tidak, atau tanyakan apakah ada problem.

Lalu Anda manfaatkan sebagai tenaga penjualan dengan imbalan komisi per/produk. Ajak juga kerjasama sampai minta testimoni.

Nah, dari 10 tips meningkatkan konversi website Anda, semoga Anda langsung praktekan satu persatu, sehingga bisa langsung terlihat efeknya, dan omzet Anda pun dijamin membengkak.

Apakah Bermanfaat tulisan ini?
Apakah kamu mendapatkan sesuatu yg baru dari tulisan ini?
Apakah kamu ingin praktek langsung, dan sukses bahagia?

Jika iya, Share postingan ini, sehingga saya jadi rajin menulisnya lagi... Besok saya akan posting lagi ya..

Gabung ke group telegram saya bersama 7 mentor lainnya disini : https://t.me/group8pm

Eh, btw saya mau kasih ebook Copywriting Revolution, follow instagramku ya @zulfadhliashari / instagram.com/zulfadhliashari

Happy Connecting
Zulfadhli Ashari
 
Top