Jasa pembuatan website dan toko online murah mulai Rp 150.000.- sampai 50 juta segera hubungi 082226009834 (WA Only)

Cara Mendobrak Mental Block Untuk Mencapai Kesuksesan Lebih Besar Lagi Tantan Hilyatana


Mental block adalah mimpi buruk bagi para professional... yah termasuk Anda juga dan saya!

"If you have a mental block about something, you cannot understand it or do it because something in your mind prevents you."

Artinya: jika Anda memiliki mental block terhadap suatu hal, maka Anda tidak bisa memahami atau melakukan hal tersebut. Karena pikiran bawah sadar Anda menghalangi.

Mental block tiap orang beda-beda, sangat variatif... tergantung pengalaman masa lalu, pengetahuan, pergaulan, dan sejenisnya.

Adanya mental block pada diri kita adalah normal, it's human nature.

Tetapi, tidak mendobrak mental block dan mendiamkan saja mental block bersemayam pada diri kita, maka itu bahaya! Anda tidak maju-maju, jalan ditempat, ketinggalan, dan bahaya-bahaya lainnya...

Ada 7 cara untuk mendobrak atau melangkahi mental block, berikut akan saya share berdasarkan artikel dari entrepreneur.com https://www.entrepreneur.com/article/250509

Tetapi sebelumnya, saya ingin sedikit sharing salah satu pengalaman saya tentang mendobrak mental block...

Adalah English Listening... saya ingin belajar untuk bisa mendengarkan English dengan baik, supaya saya paham tutorial video English tentang bisnis online yang sudah saya beli.

Dulu, saya sering menyesalkan kenapa tutorial ini dan itu gak ada transkrip nya, saya pun kontak support mereka untuk minta transkrip - tapi sayang nya mereka tidak menyediakan.

Sekitar 2 tahun kurang, banyak tutorial English yang sudah saya beli dengan harga mahal didiamkan saja. Karena saya tidak ngerti English Listening. Duch... 😫

Sampai pada suatu ketika... jreng jreng... 😀

Ketika saya cukup sering menerima tawaran interview dan live call Skype, semuanya dalam bahasa English... Dari siapa? Dari para affiliate produk saya, dari partner, dan teman-teman seperjuangan produk digital di luar negeri sana...

Mulai dari durasi belasan menit, puluhan menit, bahkan ada yang sampai 2 jam lebih...

Setelah saya berani menerima bicara English, kemudian the miracle happens...

Selang sekitar 2 minggu, saya coba pelajari video-video English... Dan saya sendiri kaget, kok saya bisa ngerti...? Padahal sebelumnya ngeblank gak ngerti kalau harus nonton video English (tanpa subtitle yah).

Mental block saya sebelumnya adalah tidak berani Speaking dan Listening English dengan orang-orang bule, karena saya merasa belum cukup skill (mental block).

Tetapi saya dobrak mental block tersebut dengan membranikan diri, masa bodo salah atau belepotan... yang penting berani mencoba. Titik 😀

Ngerti yah? Arah pesan cerita saya tersebut apa? Ok lanjut...

Apakah sekarang masih ada mental block lain pada diri saya? Tentu saja masih ada, dan saya sedang berjuang untuk mendobraknya.

Well, sekarang kita masuk ke 7 tips atau cara untuk mendobrak atau melangkahi mental block seperti yang saya sebutkan diatas:

1⃣ Freewrite

Ketika terasa buntu atau gak ada idea, coba Anda ngetik/menulis bebas. Hal ini dilakukan untuk brainstorming titik baru dan memberi energi kembali proses berpikir.

Luangkan waktu 10-15 menit untuk menulis bebas. Tuangkan semua hal yang ada di pikiran Anda, gak usah dipikirin apakah berhubungan dengan kerjaan atau tidak. Awalnya mungkin lucu dan aneh, namun gagasan segar segera akan mulai mengalir.

2⃣ Tackle smaller tasks first

Artinya mulai tuntaskan dari hal-hal yang kecil dan yang mudah dulu, jangan mulai ngerjain bagian sulitnya. Saya sering sekali mengingatkan hal ini: mulai dari yang kecil, yang paling mudah, yang paling dekat, yang paling mungkin cepat diselesaikan.

Dengan demikian Anda akan lebih efektif dalam bekerja dan menghasilkan progess.

Dengan meraih kemenangan kecil, Anda mengembangkan momentum dan kepercayaan diri untuk mengatasi mental block Anda.

3⃣ Change your environment

Artinya rubah lingkungan kerja Anda. Karena pikiran kita terhubung dengan tempat ketika merasakan dan beraktivitas.

Gimana rasanya kerja disamping tong sampah bau? Hehehe, pasti gak nyaman, gak konsen, dst...

Oleh karena itu saya bekerja menggunakan laptop, bukan PC. Supaya saya bisa kerja dimanapun, baik itu di rumah, kantor, cafe, dan lain sebagainya.

Dan memang sengaja saya tidak ke kantor tiap hari, dalam seminggu cuman 1-3 kali saja. Sisa hari lain saya kerja dimanapun (kebetulan lebih sering di cafe).

4⃣ Learn something new

Pelajari hal baru - ini adalah salah satu favorite saya. Menghadapi hal-hal baru, tantangan baru, belajar hal baru, pengalaman baru... membuat saya excited banget.

Dan "Learn something new" adalah salah satu cara membuat Anda excited. "Learn something new" akan membuat Anda bisa mengembangkan tingkat kreativitas Anda, serta meningkatkan kemampuan problem-solving.

5⃣ Revisit past experiences

Mengangkat kembali kenangan pada pengalaman sebelumnya. Kebetulan saya juga senang melakukan hal ini...

Atur mental Anda agar bisa excited (bergairah, semangat) walaupun bukan pada hal-hal baru. Yang bisa Anda lakukan biasanya adalah kilas balik.

Misal: kilas balik lagi kenangan indah pertama dengan pasangan Anda. Efektif sekali dilakukan ketika rumah tangga sedang menegang atau cekcok tentang suatu hal.

Atau ingat lagi hal apa yang membuat Anda excited dalam mengerjakan sebuah projek. Dan terapkan suasana excited tersebut pada projek lain.

Serta masih banyak contoh lain...

Pencetus ingatan masa lalu tersebut bisa dengan gambar, musik, bau atau wewanginan, visualisasi lain, dan lingkungan.

Dengan melakukan ini Anda akan mendapatkan energi positif, sehingga Anda bisa bergerak maju dan membuat progress.

6⃣ See what your friends are up to

Artinya lihat apa yang teman Anda lakukan, dan social media adalah media yang tepat.

Hal ini berujuan untuk mendapatkan ide baru dan connecting people yang bisa membantu Anda membuat progress.

Tetapi, tidak sedikit hal negatif ada pada social media. Anda harus smart, pilih-pilih teman, pilih-pilih informasi, jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain, dan jangan menghabiskan waktu percuma di social media (Facebook, Instagram, dll).

Baca postingan saya tentang "Efisiensi WAKTU ber-Social Media" disini https://t.me/tantanhilyatana/614 dan join my Telegram channel tantanhilyatana.com/channel-telegram/ bagi yang belum join.

7⃣ Analyze other people's ideas

Meng-analisa idea orang lain, yang output nya akan menjadi sebuah framework untuk bisnis Anda sendiri.

Gunakan media Internet (Googling, Social Media) untuk membaca ide, tulisan, cara problem-solving orang lain.

Sebisa mungkin breakdown menjadi bagian-bagian kecil, kenapa ide tersebut berhasil, pahami teori mereka untuk mendapatkan inspirasi, kemudian rancang framework Anda sendiri.

Frankly, dari pengalaman saya, bahwa "Analyze other people's ideas" memang bukan sesuatu yang gampang. Tetapi output luar biasa keren sangat powerful. Anda akan memiliki strategy framework sendiri yang cocok dengan bisnis Anda.

Bagaimana? So far Anda paham dengan apa yang saya tulis disini?

Semoga paham dan bisa Anda praktekkan segera, amien...

Sudah pernah praktekkan yang mana aja dari 7 tips diatas?
 
Top